Persibo Naik Satu Strip

Setelah berhasil menundukan tamunya, Persipon Pontianak 3-0, kemarin, posisi Persibo Bojonegoro naik satu strip dari posisi keempat naik ke posisi tiga klasmen sementara grup 3 kompetisi devisi satu PSSI. Di pucuk klasmen sementara grup 3 kini diduduki oleh Persid Jember yang kemarin berhasil menundukan tamunya, Persiba Bantul, dengan skor tipis 2-1. Sementara itu, Persiba Batul yang semula berada di posisi puncak harus rela turun ke peringkat dua. Meski demikian, Persibo yang mengantogi poin 11 baru main lima kali, sedangkan Persid yang berada di puncak klasmen susda enam kali main. Jika berhasil menang saat melawat ke kandang Bantul 20 Mei nanti, maka Persibo akan bisa menduduiki puncak klasmen sementara. Sebaliknya, jika kandang Bantul, posisi Persibo akan tetap berada di posisi tiga. Itu pun, dengan catatan Gresik United yang melakoni laga tandang ke Kalimantan melawan Persepar gagal memenangi pertandingan. Bahkan, Gresik United seri pun Persibo masih akan menduduki posisi tiga karena karena ungul selisih gol.

Sementara itu dalam pertandingan kemarin sore yang dituntut membuat gol cepat, para pemain Persibo tampil menekan sejak menit awal.

Meski demikian, kiper Persipon yang bermain cemerlang berkali-kali melakukan penyelamatan gemilang. Terus digempur oleh Persibo, Persipon mulai menerapkan strategi bertahan dengan hanya meningalkan satu pemain di depan. Hal ini membuat Ali Usman dan Varnei Pas Boakai kesulitan menembus barikade lawan. Beruntung, pada menit ke-23 Eugene Jlah Gray melihat posisi kiper Persipon terlalu maju. Eugene yang berada di luar kanan kotak pinalti musuh melakukan tendangan spektakuler yang melengkung ke tiang jauh. Bola yang sempat membentur mistar itu pun masuk ke gawang Persipon.
Bayu cahyo,kiper persipon,pun hanya bisa melongo melihat bola masuk kegawangnya yang sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah persibo.

Unggul 1-0 membuat mental dan semangat tanding anak asuh Gusnul yakin bangkit.Secara bergelombang mereka melakukan serangan bertubi-tubi ke gawang lawan. Hasilnya melalui sebuah kemelut dikotak 16 Ali usman yang berhasil melewati dua pemain mampu mengecoh kiper dan menjaringkan bola. Gol pada menit ke-35 ini membuat persibo unggul 2-0. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua,persibo semakin menguasai jalannya pertandingan. Namun,persipon yang bertahan total membuat barisan depan persibo kembali kesulitan menembusnya. Pada menit ke-68,penjaga gawang persipon Bayu Cahyo harus keluar lapangan setelah dihadiahi kartu merah. Bayu Cahyo dianggap mengeluarkan kata-kata kotor yang menghina wasit.

Meski bermain unggul dalam jumlah pemain,para punggawa tim kebanggaan kota Ledre tetap saja kesulitan mencetak gol. Beruntung,Pada menit ke-84 Ali Usman yang mendapatkan sodoran bola pemain tengah berhasil mencetak gol sekaligus mengubah kedudukan menjadi 3-0. Kedudukan 3-0 untuk keunggulan persibo ini bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hariyadi,pelatih persipon mengakui bahwa persibo merupakan tim bagus,bahkan berhasil menguasai jalannya seluruh pertandingan “kita memang kalah bagus jika dibandingkan persibo,” katanya. Apalagi,lanjut pemain belakang yang dimilikinya tidak mampu menahan laju serangan tim lawan.Jangankan kesempatan menyerang,menurut dia untuk bertahan sulit .

Sementara itu,Gusnul Yakin menilai anak asuhnya bermain bagus terutama pada babak pertama “sayang,pada babak kedua tensi permainan turun,sehingga menjadikan serangan kurang greget,”katanya.

Meski demiakian,dia menilai permainan kemarin sore merupakan penampilan paling baik persibo sepanjang kompetisi musim ini berjalan.(JP)

No comments yet.

Leave a Reply