Persibo Dihadang Jadwal Berat

Ketakutan supporter Persibo Bojonegoro melihat timnya turun takhta dari puncak klasemen Indonesian Premier League (IPL) ternyata datang terlalu cepat. Baru di pertandingan pertama putaran kedua, Persibo sudah harus tergusur.

Kekhawatiran turunnya performa di putaran dua sudah tercium saat jeda kompetisi silam. Boromania, supporter fanatik Persibo, meminta pelatih Paulo Camargo memperkuat tim dengan penambahan pemain anyar. Namun Camargo masih bersikeras timnya tak perlu pembenahan.

Kekalahan atas Semen Padang 2-4 di Stadion Sultan Agung, Bantul, sekilas menjawab keraguan Boromania tersebut. Berstatus tuan rumah dan biasanya memetik kemenangan, nyatanya Laskar Angling Dharma jauh kalah kelas dibanding Semen Padang.

Meski begitu, pelatih Paulo Camargo belum mau menyebut timnya mengalami penurunan. Kekalahan di Bantul menurutnya tidak hanya disebabkan kualitas tim, namun juga venue pertandingan yang diubah karena tidak adanya izin bertanding di Bojonegoro.

Selain itu, kualitas Semen Padang jauh di atas Persibo pada pertandingan itu. “Kami mendapat lawan yang sangat bagus. Paling bijaksana adalah melupakan kekalahan itu dan mempersiapkan pertandingan selanjutnya,” ungkap Camargo kemarin.

Pelatih asal Brasil ini juga meminta Boromania bersabar dan realistis terhadap persaingan di IPL. Menjadi juara paruh musim bukan berarti jaminan sebuah klub bakal seterusnya di atas. Apalagi Persibo lebih banyak melakoni laga kandang di putaran pertama lalu.

“Saya kira supporter juga harus realistis seperti halnya staf pelatih. Persibo dalam perjalanan menjadi tim yang lebih baik dan itu tidak bisa langsung dilakukan dalam waktu singkat. Di luar sana banyak kekuatan yang sulit ditaklukkan,” bebernya.

Setelah kalah dari Semen Padang, Persibo harus menghadapi partai berat di tiga pertandingan berikutnya. Sangat tidak beruntung karena tiga laga itu harus dilakoni di luar kandang, yakni kontra PSM Makassar (15 April), Persija Jakarta (23 April) dan Persijap Jepara (29 April).

Pertandingan terberat mungkin adalah menghadapi PSM Makassar. Tim asal Sulawesi Selatan itu menjadi satu-satunya tim yang berhasil menahan imbang tim Oranye di Bojonegoro pada putaran pertama silam. Untuk laga ini Camargo belum mau berkoar banyak.

Fakta bahwa sangat sulit mengambil poin di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, membuat persibo harus mempersiapkan diri dengan keras. Kemungkinan kembali utuhnya komposisi pemain bukan jaminan bakal dengan mudah mendapatkan angka.

“Saya hanya ingin pemain tetap mempunyai kepercayaan diri setelah kalah dari Semen Padang. Memang sulit bertanding di Makassar karena timnya yang mereka miliki sangat bagus. Tapi semuanya masih bisa terjadi,” pungkas mantan pelatih Sao Paulo ini.
(Kukuh Setiawan/Koran SI/acf)

14 Responses to “Persibo Dihadang Jadwal Berat”

  1. persibo
    April 11, 2012 at 1:30 pm #

    go persibo, go persibo, go, go………………………………..

    [Reply]

  2. tanda tanya
    April 11, 2012 at 7:31 pm #

    menang kok nek didelok suporter akeh.

    [Reply]

    Boro africa Reply:

    kwe asu…

    [Reply]

  3. puji cah kalitidu
    April 11, 2012 at 9:09 pm #

    apapun yang terjadi qta harus percaya bahwa persibo mampu, menang kalah tetep boromania sadabe

    [Reply]

  4. ELKO
    April 12, 2012 at 6:46 am #

    blokBojonegoro.com –
    Manajemen Persibo tidak
    mau mati kutu gara-gara
    kehilangan respon dari para
    pendukungnya. Kemampuan
    yang dimiliki tim berjuluk
    Laskar Angkling Dharma
    ternyata dilirik kabupaten
    lain. Salah satu kabupaten di
    Jawa Barat diam-diam
    mengincar Persebo agar mau
    diadopsi menjadi klub
    kebanggaan di daerahnya.
    Manajer Tim Persibo Nur
    Yahya membenarkan.
    Mungkin sikap terbuka
    Persibo yang mampu
    mencetak pemain-pemain
    muda berpotensi menjadi
    daya tarik tersendiri. Harus
    diakui Persibo mampu
    berkembang pesat dibanding
    klub lain. Lalu apakah
    permintaan itu akan
    ditanggapi serius oleh
    manajemen?
    “Saya serahkan kepada
    masyarakat dan tim untuk
    menentukan nasib Persibo
    kedepan,” ungkap Yahya.
    Sampai sekarang
    manajemen memang belum
    memutuskan mengambil
    tawaran tersebut. Apalagi,
    pada laga ini Persibo juga
    terikat dengan konsorsium
    yang mendanai setiap
    pertandingan. Sehingga
    untuk menjawab tawaran
    dari kabupaten yang mau
    mengadopsi Persibo harus
    melibatkan banyak pihak.
    Dikatakan Yahya, prosesnya
    memang panjang apalagi
    Persibo sudah menjadi ikon
    masyarakat Bojonegoro.
    Kalau nantinya harus boyong
    ke kabupaten lain, maka
    otomatis harus berganti
    nama.
    Disinyalir masalah ini muncul
    lantaran perhatian
    pemerintah terhadap olah
    raga bola bundar ini tak
    serius seperti dulu. Selain
    masalah dana juga banyak
    masalah yang menjadikan
    Persibo seperti anak tiri. [oe/lisl]

    [Reply]

  5. falatehan afel batu
    April 12, 2012 at 8:00 am #

    BOJONEGORO – Tidak turunnya izin pertandingan home kontra Semen Padang masih mengecewakan bagi tim Persibo Bojonegoro. Akibat tidak turunnya izin, Persibo tidak berkutik menghadapi Kabau Sirah dan dipaksa menyerah dengan angka mencolok 2-4.

    Walau kecewa terhadap pihak keamanan karena tidak bisa tampil di kandang sendiri Stadion Letjen H Soedirman, Persibo tidak rewel meminta izin lagi di partai home selanjutnya. Jika keamanan tidak lagi memberikan izin, maka dengan ringan hati Laskar Angling Dharma tetap memakai Stadion Sultan Agung, Bantul.

    Manajer Persibo Bojonegoro Nur Yahya mengatakan pihaknya tidak akan menagih pihak keamanan terkait izin pertandingan. Jika izin diberikan, maka Persibo bakal tetap tampil di Stadion Letjen H Soedirman. Tapi jika tidak, manajemen tidak bakal ‘merengek’ kepada pihak keamanan.

    Manajemen Persibo masih kecewa dengan keputusan pihak keamanan maupun pemerintah daerah setempat yang tidak peduli terhadap klub kebanggaan Boromania. Hanya karena kerusuhan yang diakibatkan tim tamu, pihak keamanan menjadi ‘ciut nyali’ dan tak berani memberikan izin pertandingan.

    “Kalau memang tidak ada izin lagi, kami akan tetap memakai stadion Sultan Agung. Di sana juga tidak memberatkan kalau dilihat dari sisi finansial karena biaya sewa relatif terjangkau. Mungkin sisi negatifnya dari supporter yang tak semuanya bisa datang ke sana,” ungkap Nur Yahya.

    Pengalaman setelah menggelar pertandingan di Stadion Sultan Agung, manajemen merasa tidak banyak sisi negatif kecuali dukungan supporter. Walau begitu masih ada sejumlah supporter yang bisa datang langsung ke sana karena jarak tampuh Bojonegoro-Bantul yang hanya beberapa jam perjalanan darat.

    Kendati mendapat kemudahan di Bantul, baik sewa stadion maupun support petugas keamanan, Nur Yahya tetap menginginkan tim Oranye tampil di Bojonegoro. Sebab publik bola Kota Ledre menurutnya juga menginginkan hiburan selain menjadi supporter yang mendukung klub.

    “Apa pun yang terjadi, Bojonegoro tetap menjadi home base terbaik bagi Persibo. Saya kira Boromania juga ingin timnya selalu tampil di kota mereka sendiri. Namun semua kembali lagi kepada pihak keamanan yang berwenang memberikan izin,” ungkap sang manajer.

    Persibo baru akan melakoni pertandingan home pada Mei mendatang, sebab sepanjang April akan dipenuhi jadwal away. Dalam dua pekan, tim asuhan Paulo Camargo harus melakoni pertandingan tandang ke markas PSM Makassar (15/3), Persija Jakarta (23 April), serta Persijap Jepara (29 April).

    Kini Samsul Arif dkk langsung dipersiapkan untuk pertandingan menghadapi PSM Makassar akhir pekan nanti. Persibo sedikit beruntung karena tidak bertanding di Piala Indonesia sehingga stamina tak banyak terkuras. Sedangkan PSM Makassar hari ini masih harus bertanding di event tersebut menghadapi Madiun Putra FC.

    Bahkan PSM harus memecah tim untuk demi mengamankan dua pertandingan di Piala Indonesia dan IPL. Sebagian tim ditugaskan ke Madiun, sedangkan sekitar sembilan pemain yang sebelumnya berlaga kontra Persijap Jepara langsung dipulangkan ke Makassar untuk persiapan laga lawan Persibo. (Kukuh Setiawan/Koran SI/acf)

    [Reply]

  6. a
    April 12, 2012 at 8:48 am #

    persibo tinggal kenangan

    [Reply]

  7. PUNK MAKASSAR
    April 14, 2012 at 12:12 pm #

    PERSIBO ANJENK .. PERSIBOTAKKK KALE

    [Reply]

  8. PUNK MAKASSAR
    April 14, 2012 at 12:13 pm #

    PSM VS PERSIBOOO .. PERSIBOO LARI KETAKUTANN .. AMAH ANAK PUNK MAKASSSAR

    [Reply]

    Wong Katrok Reply:

    Gak usah nggawe rame.Wong dapurem kui ora wong makassar to?cm ngaku2 tok,trus ngelek2i PERSIBO.Poro pere pean ndang budhal ngarit wae.

    [Reply]

  9. oranye
    April 15, 2012 at 5:37 am #

    jangan pernah trprovokasi. Ui sing komen ngnu sampah wi

    [Reply]

  10. moch syaifudin putra omar
    May 17, 2012 at 10:03 am #

    bongol yo makasar sing keweden

    [Reply]

  11. moch syaifudin putra omar
    May 17, 2012 at 10:04 am #

    makasar tim papan bawah ae bangga,,,

    [Reply]

  12. moch syaifudin putra omar
    May 17, 2012 at 10:05 am #

    Go persibo dimanapun aqw berada
    aqw akan selalu mendukung PERSIBO clalu di hti,,,

    [Reply]

Leave a Reply