Persibo Minta KN Cabut Sanksi

Pengurus Persibo Bojonegoro mengingatkan Komisi Normalisasi (KN) agar membantu pencabutan sanksi PSSI terhadap Persibo. Komisi yang dipimpin Agum Gumelar ini diminta untuk merekomendasikan agar PSSI mencabut kembali sanksi atas Persibo Bojonegoro.

“Ini momen baik untuk pemulihan nama PSSI,” kata Penasihat Persibo Bojonegoro, Letnan Kolonel Taufik Risnendar, kepada Tempo, Jumat, 24 Juni 2011. Penegasan Taufik ini merespons pertemuan antara CEO Liga Primer Indonesia (LPI) Wijayanto dengan pengurus KN yang dipimpin Agum Gumelar.

Dia menyebutkan bahwa pertemuan antara LPI dengan KN merupakan momentum untuk meningkatkan citra PSSI yang sempat melorot di depan masyarakat. Setidaknya di era mantan Ketua Umum PSSI, yaitu Nurdin Halid. “Ya, makanya kita meminta PSSI cabut sanksi Persibo,” imbuhnya.

Menurut Taufik, posisi KN sekarang ini sangat strategis karena dibentuk untuk menangani persoalan PSSI yang kini ditinggal pengurusnya, yaitu Nurdin Halid dan Nugroho Besoes.

Pertemuan antara LPI dan KN yang di antaranya menghasilkan sejumlah kesepakatan, yaitu PSSI yang mengakui LPI sebagai salah satu lembaga yang menaungi klub-klub profesional.

Artinya, jika KN sudah mengakui LPI sebagai organisasi yang menyelenggarakan turnamen maka itu merupakan langkah maju. Meskipun nantinya soal legalisasi tetap akan diserahkan kepada Ketua Umum PSSI terpilih. “Ini saat yang tepat, sanksi Persibo dan Persema dicabut kembali,” imbuhnya.

Terkait dengan penggabungan LSI dengan LPI, lanjut Taufik, itu adalah usulan yang bagus. Sebagai usulan, Persibo meminta tim yang akan digabung sebaiknya dilakukan audit untuk melihat kemampuan klub. Audit itu mulai dari kemampuan finansial, kepengurusan klub, juga menyangkut sumber pendanaan.

Jadi, meskipun itu merupakan kompetisi sepak bola di Tanah Air, klub harus tetap konsisten dengan amanat pemerintah, yaitu tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk klub.

Pimpinan Liga Primer Indonesia, CEO LPI, Wijayanto, bertemu dengan Ketua Komite Normalisasi Agum Gumelar dan anggotanya, Joko Driyono, di kantor PSSI, Jumat, 24 Juni 2011 pagi. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas tindak lanjut keputusan Komite Normalisasi yang menarik LPI di bawah PSSI sesuai mandat Badan Sepak Bola Dunia (FIFA).

“Kami hadir di sini memenuhi undangan Pak Agum. Ini terkait permohonan resmi LPI yang diajukan ke PSSI sejak 22 Desember lalu untuk bisa berafiliasi kepada PSSI,” kata Wijayanto seusai pertemuan itu.

Wijayanto menyambut positif pertemuan tersebut. Menurutnya, ini sebagai langkah rekonsiliasi perkembangan sepak bola Indonesia. “Ini bagus karena PSSI mengakui keberadaan LPI,” katanya.

Pada masa kepemimpinan Nurdin Halid, PSSI tidak mau mengakui keberadaan LPI sehingga pada saat itu kompetisi yang diklaim sebagai liga profesional ini dikendalikan oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI/tempointeraktif.com).

15 Responses to “Persibo Minta KN Cabut Sanksi”

  1. boro afria
    June 24, 2011 at 5:53 pm #

    1 bro.

    [Reply]

  2. telon13+
    June 24, 2011 at 6:17 pm #

    semoga jadi lebih baik

    [Reply]

  3. aku
    June 24, 2011 at 7:13 pm #

    wes anut wae lah

    [Reply]

  4. sweedia
    June 24, 2011 at 7:29 pm #

    Preview The Ofiicial Website of Persibo Bojonegoro Indonesia 😀
    http://persibo.co.id/

    [Reply]

    amnesia Reply:

    untumu kuning mas bro…

    [Reply]

    sweedia Reply:

    emas iku bro, lek ndak duwe duit iso d gadai no sementara haha

    [Reply]

    fphoer Reply:

    jere enek pemilu gawe milih ketua kegiatan ramadhan???

    rejz Reply:

    lho sing mecah duren wis nongol….

  5. ELKO
    June 24, 2011 at 9:22 pm #

    weuww…baru nih min?? Baguslah kalau punya domain sendiri,hehe…izin ke sono yaaa

    [Reply]

    sweedia Reply:

    bukan punyaku, tapi calon official website Persibo tapi belum resmi serah terima sih
    masih preview, yg ngerjain ternyata Divisi IT nya Bali Devata FC
    barengan 3 tim http://persibo.co.id , http://persema.co.id , http://persebaya.co.id

    [Reply]

    fphoer Reply:

    pantes designe podho

    [Reply]

    LUMUT Reply:

    borongan web iki critane :)

  6. ELKO
    June 25, 2011 at 10:19 am #

    ooo..begono ceritane,manteb!

    [Reply]

  7. Njarjo 16
    June 25, 2011 at 10:37 am #

    Ape poso ki enek baksos neh gak?

    [Reply]

  8. milanisty
    June 25, 2011 at 12:17 pm #

    arifin andgorge kk raleh mlok cln ktua PSSI bls kmn

    [Reply]

Leave a Reply