Persibo – Persiba 3 – 0

Kuantitas tim Jatim adalah yang terbanyak di Grup III Divisi I PSSI. Mereka adalah Gresik United (GU), Persibo Bojonegoro, Mojokerto Putra (MP), Persid Jember, Persedikab Kab Kediri, dan Persipro Probolinggo.

Namun, itu tidak membuat mereka mudah menguasai grup tersebut. Sejak pertengahan putaran I, PSIR Rembang dan Persiba Bantul, dua tim luar Jatim, justru duduk bergantian di puncak.

Kemarin, usai laga keempat putaran II, tim Jatim mulai menggeliat. Persibo Bojonegoro berhasil mengambil alih klasemen dengan poin 27. Itu setelah tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu membungkam Persiba dengan skor 3-0 (1-0) di Stadion Letjend Sudirman, Bojonegoro. Apalagi, PSIR, yang terus menguntit, ditundukkan MP dengan skor 0-2 (0-2) di Stadion Gajah Mada, Mojokerto.

GU juga ikut meramaikan persaingan dengan membayangi Persiba dan PSIR dengan menempati posisi IV. Tim asuhan Sanusi Rachman tersebut mendapatkan posisi itu usai menaklukkan Persepar Palangka Raya dengan skor 2-0 (1-0) di Stadion Petrokimia, Gresik. Dua gol tim asal Kota Pudak itu dilesakkan Denilson menit ke-42 dan digenapi Ainur Rochim di menit ke-84.

“Akhirnya, kami berhasil lepas dari kepungan tim Jateng dengan menduduki tempat teratas. Ini akhir yang manis meski belum berakhir. Itu dikarenakan selama ada Piala Asia kompetisi di Indonesia berhenti,” kata Kup Yanto Setyono, manajer Persibo.
Sedangkan GU juga makin semangat menggeser Persiba dan PSIR yang bercokol di ranking kedua dan ketiga. “Posisi kami masih di tempat keempat. Kami tentu akan berusaha maksimal untuk mengerek peringkat untuk melaju ke babak selanjutnya,” tegas Sanusi, pelatih GU.

Dalam perkembangan yang lain, kemenangan besar mewarnai pertandingan di Grup II dan IV. Persikab Kab Bandung yang menjamu PSB Bogor unggul dengan skor telak 7-1 (4-1) di Stadion Jalak Harupat, Kab Bandung. Laga baru berjalan satu menit, Persikab sudah unggul lewat Toure Marlaye. Kemudian, Anwaruddin menambah kemenangan timnya di menit ke-15, Tantang menit ke-24, Warrawut Wangsawat menit ke-42, dan tiga gol terakhir diborong Usman Rusmana di menit ke-76, 81, dan 83. Sedangkan gol hiburan PSB dicetak Gondo Anggodo menit ke-18.

Kemenangan lebih telak berhasil dibukukan Mitra Kukar atas Persidago Gorontalo. Mitra Kukar ungul dengan tujuh gol tanpa balas di Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Pencetak tim asuhan Mustaqim itu adalah Sebastian Balbi menit ke-7 dan 57, Alfredo Figueroa menit ke-26 dan 47, Carlos Bergotini menit ke-12, Luis Edmundo menit ke-49, dan Iswanto menit ke-89.

“Kemenangan ini adalah kemenangan seluruh elemen tim. Hasil ini juga akan menjadi bekal berharga bagi kami saat menghadapi laga derby sesame tim Kaltim, Persisam Samarinda pada 5 Juli nanti,” kata Mustaqim, arsitek Mitra Kukar yang sukses membawa Jatim meraih emas PON 2004. (pen/bal/jpnn)