Persibo Hadapi Persoalan Mental

Catatan impresif Persibo Bojonegoro di dua laga kandang lenyap begitu saja di kandang Bontang FC. Menghadapi tim dasar klasemen, Persibo ternyata tak mampu mengulangi permainan sebelumnya dan harus menelan dua gol tanpa balas, Sabtu (21/1/2012) malam.

Permainan yang ditunjukkan tim besutan Paulo Camargo berbalik 180 derajat dibanding pertandingan kandang. Faktor mental tampaknya masih menjadi hambatan utama Laskar Angling Dharma hingga sekarang. Hasil di Bontang juga membuktikan pemain masih demam panggung saat bermain di luar kota.

Mungkin juga keberhasilan Persibo menahan Semen Padang 0-0 di awal kompetisi Indonesian Premier League (IPL) lalu hanya sebuah keberuntungan. Itu sangat masuk akal jika melihat penurunan kualitas permainan yang luar biasa dan belum mencerminkan sebuah tim mapan.

Paulo Camargo mengakui pemainnya belum bisa mengendalikan diri ketika bermain di luar kandang. Konsentrasi cepat buyar dan mudah panik dalam menerima serangan lawan. “Kami sebenarnya mempunyai kesempatan bagus untuk mendapat poin. Tapi pemain tampaknya tidak percaya diri bermain di kandang lawan,” cetus Camargo kepada wartawan, Minggu (22/1/2012).

Pelatih asal Brasil ini jelas sangat kecewa karena di dua pertandingan home sebelumnya, Persibo dengan sangat mudah menjinakkan lawan-lawannya. Catatan delapan gol di dua pertandingan ternyata tidak berefek apa-apa saat Samsul Arif dkk mengunjungi kandang Bontang FC.

Camargo menyatakan akan segera membuat sebuah evaluasi, terutama ditekankan pada faktor non teknis alias mental bertanding pemainnya. Faktor itulah yang diperkirakan memengaruhi permainan tim secara teknis. “Mungkin pemain tidak terbiasa dengan tekanan di kandang lawan,” tambahnya.

Kekalahan di kandang Bontang FC sekaligus memperberat tim oranye dalam mematahkan tradisi buruk di luar kandang. Kekalahan tersebut akan mempersulit pertandingan away selanjutnya karena pemain tidak mempunyai bekal kepercayaan diri yang memadai.

Dengan kekalahan ini Persibo gagal mengubah sejarah dan tetap berkalung predikat tim jago kandang. Sejauh ini tim yang bermarkas di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, sudah menelan dua kekalahan dari tiga laga away. Sebelumnya Persibo juga dipecundangi Arema FC saat melawat ke Stadion Gajayana pada Desember silam.

Dengan hanya mengincar hasil sempurna di kandang, sulit bagi tim kebanggaan Kota Ledre untuk membuat kejutan dengan mengubah dirinya sebagai tim papan atas. Minimal Persibo harus mampu mendapatkan angka di kandang lawan dan itu tampaknya akan lebih sulit. (okezone.com)

47 Responses to “Persibo Hadapi Persoalan Mental”

  1. Name(required)
    January 22, 2012 at 8:14 pm #

    wlaupun klah di luar kandang n’ mendapat predikat jago kandang

    itu tidak masalah toh baru 2 kali kita kalah di luar kandang
    dan msih da ksmpatan lgie buat mngubah julukan jago kandang

    SEMANGAT truz
    Bravo persibo…

    [Reply]

    rejz Reply:

    situ apanya irfan bachdim om?

    [Reply]

  2. Name(required)
    January 22, 2012 at 8:14 pm #

    wlaupun klah di luar kandang n’ mendapat julukan jago kandang

    itu tidak masalah toh baru 2 kali kita kalah di luar kandang
    dan msih da ksmpatan lgie buat mngubah julukan jago kandang

    SEMANGAT truz
    Bravo persibo…

    [Reply]

  3. DIDIK
    January 22, 2012 at 8:21 pm #

    sakjane telat pak lek….slalu dlm laga uji coba kan kaet byen ga menang…

    cocok kah SLS dkasih sponsor “pakan udang & tractor QUICK..??ato stadion manakah yg lbh cocok.?

    [Reply]

  4. uong datton
    January 22, 2012 at 9:38 pm #

    Pakane di ganti…ojo nganggo teri ae.,…..ben…ora kaget neng kandang lawan…

    [Reply]

  5. DIDIK
    January 22, 2012 at 9:49 pm #

    @ nduwurku…
    maksute wi aq lho sepeten nguwasi laga KANDANG no ANtipi bengi mau…opo cuah ngono nek nyiarno kok super big match…

    [Reply]

  6. Yudha atha
    January 23, 2012 at 7:00 am #

    Tetap semangat!!,pertahankan klasemen.

    [Reply]

  7. aku boromania
    January 23, 2012 at 10:03 am #

    semangat persibo.. pertandingan masih banyak.. peluang juara masih ada

    [Reply]

  8. ????
    January 23, 2012 at 11:54 am #

    lapangane lamongan kok puarah bget ya separah parahnya lapangn g separah kuwi nemen lumpur

    [Reply]

  9. Wong Katrok
    January 23, 2012 at 5:41 pm #

    Realistis aja,skuad PERSIBO memang kondisinya pas2an.Apalagi legiun asinge roto2 usiane yo wis lumayan kabeh.Opo maneh jairon,ws podo ngrti kabeh pye maine.Eee,mg2 dgn semangat pantang menyerah PERSIBO bs mengumpulkan poin demi poin.Tuk Syamsul Arif dkk,TETAP SEMANGAAT….!PERJALANAN MASIH PANJANG,MAS BRO!

    [Reply]

  10. q
    January 23, 2012 at 7:37 pm #

    masi tonggo sbelah og du ngguyu,jare liga profesional kog fasilitas lpanganane g mbois blazt,opo yo pntes ngunu iku,heh. . .???

    [Reply]

    Arek Lamongan Reply:

    maklum bos….juragan tambak.lapangan yo gak ono bedane karo tambak….

    [Reply]

    ???? Reply:

    tambak jek luwung ono banyune lha kuwi lumpur tok gae ngingu welut ae

    [Reply]

    Arek Lamongan Reply:

    Suwun mas kritike.Mugo-mugo ndang didandani lapangane ben dadi sawah….

  11. tanda tanya
    January 23, 2012 at 8:24 pm #

    Kompetisi lahir krn bls dendam dan instan. Maka hny tinggal nunggu wkt aja kukute. Pemain mentale g stabil krn kwatir klanjutane liga. Walau kita tau ini adlah permainan kotor org yg ingin kisruh terus. Dg kisruh mereka isa mndpatkan keuntngan dr kisruh tsb. Persis ketika dl ada k 78. Mrka sprti bunglon. Dan mentale mana yg lbh kuat pengaruhe itu yg diikuti. Krn itulah jgn terlalu dlm dkung tim ini. Nanti bs kecewa. Ojo terlalu mencintai. Dmikian katanya

    [Reply]

    BoJan Reply:

    Sudah ndak usah panjang lebar tinggi dalam, wes bilang aja sampean iku “DUKUNG ISL”.
    Iya to?langsung saja gak usah mbulet…

    [Reply]

  12. DIDIK
    January 23, 2012 at 10:28 pm #

    @nduwurku
    “motifasi anda apa kok sampe mlarang ssorng mendukung teamnya,opo maneh saiki PERSIBOku pringkat 2 je…
    “nek soal PSSI,menurutku smua elemen ingin membuat persepak bolaan indonesia mnjd lbh maju…namun bnyk dr mrka yg memaksakan kehendaknya shngg trjd pergesekan paham karena smua ingin d dpn dan d nmr 1kan…dan inilah buah dr reformasi dan tnp kta sadari ssngghnya mental kita blm siap menghadpi nya

    [Reply]

    BoJan Reply:

    @DIDIK : motivasine jelas mas DIDIK arep ‘ngisruh’…

    [Reply]

    tanda tanya bola Reply:

    motivasine liga gak semarak. dan akan segera kukut. lihat bos dgn realita. jgn gengsi ja. fakta ga isa dipungkiri.

    [Reply]

    BoJan Reply:

    Kalau pikiran anda cuma dipenuhi rasa pesimis ya jelas anda mengatakan “liga gak semarak” lah, “segera kukut” lah….
    anda membandingkannya dengan liga yang dibikin perusahaan roti terbesar dengan anak perusahaannya sengaja menyiarkan live pertandingan hampir tiap hari biar terlihat semarak.
    Sama saja pikiran anda dibodohi…..

    Yang jelas kami mendukung tim kebanggaan kami dan persetan dengan pesimistis anda.
    Kami Boromania tidak sepicik yang anda pikirkan.

  13. dhanzz
    January 24, 2012 at 2:18 pm #

    mo usul ne..web ini kok gak pernah diupdate ya(selain berita)..itu pemain juga masih pemain jaman taun kapan..klasemen jadwal juga masih jaman tahun kapan..mohon kang admin supaya di update ben tambah SIIIIPPPPPP!!!!!!

    PERSIBO MATOH

    [Reply]

  14. uong datton
    January 24, 2012 at 9:29 pm #

    Sing..elek di buang…sing apik di enggo..reek…

    [Reply]

    BoJan Reply:

    Yupz.Evaluasi…………

    [Reply]

  15. aku boromania
    January 25, 2012 at 10:00 am #

    lha iki beritane ndi cah… kaet wingi kok cuma iki ae.

    [Reply]

  16. BoJan
    January 25, 2012 at 10:29 am #

    blokBojonegoro.com – Kekalahan menyakitkan Persibo Bojonegoro atas tuan rumah Bontang FC 2-0, harus segera dilupakan. Sebab, 28 Januari mendatang, Laskar Angling Dharma akan menjamu PSMS Medan.

    Berbagai kalangan meminta, jajaran pelatih bisa segera mengevaluasi kekurangan dan membenahinya. Agar di laga kandang bisa mengamankan poin maksimal seperti laga-laga sebelumnya.

    Asisten Pelatih Persibo, Wanderley Junior kepada blokBojonegoro.com menegaskan, segala kelemahan yang ada akan segera diperbaiki. Diantaranya yang mencolok adalah di sektor pertahanan.

    “Perbaikan akan kami lakukan dengan latihan rutin saat kembali ke Bojonegoro,” kata Wanderley.

    Dijelaskan, laga menjamu PSMS Medan 28 Januari di Stadion Letjend H Soedirman Bojonegoro akan menjadi perhatian khusus. Sebab, poin penuh di kandang wajib diperoleh jika ingin tetap bersaing di papan atas klasemen sementara Indonesian Premier League (IPL) 2011-2012.

    “Kita lupakan apa yang terjadi di Bontang, dan harus fokus ke pertandingan selanjutnya,” sambungnya.

    Ditanya mengenai porsi latihan apa yang akan diberikan untuk barisan pertahanan? Wanderley menyebutkan, jika dari segi kualitas sebenarnya pemain belakang yang dimiliki sudah bagus.

    “Mungkin dari segi konsentrasi dan kekompakan di barisan pertahanan saja yang harus ditambah,” sambungnya. [syah/mad]

    [Reply]

  17. koplak
    January 25, 2012 at 12:44 pm #

    sum sabtu vs PSMS lak nyanyi rasis maneh,,
    boromania ojo misohi persela terus,,
    q yo gak seneng persela,,
    tapi musuh kita untuk sekarang bukan persela,,,
    mending nek misoh yo misohi la nyalla ae,,
    la nyalla,, joko driyono,, hinca panjaitan,, dkk q gak apal,,
    tapi saranq sih ojo misuhi sopo2,,
    qt dukung persibo ae,,,

    GO PERSIBO GO….!!!!
    Sadabe

    [Reply]

  18. lumut
    January 25, 2012 at 1:08 pm #

    Jakarta-Selama bulan Februari nanti pemirsa televisi dimanjakan dengan 11 tayangan langsung pertandingan Indonesian Premier League (IPL). Terkait masalah itu PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku pengelola IPL telah melakukan sejumlah penyeusaian jadwal pertandingan.Seperti biasa, tayangan langsung dilakukan MNC Group selaku sponsor dan host tv/broadcaster kompetisi IPL.

    “Karena itu kami minta tim tuan rumah dan tim tamu segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga pertandingan dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” Head of First Level LPIS, Hendriyana, Rabu (25/1). Siaran langsung dibuka dengan laga Arema vs Persiba Bantul di Stadion Gajayana, Malang, Minggu (5/2). Esok hari disambung dengan Persijap vs Persebaya di Stadion Bumi Kartini, Jepara. (Sumarlin)

    Jadwal Siaran Langsung Februari

    ————————————————————————————————————–

    Pertandingan Tanggal Jam Live

    ————————————————————————————————————–

    1. Arema vs Persiba Minggu (5/2) 16.00 WIB RCTI

    ————————————————————————————————————–

    2. Persijap vs Persebaya Senin (6/2) 19.00 WIB Global TV

    ————————————————————————————————————–

    3. Arema vs Bontang FC Sabtu (11/2) 15.30 WIB MNC TV

    ————————————————————————————————————–

    4. Persebaya vs Persema Minggu (12/2) 16.00 WIB RCTI

    ————————————————————————————————————-

    5. Persibo vs Persija Senin (13/2) 19.00 WIB Global TV

    ————————————————————————————————————–

    6. Persijab vs Semen Padang Minggu (19/2) 19.00 WIB Global TV

    ————————————————————————————————————–

    7. Persema vs Arema Minggu (19/2) 16.00 WIB RCTI

    ————————————————————————————————————–

    8. Persiba vs Persiraja Senin (20/2) 19.00 WIB Global TV

    ————————————————————————————————————–

    9. Semen Padang vs Persija Sabtu (25/2) 15.30 WIB MNC TV

    ————————————————————————————————————–

    10. PSM vs Persema Senin (27/2) 19.00 WITA Global TV

    ————————————————————————————————————–

    11. Arema vs Persijap Minggu (26/2) 16.00 WIB RCTI

    —————————————————————————————————————

    [Reply]

  19. Didik daton
    January 25, 2012 at 3:39 pm #

    sok nek pas main nang kandang n live Tv,nyanyikan lagu la nyala mataitil ae seng rame

    [Reply]

  20. gery BOROMANIA selalu
    January 25, 2012 at 10:21 pm #

    koq mlah snin lawan PERSIJAne..
    ktane tgl 12.. py sehhh..
    sng bnerr sng ndii.??

    [Reply]

    as mocca Reply:

    di undur maen senin malam mas krn klo maen malam di hr sbtu ato maen malam di hr minggu ky’x g mgkn krn global lebih memilih menyiarkan liga inggris.lihatlah jdwl IPL untuk semua pertandingan yg maen malam psti di hr senin.

    [Reply]

    gery BOROMANIA selalu Reply:

    owh, begitu towh.. yayayaya
    thank’s” infonya.. 😀 😀

    [Reply]

  21. DIDIK
    January 26, 2012 at 9:14 am #

    @nduwurku
    tnang kang,suk nek arep main tak semeses.
    @didik daton
    salam knal..slamat datang di dunia lain

    [Reply]

  22. koplak
    January 26, 2012 at 9:47 am #

    update pemain

    Fauzi Toldo, Aang Suparlan, Anderson Alexandro Ferreira Dos Santos, Hari Saputra, Novan Setya Sasongko, Mekan Nasirov, Edi Sibung, Gustavo Hernan Ortiz, Samsul Arif, Jarion Feliciano Damasio, Muhammad Nur Iskandar, Adittya Harlan, Sigit Miko Susanto, Wahyudi, Jajang Paliama, Aulia Tri Hartanto, Teguh Wahyu Saputro, Bijahil Chalwa, Ahmad Aries Tuansyah, Dicky Firasat, Didik Bagus Triono, Munadi, Syahroni, Wahyudi Hidayat, Fauzi, Happy Kurniawan Dwi Putra.

    [Reply]

    BoJan Reply:

    Koq masih ada Dicky Firasat???

    [Reply]

  23. Arek Lamongan
    January 26, 2012 at 10:08 am #

    Stadion di Lamongan tidak memadai dan berlumpur serta dalam kondisi rusak.

    Pertandingan Persela kontra PSMS Medan, Minggu (29/1) yang sejatinya digelar di stadion Surajaya milik Persela dipindah. Manajemen PSMS Rabu siang (25/1) mendapatkan informasi dari PT Liga Indonesia yang memutuskan laga lanjutan Superliga Indonesia (ISL) dialihkan ke stadion milik Gresik United.

    Manajer PSMS, Benny Tomasoa menjelaskan mendukung keputusan pengalihan venue pertandingan tersebut. Pasalnya, stadion di Lamongan tidak memadai dan berlumpur serta dalam kondisi rusak. Dia mengungkapkan, saat ini Persela menolak keputusan pengalihan dan tetap bersikukuh partai ini dilangsungkan di Lamongan.

    Menurut Benny, jika tidak ada kesepakatan, maka kemungkinan laga ini ditunda. Hal inilah yang kemudian sangat dihindari kubu Ayam Kinantan, mengingat biaya keluar.

    “PSMS tidak menginginkan hal tersebut, karena kalau ditunda kita harus pulang ke Medan dan harus menjalani laga ini di lain waktu. Itu berarti menambah cost. Menjalani laga sesuai jadwal saja sudah mengeluarkan biaya yang banyak. Kami mendukung pengalihan lokasi,” tuturnya.

    Raja Isa, pelatih PSMS menyebutkan, pengalihan stadion memang akan berpengaruh terhadap kondisi fisik skuadnya. Satu di antaranya adalah pemain asing asal Korea, Inkyu Oh yang sedang menjalani pemulihan dari cedera. Karena stadion di Lamongan yang berlumpur akan riskan bagi pemain.

    Raja Isa menegaskan dia tidak akan menurunkan Inkyu Oh bila pertandingan di Lamongan.

    “Lebih baik mengistrahatkannya di Lamongan daripada dia tidak dapat tampil di Stadion Teladan Medan pada 2 Februari mendatang menghadapi Gresik United,” ungkapnya.

    Dari sesi latihan di Surabaya, Rabu, striker PSMS Osas Saha masih absen latihan. Pemain asing asal Nigeria itu sedang mengurus perpanjangan visa. Mantan pemain PSAP itu Kamis dijadwalkan sudah latihan bersama Markus Haris Maulana dkk. (gk-38)

    [Reply]

  24. BoJan
    January 26, 2012 at 10:13 am #

    PROFIL FAUZI TOLDO
    Nama Lengkap: Fauzi Toldo
    Tanggal Lahir : 22 Nov 1981 (Usia 30)
    Negara : Indonesia
    Tinggi Badan : 180 cm.
    Berat Badan : 71 Kg.
    Posisi: Kiper

    [Reply]

  25. BoJan
    January 26, 2012 at 10:13 am #

    PROFIL FAUZI TOLDO
    Nama Lengkap: Fauzi Toldo
    Tanggal Lahir : 22 Nov 1981 (Usia 30)
    Negara : Indonesia
    Tinggi Badan : 180 cm.
    Berat Badan : 71 Kg.
    Posisi : Kiper

    [Reply]

  26. BoJan
    January 26, 2012 at 10:28 am #

    PROFIL Novan Setya Sasongko
    Nama Lengkap: Novan Setya Sasongko
    Tanggal Lahir: 26 Nov 1989 (Usia 22)
    Negara: Indonesia
    Tinggi Badan: 170 cm.
    Berat Badan: 70 Kg.
    Posisi: Bek

    [Reply]

  27. gery BOROMANIA selalu
    January 26, 2012 at 7:32 pm #

    kang lawan PSMS sng bner jd.ne maine tgl brp..??
    koq katane ada yg bilang tgl 29 trz di siarin ndek MNC.. sng bner tgl 28 or 29 kie pastine..??

    [Reply]

    dilla Reply:

    positif minggu kang tgl 29 live mnc tv

    [Reply]

    gery BOROMANIA selalu Reply:

    owhh.. okKEh”..
    thank’s..
    .
    siap meramaikan SLS ikie.. 😀 😀

    [Reply]

  28. kuli bangunan
    January 27, 2012 at 12:55 pm #

    syukur hari minggu. ada peluang isa nonton langsung di stadion ni.

    [Reply]

  29. tofa siip
    January 27, 2012 at 7:08 pm #

    beritane kok gk koyo biasane yow! gk selalu di update

    [Reply]

  30. Didik cah daton
    January 27, 2012 at 8:19 pm #

    DIDIK@oke thank,sesok budal ga

    [Reply]

  31. temponews
    January 27, 2012 at 9:46 pm #

    TEMPO.CO, Bojonegoro – Pertandingan Persibo Bojonegoro melawan PSMS Medan yang sedianya digelar pada Sabtu, 28 Januari 2012, diundur Ahad 29 Januari 2012 di Stadion Letjen Soedirman, Bojonegoro, Jawa Timur. Pengunduran jadwal ini berkaitan dengan siaran langsung televisi.

    Menurut Samsul Arif dan pemain lainnya, penundaan ini menguntungkan timnya dan bisa lebih save karena masih punya jadwal sehari untuk bisa tampil segar. Apalagi dalam laga kandang ini Persibo ditargetkan meraih poin penuh guna mengamankan posisinya di tiga besar. Kini tim Oranye–sebutan Persibo–masih bertengger di urutan kedua klasemen sementara Indonesian Primer League (IPL). Pada laga tandang sebelumnya, Persibo ditekuk Bontang FC 2-0.

    Kepastian penundaan dibenarkan oleh Media Officer Persibo, Imam. Menurutnya pengunduran ini berkaitan dengan perubahan jadwal tim papan atas di IPL yang masuk daftar live televisi. “Kebetulan ada jadwal yang sama. Akhirnya jadwal pertandingan di Bojonegoro ditunda sehari,” ucapnya kepada Tempo, Jumat pagi, 27 Januari 2012.

    Pengunduran jadwal dimanfaatkan para pemain asuhan Paolo Camargo. Antara lain dengan menyaksikan rekaman permainan PSMS Medan. Selain itu pelatih menititikberatkan pada barisan belakang yang selama ini kerap rawan, terutama setelah bek Aris Tuansyah cedera.

    Asisten pelatih Persibo, Wanderley Junior, menyatakan main home di depan pendukung akan menjadi penyemangat anak asuhnya. Setidaknya motivasi untuk meraih poin penuh. “Ya, kami jelas target menang,” ujar bekas pemain Persibo Bojonegoro ini.

    Apalagi, lanjutnya, pemain Persibo sempat drop setelah kalah 2-0 atas Bontang FC dalam laga tandang di Stadion Mulawarman, Sabtu 21 Januari lalu. Dengan kekalahan ini, Laskar Angling Darmo harus menang. Setidaknya dengan meraih poin penuh di kandang sendiri akan mengamankan Persibo di urutan tiga besar klasemen sementara IPL.

    Pada laga menghadapi PSMS Medan, Persibo tetap akan menurunkan sejumlah pemain andalannya. Sebut saja Samsul Arif, Jairon, dan Iskandar, untuk posisi striker. Posisi tengah bakal ditempati Bijahil, Mekan Nasirov, Muhammad Nur, Jajang Paliama, dan Sigit Miko. Mekan diharapkan bisa menjadi pengumpan dan penyuplai bola dari tengah ke barisan depan. Sedangkan di barisan belakang terdiri dari Harry Saputra, Wahyu Hidayat, Jajang Paliama, dan Novan Setyo. Untuk kiper akan diturunkan Fauzi atau Hapy Kurniawan.

    [Reply]

  32. Rakhma Kauman
    January 27, 2012 at 9:58 pm #

    AREMA mlebu TIPI kok ping papat yo mas? Kalo PERSIBO kok cuma sekali aja? Padahal SECARA peringkat AREMA kalah jauh. SECARA yang kedua, AREMA juga mbalelo, bikin club mesoso sampek 2. Padahal PERSIBO cuma setia dengan IPL. Kok malah disio sio to yo?

    [Reply]

  33. DIDIK
    January 28, 2012 at 7:47 am #

    @nduwurku..
    itu menandakan tim kita rung payu dol e…ws to sing pntg MENANGAN lakwis
    @didik daton..
    spurane kang,aq buroh piket awan je..suk ae lwn persija budal

    [Reply]

Leave a Reply