Persibo Naik Ke Puncak Klasemen Sementara

Tuan rumah Persibo bermain imbang lawan PSM Makassar pada laga lanjutan Indonesian Premier League (IPL) di Stadion Letjen Soedirman, Bojonegoro, Minggu (19/2) malam. Unggul dulu lewat gol Wahyu Teguh di menit 60, Persibo akhirnya harus puas dengan hasil seri setelah Kwon Jun mengoyak gawang Fauzi Toldo di menit 79.

Tambahan satu poin itu mengokohkan Persibo di puncak klasemen sementara IPL, karena Semen Padang yang menjadi saingan terdekat mereka kalah 0-1 dari Persijap. Persibo kini mengantongi poin 17, selisih satu poin dengan Semen Padang yang berada di peringkat kedua. Sebenarnya Persibo bisa mengalahkan tim tamu andai tendangan penalti Jairon Feliciano di menit 10 tidak gagal. Sayang tembakan striker Brazil itu berhasil ditepis kiper PSM, Denny Marcel.

Secara umum laga yang dipimpin wasit Faulur Rosi itu berlangsung seru karena kedua tim memeragakan permainan keras dan terbuka. Pada pertengahan babak pertama, serangan Persibo yang kali ini tidak diperkuat top skorer M Nur Iskandar mulai mengendur. Sebaliknya, tim tamu justru kian bersemangat melakukan tekanan.

Sebuah serangan balik yang dibangun Andi Odang, M Rahmat, dan Ketut Mahendra membuat kerepotan barisan belakang Persibo. Beruntung tendangan yang dilepaskan Mahendra masih melambung ke atas gawang Fauzi Toldo. Hingga turun minum wasit mengeluarkan enam kartu kuning, yakni empat untuk pemain Persibo dan dua lainnya untuk pemain PSM.

Gol Persibo lahir dari kerjasama antara Samsul Arif dengan Wahyu Teguh. Menerima umpan dari striker timnas senior itu, Wahyu langsung melepaskan tendangan ke gawang PSM hingga mengubah skor menjadi 1-0. Kubu PSM menganggap gol itu berbau offside dan sempat mogok main selama lima menit.

Setelah melakukan negosiasi dengan wasit akhirnya pelatih PSM Petar Segrt memerintahkan para pemainnya melanjutkan pertandingan. Andi Oddang dan kawan-kawan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit 79 melalui serangan balik cepat dari tengah lapangan. Kwon Jun menyempurnakan serangan tersebut dengan tendangan terarah ke gawang Persibo. Skor 1-1 tidak berubah hingga pertandingan memasuki menit akhir.

Pelatih Persibo Paulo Camargo mengatakan timnya seharusnya menang karena memiliki peluang lebih banyak. Salah satunya penalti Jairon Feliciano. “Secara umum tim kami sudah main bagus, tapi PSM merupakan tim tangguh. Ya inilah bola,” kata Camargo usai laga.

Sedangkan pelatih PSM Petar Segrt menyebut permainan timnya kurang maksimal karena ada beberapa pemain yang cedera atau memperkuat timnas. Soal protesnya kepada wasit, Petar menganggap itu wajar dalam sepakbola. “Karena saya dan wasit punya sudut pandang yang berbeda,” sebut Petar. (Sumarlin)

Susunan Pemain

Persibo: Fauzi Toldo (G), Aang Suparlan, Lexe Anderson, Hari Syahputra, Novan Setya, Mekan Nasirov, Jajang Paliama, Gustavo Hernan Ortiz, Wahyu Teguh, Samsul Arif, Jairon Feliciano/Syahroni (86′). Pelatih: Paulo Camargo

PSM: Denny Marcel (G), Satrio Syam, Hendra Wijaya, Kwon Jun, I Ketut Mahendra, Rasyid Bakri, Fandy Edy, M Jupri/Qifly Tamara (73′), Andi Oddang/Ismail (90+), M Rahmat/Kaharudin (73′), Ilija Spasojevic. Pelatih: Petar Segrt

(liga prima)