Persibo Hadapi Persoalan Mental

Catatan impresif Persibo Bojonegoro di dua laga kandang lenyap begitu saja di kandang Bontang FC. Menghadapi tim dasar klasemen, Persibo ternyata tak mampu mengulangi permainan sebelumnya dan harus menelan dua gol tanpa balas, Sabtu (21/1/2012) malam.

Permainan yang ditunjukkan tim besutan Paulo Camargo berbalik 180 derajat dibanding pertandingan kandang. Faktor mental tampaknya masih menjadi hambatan utama Laskar Angling Dharma hingga sekarang. Hasil di Bontang juga membuktikan pemain masih demam panggung saat bermain di luar kota.

Mungkin juga keberhasilan Persibo menahan Semen Padang 0-0 di awal kompetisi Indonesian Premier League (IPL) lalu hanya sebuah keberuntungan. Itu sangat masuk akal jika melihat penurunan kualitas permainan yang luar biasa dan belum mencerminkan sebuah tim mapan.

Paulo Camargo mengakui pemainnya belum bisa mengendalikan diri ketika bermain di luar kandang. Konsentrasi cepat buyar dan mudah panik dalam menerima serangan lawan. “Kami sebenarnya mempunyai kesempatan bagus untuk mendapat poin. Tapi pemain tampaknya tidak percaya diri bermain di kandang lawan,” cetus Camargo kepada wartawan, Minggu (22/1/2012).

Pelatih asal Brasil ini jelas sangat kecewa karena di dua pertandingan home sebelumnya, Persibo dengan sangat mudah menjinakkan lawan-lawannya. Catatan delapan gol di dua pertandingan ternyata tidak berefek apa-apa saat Samsul Arif dkk mengunjungi kandang Bontang FC.

Camargo menyatakan akan segera membuat sebuah evaluasi, terutama ditekankan pada faktor non teknis alias mental bertanding pemainnya. Faktor itulah yang diperkirakan memengaruhi permainan tim secara teknis. “Mungkin pemain tidak terbiasa dengan tekanan di kandang lawan,” tambahnya.

Kekalahan di kandang Bontang FC sekaligus memperberat tim oranye dalam mematahkan tradisi buruk di luar kandang. Kekalahan tersebut akan mempersulit pertandingan away selanjutnya karena pemain tidak mempunyai bekal kepercayaan diri yang memadai.

Dengan kekalahan ini Persibo gagal mengubah sejarah dan tetap berkalung predikat tim jago kandang. Sejauh ini tim yang bermarkas di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, sudah menelan dua kekalahan dari tiga laga away. Sebelumnya Persibo juga dipecundangi Arema FC saat melawat ke Stadion Gajayana pada Desember silam.

Dengan hanya mengincar hasil sempurna di kandang, sulit bagi tim kebanggaan Kota Ledre untuk membuat kejutan dengan mengubah dirinya sebagai tim papan atas. Minimal Persibo harus mampu mendapatkan angka di kandang lawan dan itu tampaknya akan lebih sulit. (okezone.com)