Persibo dan Sartono Anwar Deal

Tangani Satu Musim Kompetisi
Proses negosiasi kontrak antara manajemen Persibo Bojonegoro di kasta Indonesia Super League (ISL) musim kompetisi 2010/2011 mendatang, tuntas sudah. Sebab kemarin manajemen Persibo Bojonegoro menemukan kata sepakat alias deal dengan Sartono Anwar untuk ditunjuk lagi menangani skuad berjuluk Laskar Angling Dharma itu satu musim ke depan.

Akhir dari proses negosiasi itu berlangsung kemarin siang di mess Persibo. Jalan Untung Suropati, Bojonegoro. Sebelum menemukan kata sepakat dengan Sartono, manajemen Persibo menggelar pertemuan tersebut di ikuti oleh manajer beserta jajaran manajemen lainnya.

Baru setelah itu, manajemen Persibo kemudian memanggil Sartono Anwar ke mess untuk melakukan pembicaraan kembali. Saat itulah Sartono terlibat pembicaraan sangat serius, dan tertutup dengan jajaran manajemen Persibo. Namun, hal ini tidak berlangsung lama. Sebab, sekitar 30 menit kemudian atau sekitar pukul 11.00, Sartono menandatangani surat kontrak berdurasi selama satu tahun, dihadapan manajemen Persibo.

Hanya hingga saat ini jajaran manajemen Persibo enggan membeberkan nilai kontrak yg disepakati kedua belah pihak. “Kalau nilai kontrak (yang diberikan oleh manajmen Persibo kepada Sartono Anwar) saya kira tidak etis,” elak Manajer Persibo Letkol Inf Taufik Risnendar usai penandatanganan kontrak kemarin.

Prinsipnya, lanjut Taufik, manajemen Persibo sangat menghargai pelatih yang sukses membawa Persibo menjadai jawara kopetisi divisi utama dan lolos ke superliga musim depan tersebut. Sehingga dia mengklaim nilai yang diberikan sudah sangat pantas. Namun, lagi-lagi Dandim 0813 Bojonegoro tersebut menolak menyebutkan angkanya.

Setelah penandatanganan surat kontrak tersebut, dia mengharapkan Sartono Anwar langsung membentuk tim. Sebab, dengan bersedianya Sartono Anwar menjadi arsitek Persibo, maka saat ini kemajuan yang dicapai manajemen Persibo sudah satu langkah lagi lebih maju. “Ini kan sesuai dengan harapan masyarakat Bojonegoro yang tetap ingin Pak Sartono(menjadi Pelatih,” ujarnya.

Sartono sendiri enggan menjelaskan lebih lanjut saat ditanya nilai kontrak yang diberikan manajemen. Dia enggan membeberkannya. Dia hanya menyatakan dirinya dengan manajemen Persibo sudah menemukan kata sepakat. “Jadi sudah nggak ada masalah,” imbuhnya.

Karena itu, setelah ini, ayah kandung pemain nasional Nova Arianto tersebuit mengaku akan langsung bergerak melakukan pembentukan tim. Apalagi, masih ada waktu yg cukup untuk menghadapi kompetisi Superliga musim depan. “Intinya, pemain kita kan masih utuh, karena kontraknya sampai Agustus nanti. Karena itu, kita akan melengkapi tim yang sudah ada ini agar layak bersaing di superliga,” ujarnya.

Bagi tim Persibo, satu musim bersama Sartono Anwar, telah menuai banyak prestasi. Yaitu lolosnya Persibo ke ISL, sekaligus menjadi jawara Divisi Utama. Namun, hal ini juga merupakan tantangan berat bagi Sartono, karena Persibo adalah tim debutan di kasta sepak bola tertinggi di tanah air. Indonesia Super League (Rdr/Tono)