Persibo Gilas Medan Chiefs 5-1

Liga Primer Indonesia: Persibo vs Medan Chiefs 5-1
Persibo Bojonegoro tampil luar biasa dengan menekuk Medan Chiefs dengan skor mencolok 5-1 di Stadion Letjen Soedirman, Minggu (10/4) sore. Ini kemenangan terbesar Laskar Angling Darmo, selama 12 kali main di Liga Primer Indonesia

Tiga dari lima gol dicetak oleh Samsul Arif yang melakukan hatrick di menit, ke 22, 42 babak pertama dan menit 78 babak kedua. Sedangkan dua gol lainnya, dicetak di babak kedua atas Bagus Cahyono menit ke 48 dan menit ke 68. Satu gol Medan Chiefs masih kontroversial, karena ada menyebut buah dari blunder Aries Tuansyah, pemain belakang Persibo di menit ke 71.

Tampil luar biasa di babak pertama, pemain Persibo sudah melakukan serangan berbahaya di 15 menit pertama ke gawang Medan Chief. Serangan Persibo banyak mengalir dari bola-bola yang dibangun dari lini tengah yang dipercayakan Medeiros Wallacer dan Jajang Palima.

Syamsul Arif mengemas gol pertamanya dari dari sayap kiri. Bola dari belakang yang dibawa Novan Setyo Sasongko. Kemudian bola dioper pendek ke Syamsul. Pemain asal Kecamatan Ngasem ini, sempat mengecoh pemain belakang. Hingga sebuah sontekan ke kiri hingga bola tidak mampu ditepis kipper Medan Chiefs M Halim. Jala gol bergetar, dan kedudukan sementara 1-0 untuk Persibo.

Gol kedua, juga berasal dari pemain tengah, Wallacer yang sempat mengoper ke Jajang Paliama. Dari sana, bola dioper datar ke Syamsul Arif yang membawa bola ke kotak pinalti. Sempat melewati dua pemain belakang Medan Chiefs. Selanjutnya, dengan sontekan pelan, bola mengarah ke gawang sisi kanan. Gol. Kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk tuan rumah di menit ke 42.

Babak pertama ini, sempat diwarnai pemberian kartu kuning pemain belakang Persibo, Aang Suparman di menit ke 8. Aang diberi kartu kuning, wasir Mukhlisin, karena melanggar salah seorang pemain depan Medan Chiefs.

Memasuki babak kedua, pemain Persibo yang tampil mengenakan kaus kebesarannya, yaitu warna orange, tampil kian trengginas. Baru memasuki menit ke 48, striker Bagus Cahyono, berhasil mengubah papan skor jadi 3-0. Tendangan melengkung keras, membuat bola tidak berhasil ditangkap kipper Medan Chiefs M Halim.

Meski telah unggul 3-0, ambisi anak-anak Persibo terus melakukan penyerangan. Sebuah, umpan dari belakang, lalu bola dibawa Bagus Cahyono ke tengah. Dari jarak sekitar 25 meter, bola ditendang pemain belakang itu. Bola deras menyasar ke gawang M Halim, tanpa bisa ditepis di menit ke 71. Posisi 4-0.

Tertingal jauh, Medan Chiefs berusaha bangkit. Mereka mendapatkan hasilnya di menit 70, setelah Abdelhadi Laakkad memperdayai kiper Persibo Wahyudi.

15 menit menjelang pertandingan berakhir, pemain Persibo masih ambisi menyerang. Hingga bola dari samping kiri Novan Setyo Sasongko ke mulut gawang. Bola yang melambung, langsung diheading Syamsul Arif. Bola tepat masuk ke sisi kiri gawang Medan Chief di menit ke 78. Hingga kedudukan menjadi 5-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Pelatih Persibo Bojonegoro, Sartono Anwar, menyebut anak asuhnya bermain luar biasa. Sebab, ini adalah kemenangan terbesar sejak 12 kali main di LPI. Dia meminta, semangat ini, bisa terus dipertahankan. “Luar biasa,” tegasnya,.

Dengan kemenangan ini, kemungkinan Persibo akan naik peringkat antara 4 di klasemen sementara LPI. Dan Samsul Arif masuk kedalam jajaran Top Skor LPI dengan 8 gol, selisih 1 gol dari Emmanuel Deporras.

Persibo sendiri sebelum main, posisinya berada di urutan ke 7 dan main 11 dengan 19 poin. Sedangkan, Medan Chiefs sebelumnya masuk di peringkat empat, main 11 kali dengan 21 poin.(tempointeraktif.com)