Persibo Super Sibuk

Persibo Bojonegoro akan menjadi klub Liga Primer Indonesia (LPI) yang super sibuk. Setelah membuang sejumlah pemain selepas putaran pertama, tim berjuluk Laskar Angling Dharma harus mencari pemain tambahan dalam jumlah besar.

Setelah dilepasnya delapan pemain sekaligus, Persibo kini dihuni tak sampai 20 pemain. Duet pelatih Sartono Anwar-Luciano Leandro pun menanggung konsekuensi mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan pemain yang terbuang.

Dihubungi kemarin, Sartono mengaku sudah siap menggaet sejumlah nama yang bakal masuk skuad tim oranye. “Sudah ada beberapa pemain yang rencananya kita ambil. Yang pasti mereka pemain yang lebih berpengalaman di kompetisi,” kata pelatih sepuh ini.

Sartono sendiri bertanggungjawab melakukan perekrutan pemain-pemain domestik, sedangkan Luciano berkonsentrasi mencari pemain asing. Disinggung nama-nama pemain yang bakal digaet, Sartono masih enggan buka suara dengan alasan belum ada deal kontrak.

Diakui Sartono, Persibo kali ini bakal jauh lebih sibuk dibanding sebelumnya, terutama dalam menata kekuatan. Salah satu sebabnya adalah rencana digabungkannya kompetisi LPI dengan Indonesia Super League (ISL). Jika merger terjadi, maka persaingan bakal lebih berat.

Tim kesayangan Boromania sendiri pernah merasakan bagaimana terjalnya kompetisi ISL dan tak pernah bangkit dari zona degradasi. Baru di kompetisi LPI posisi Samsul Arief dkk mulai membaik dan finish di urutan 7 klasemen akhir putaran pertama.

Selepas putaran pertama, Persibo yang masih penasaran karena tak mampu menembus papan atas langsung ‘cuci gudang’. Striker asing Muhammad Albicho langsung ditendang beserta delapan pemain lokal. Kini wajah-wajah anyar siap didatangkan tim Kota Ledre.

Malah tak menutup kemungkinan pemain asing lain seperti Eduardo Bizarro maupun Wallacer juga bernasib sama. “Evaluasi terus kita lakukan, terutama soal efektifitas pemain dalam tim. Tentu saja targetnya kita bisa mendapatkan pemain yang lebih bagus,” terang Sartono.

Sayangnya, Persibo selalu kesulitan mencari pemain baik domestik maupun impor. Sejumlah perekrutan seperti Eugene Dadi, Muhammad Albicho, Kim Kang Hyun hingga You Young Woo terbukti tak sukses. Justru pemain potensial seperti Victor Da Silva memilih hengkang kala tim ini memilih LPI. (edo/okezone.com)