Persibo v Mitra Kukar : Duel Tim Promosi

Siaran Langsung di TVOne, 15 Mei 2008, Pkl. 19.00 WIB

Persibo Bojonegoro dan Mitra Kutai Kartanegara (Mitra Kukar) Tenggarong tahun ini sama-sama berstatus promosi ke divisi utama. Gambaran kesiapan dua tim ini dalam menghadapi kompetisi dapat disaksikan nanti malam. Keduanya bakal bentrok dalam label laga penyisihan grup I Liga Jatim di Stadion Kanjuruhan.

Menyandang status jawara divisi I, Persibo tak ingin dikalahkan Mitra Kukar yang musim lalu hanya sampai di babak semifinal pada putaran final. “Jika melawan Mitra Kukar, maka targetnya harus menang,” kata Manajer Persibo Letkol (Inf) Kup Yanto Setyono kepada wartawan koran ini kemarin sore.

Menurut pria yang juga komandan Kodim 0813 Bojonegoro itu, meraih poin di pertandingan perdana harus dilakukan pasukannya. Sebab, setelah laga ini Persibo akan menghadapi tim yang levelnya lebih tinggi. “Kalau tidak sekarang mengambil poin, kapan lagi? Sebab pertandingan selanjutnya belum tentu kami meraih poin,” tuturnya.

Selain gengsi tim, reputasi pelatih juga dipertaruhkan dalam laga ini. Maklum, pelatih Persibo Gusnul Yakin dan arsitek Mitra Kukar Jacksen F. Tiago sama-sama pernah melatih Persiter Ternate. Sebelum melatih Persibo, Gusnul berhasil mengangkat Persiter ke jajaran atas tim-tim divisi utama. Sementara Jacksen musim lalu berhasil membawa Persiter menembus superliga.

Saat ini, Gusnul dan Jacksen juga sama-sama sedang membangun kekuatan tim. Kepada wartawan koran ini, Gusnul menyatakan, dengan persiapan yang minim, dirinya tidak bisa berbuat banyak. Meski demikian, dia tetap berharap para pemainnya menunjukkan kemampuan maksimalnya. “Kami tahu persiapan kami nggak maksimal,” katanya.

Pelatih asal Malang itu mengaku tidak tahu sama sekali kekuatan Mitra Kukar yang kini ditangani Jacksen. Namun, dirinya tidak akan ambil pusing dengan hal tersebut. “Saya berharap kepada anak-anak agar bisa memetik poin,” harapnya.

Mengenai strategi pertandingan, Gusnul menuturkan, dirinya akan meminta Iswandi Da’i dkk untuk melihat situasi selama 15 menit pertandingan awal. “Yang jelas kami tidak akan bermain bertahan,” tuturnya.

Menurut Gusnul, dirinya akan menurunkan sebagian besar pemain yang sudah menandatangani kontrak di Persibo. Empat pemain asing yang ada saat ini juga tidak akan diturunkan secara langsung. “Tergantung kondisi bagaimana di lapangan nanti,” katanya.

“Meski tanpa target. kami harus bermain maksimal,” imbuhnya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)