Persibo Kesulitan Bayar Gaji Pemain

Manajemen Persibo Bojonegoro, Jatim, kesulitan membayar gaji para pemainnya selama dua bulan, November dan Desember yang besarnya mencapai Rp2 miliar.

“Kalau dalam waktu dekat kita tidak bisa mendapatkan pinjaman, kemungkinan dua bulan gaji pemain belum bisa dibayar,” kata Asisten Manajer Bidang Keuangan Persibo Abdul Mun’im, Jumat.

Dia menjelaskan, kebutuhan membayar gaji pemain, termasuk biaya operasional dengan mencairkan dana APBD 2010 yang masih tersisa sebesar Rp2,3 miliar mengalami kesulitan.

Alasannya, pencairan dana APBD tersebut harus menunggu rampungnya penyelesaian administrasi surat perintah perjalanan (SPJ) yang digunakan tim dengan anggaran sebelumnya.

“Kami terus berusaha menyelesaikan SPJ pemanfaatan anggaran sebelumnya,” jelasnya.

Menurut dia, pihaknya mengalami kesulitan meminjam dana kepada pihak ketiga.

Sebelum ini, pinjaman Persibo kepada pihak ketiga sudah mencapai Rp2 miliar lebih. Dalam kondisi normal keuangan yang harus dikeluarkan Persibo awal Desember ini mencapai Rp4 miliar lebih, untuk membayar gaji pemain dan membayar utang kepada pihak ketiga.

“Kita belum tahu dapat uang dari mana lagi,” kata Manajer Persibo Taufik Risnendar yang ditemui terpisah.

Meminjam kepada pihak ketiga, lanjutnya, sudah sulit, sehingga satu-satunya harapan dengan mencairkan anggaran APBD yang masih tersisa sebesar Rp2,3 miliar.

Itupun pencairannya masih membutuhkan proses dan masih belum mencukupi untuk membayar gaji pemain dan membayar utang.

Pria yang juga Komandan Kodim 0813 Bojonegoro itu, mengatakan, pada APBD 2011, Persibo mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp6 miliar. Separuh anggaran akan dimanfaatkan untuk menutup utang, sedangkan anggaran yang masih tersisa hanya mampu bertahan hingga Maret 2011.

“Kita belum tahu dapat anggaran dari mana lagi, sebab kompetisi pada bulan Mei dan Juli masih berjalan,” ucapnya.(antara)

29 Responses to “Persibo Kesulitan Bayar Gaji Pemain”

  1. Butter
    November 27, 2010 at 8:32 am #

    Terus pixe kie…..mugo2 ndang entuk jalan keluar!!!

    [Reply]

    Sirien Reply:

    Py maneh,bal2an anggr jik nggantungo APBD yo ngono kwi.mulane melu LPI wae,ktuane yo ora maling kyo nurdin silit.

    [Reply]

    Boromania Garis Keras Reply:

    LPI bukan solusi. Seluruh korlap dari Boromania mendukung Persibo untuk tetap di ISL.

    [Reply]

  2. anam bangilan kapas
    November 27, 2010 at 9:13 am #

    pasti bisa….

    [Reply]

  3. akbar cgn
    November 27, 2010 at 9:35 am #

    gk PERSIBO aja..yang sedang kekurangan DANA ..Tpi banyak tim2 lain jg benasip sama dengAn PERSIBO. ..

    KU yakin semua bisa terataSi. .

    [Reply]

    echo boro x-rejo Reply:

    betul betul betul

    [Reply]

  4. Angcarrick
    November 27, 2010 at 10:45 am #

    Gajine wingi jare 1m perbuln,kok maleh 2m.pye pye

    [Reply]

    Sirien Reply:

    Duite jik di silih yoto gae kulak sapi.

    [Reply]

    Kang Yoto Reply:

    nek ngomong sing enak bung………angger ngomong ae……..

    [Reply]

    Sirien Reply:

    Tko nomahku tk duduhno datane,tntang kmandulan dn ktidak becusan yoto memimpin bjn.MATOH sing matoh apane,muhamadiah utoh,wong muhamadiah tok sing diopeni.

    klompok tani Reply:

    kang dana untuk persibo memang sulit dicairkan karna pemerintah kita pun ngk asal2an memberikan.di catatan keuangan pengkab bojonegoro persibo menaiki peringkat pertama dlam pembuangan uang dan kebanyakan tak jelas arahnya uangnya.hingga sekarang pun masih menahan dana suntikan apbd…
    dan kenapa pemerintah menahanya..? pemerintah minta rincian dana secara detail dari keuangan persibo.minta catatan yg jelas untuk apa saja dana yng di berikan pemkab cuma itu saja kok…!
    Tapi napa kok ngk selesai2
    klo begini apakah pemerintah kita yang harus disalahkan..?ato pengurusnya persibo yng lamban/bingung/lupa/pura2 ngk tau.
    PEMERINTAH TRAUMA DARI PENGALAMAN YNG LALU.

  5. B3 (Boro Biru Bangilan)
    November 27, 2010 at 10:50 am #

    Pasti da jln kluarnx..

    [Reply]

  6. borMan mbakMerak JKT
    November 27, 2010 at 11:08 am #

    ngenes temen sih, ak ddi melu sedih ngrasakno. yo mugo2 ndang beres.

    [Reply]

  7. echo boro x-rejo
    November 27, 2010 at 11:37 am #

    njalok petrochina ae

    [Reply]

  8. NJARJO 16
    November 27, 2010 at 11:50 am #

    Bar juara div utama wingi enek slentingan, PAD bojonegoro 1 triliun 3% kanggo persibo. Jadi dpt 30 miliar.
    La ndi iku?

    [Reply]

  9. "PENGAMAT"
    November 27, 2010 at 11:51 am #

    Nyante bro..wis LAGU LAMA..biaya operasionalnya persibo dh dirinci sesuai angaran APBD,klu telat itu cuma belum cair aj..KLU difikir orang mana sih mau merugi tiap thnx jd pengurus..rugix pling cuma tenaga aj..

    [Reply]

  10. "PENGAMAT"
    November 27, 2010 at 11:56 am #

    Orang bodoh bs berfikir..brita apbd slalu simpang siur..msok 30M diberikan smuanya..msa pengelola g kebagian,..kamu mau tk suruh krj tp g tk gaji?sing penting persibo bs eksis trs dh bangga..

    [Reply]

  11. BORO_KIDUL
    November 27, 2010 at 2:26 pm #

    gmana kalo setiap PNS bayar kas buat PERSIBO 5000/bulan …???
    lumayan hasilnya….!!!!

    [Reply]

    Sirien Reply:

    PNS bjn mecukile 7wong kok kon iuran /bln.mlebu stdion wae krpe gratis kok kon iuran

    [Reply]

    BORO_KIDUL Reply:

    yo sing gelem ae…..

    [Reply]

    asep rencong Reply:

    jgn hanya PNS mas
    saya selaku warga Bojonegor siap untuk urunan tidak hanya 5000 tp 50.000 pun mau klo buat PERSIBO agak segera keluar dari masalah keuangan

  12. boro tepi barat
    November 27, 2010 at 11:23 pm #

    mcl karo petro cina kon mbantu perpsibo nek ra gelem ayo di demo rame2…

    [Reply]

  13. Wong nganjuk
    November 28, 2010 at 11:55 pm #

    adakah manajemen persibo yang membidangi marketing, semoga ada. Sebenarx dana APBD sangat sedikit untk jatah buat persibo, seharusnya manajemen harus punya alternatif sumber dana lainnya. Entah dr sponsor, penjualan tiket, penjualan kaos dan atribut. Seharusnya manajemen persibo jangan bisanya minta dan minta ke pemkab, diminta setorkan laporan ke pemkab diulur2 terus. Sebenarnya dibuat atau tidak laporannya?jangan2 kata bener orang2, koran2 dllnya kalau dana persibo ada yang dikorupsi. Saran ganti semua pengurus persibo dan usut semua pengurus, minta pertanggung jawabannya bila ada yang korupsi.

    [Reply]

    wahyu (Boro mania di jakarta) Reply:

    Tirulah PERSIB atau AREMA yang pengurusnya pintar cari sponsor
    Seharusnya pengurus sudah tau jauh jauh hari
    Berapa anggaran yg di dapat dan berapa yg harus di bayar
    Kalo untuk bayar gaji pemain aja ngutang “yo……… lucu “
    Mbayarnya aja ntar juga bingung pake apa………….
    Ini LSI semua harus professional jangan sampai
    “ besar pasak dari pada tiang”
    Salah satu tugas pengurus ya cari duit bukan cuman pakai duit aja…
    Sukses tim bukan sekedar di ukur jadi juara atau tidak
    Tapi yg tidak kalah pentingnya adalah dapat menjalankan
    Roda organisasi dengan benar bahkan jika perlu
    Tanpa bantuan APBD…………………………………………………….

    bisa nggak ya.???

    [Reply]

    bangkar rahasia Reply:

    dalam catatan map merah
    sebenarnya persibo krisis keuangan karna di persulit oleh pengurusnya sendiri.
    pemerintah sekarang punya setrategi ngk asal beri dana untuk persibo.yg pasti pemkab minta rincian dana persibo kenapa dalam tempo yng sngat lama pengurusnya bingung ngk bisa setorkan data2nya.padahal anak SD diberi uang ibunya bisa jawab untuk beli apa uangnya karna dia masih lugu.pemerintah pun begitu bila ngasih dana harus ditanya untuk apa dana yng dulu baru dikasih lagi… klo mbulet wae ditakoni sampek elek ra bakalan di beri.bisa juga di ditendang.diusir.bahkan di banting sekalipun.

    ini dari teks diatas

    Kalau dalam waktu dekat kita tidak bisa mendapatkan pinjaman, kemungkinan dua bulan gaji pemain belum bisa dibayar,”
    SAPA LAGI YG MAU MINJAMKAN DANA KLO LIHAT LATARNYA NGK KARO KAROAN

    [Reply]

  14. koruptor
    November 29, 2010 at 12:00 am #

    Siapa yang tahu kalau dana persibo dikorupsi oleh pengurusnya? Transparan to bung, ini duet miliknya rakyat.

    [Reply]

  15. munif boromania malang
    November 30, 2010 at 10:00 pm #

    melok ngomong “bener sekali bung kalo setahu saya kemaren waktu mahasiswa sini ngadakan bakti sosial di daerah ngasem bjn dapat dana 2,5 juta cair setelah LPJ. nah kalo dana persibo belum cair berarti laporan pertanggung jawaban (keuangan belum beres) ini ada dua kemungkinan menejement LEMOT atau ada yang di korup. nek weng ngene perlu ada pergantian pengurus di tingkat menejement dan di usut KPK.hehehe”
    ki jane eneke menejement kanggo njaluk duwik gek pemkab tok ta? sak ngertiku eneke menejement kanggo mikirno kesejahteraan tim ora nambahi beban tim. nek mek isone njaluk tok gak usah nggowo menejement di kelola boromania dewe ae.setuju?

    [Reply]

    klompok tani Reply:

    kang dana untuk persibo memang sulit dicairkan karna pemerintah kita pun ngk asal2an memberikan.di catatan keuangan pengkab bojonegoro persibo menaiki peringkat pertama dlam pembuangan uang dan kebanyakan tak jelas arahnya uangnya.hingga sekarang pun masih menahan dana suntikan apbd…
    dan kenapa pemerintah menahanya..? pemerintah minta rincian dana secara detail dari keuangan persibo.minta catatan yg jelas untuk apa saja dana yng di berikan pemkab cuma itu saja kok…!
    Tapi napa kok ngk selesai2
    klo begini apakah pemerintah kita yang harus disalahkan..?ato pengurusnya persibo yng lamban/bingung/lupa/pura2 ngk tau.
    PEMERINTAH TRAUMA DARI PENGALAMAN YNG LALU..

    [Reply]

  16. hem...
    December 7, 2010 at 2:19 pm #

    hem…ngsakno men.trus pje ngne ki???
    jo smpek persibo bar.

    i love persibo…………………………………

    [Reply]

Leave a Reply