Persibo Pindah ke LPI karena Sering Dicurangi

Persibo Bojonegoro menjadi salah satu klub yang hijrah dari Indonesia Super Liga (ISL) ke Liga Primer Indonesia (LPI). Persibo hijrah karena kurangnya fairplay di ISL.

Kompetisi LPI akan segera bergulir, Sabtu (8/1/2011). Dari 19 klub yang resmi menjadi pesertanya, tiga diantaranya adalah klup yang sebelumnya peserta ISL yakni Persema Malang, PSM Makasar dan Persibo Bojonegoro.

Setiap klub boleh jadi punya pelbagai alasan sehingga melatarbelakangi mereka sampai boyongan ke LPI. Untuk Persibo, alasan utama adalah karena kecewa dengan ISL.

“Salah satu alasan utama kami (Persibo) untuk pindah dari ISL ke LPI adalah kurang fairplay-nya kompetisi di ISL. Kami kerap mendapat kecurangan ketika berlaga,” tegas pelatih Persibo Bojonegoro, Sartono Anwar, dalam wawancara dengan detiksurabaya.com, Jumat (7/1/2011).

Salah satu bentuk kecurangan itu, menurut Sartono, diterima klubnya ketika bermain melawan Persema Malang beberapa waktu lalu. Saking kecewanya, Sartoni ketika itu sampai mengeluarkan kata-kata sangat kasar hingga berujung masalah dengan PSSI.

Selain itu, pelatih yang berhasil membawa Persibo menjuarai kompetisi Divisi Utama musim lalu itu juga mengkritisi tidak fairnya ISL. Menurutnya, siapa yang juara dan klub mana yang akan terdegradasi sudah ketahuan saat kompetisi belum berakhir.

“Dengan berbagai alasan itulah kami memilih untuk mundur dari ISL dan ikut bergabung ke LPI. Sebab, kami sangat optimis kompetisi di LPI ini akan lebih fair,” sambung ayah kandung mantan pemain timnas Nova Ariyanto tersebut.

Setelah manejemen memutuskan untuk gabung ke LPI, ada ena, pemain Persibo yang memilih hengkang dari ‘Laskar Angling Dharma’. Mereka adalah Viktor Da Silfa, Slamet Nurcahyo, Dwi Kuswanto, Rudi Widodo, Cucu Hidayat, dan Saifudin. Namun, hal ini tidak dianggap sebagai masalah oleh Persibo lantaran mereka sudah mendapatkan gantinya.

“Tidak masalah ada beberapa pemain yang mundur, toh kita sudah mendapat gantinya,” ujar pelatih yang acap bertopi itu.

Persibo akan memulai kiprahnya di LPI dengan bertemu Batavia Union di stadion Letjend H Soedirman, Minggu (9/1/2011) nanti. Dalam laga perdana ini, Persibo menargetkan poin penuh dari tim tamunya.(krs / din/detiksport.com)