Persibo vs Gresik United : Menang atau Ditendang!

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro nanti sore bakal kembali bentrok dengan Gresik United (GU). Bagi kedua tim kesebelasan, laga yang akan berlangsung di Stadion Delta Sidoarjo ini merupakan kali pertama di pentas kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia yang sama-sama baru mereka arungi sejak tahun ini.

Bagi Persibo, pertandingan nanti sore punya gengsi tersendiri. Sebab, tim kebanggaan warga Kota Ledre ini masuk divisi utama sebagai juara. Sedangkan GU masuk ke divisi utama berkat perubahan peraturan Badan Liga Indonesia (BLI). Yakni, tim yang lolos ke divisi satu lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena penambahan kuota inilah GU lolos.

Selain itu, Pelatih Persibo Sanusi Rahman merupakan mantan pelatih GU. Sedangkan pelatih GU Sasi Kirono merupakan mantan asisten Sanusi Rahman.

Sasi Kirono juga pernah memperkuat Persibo di kompetisi divisi satu 2005. Kala itu, Persibo lolos ke enam besar divisi utama yang diarsiteki Sanusi Rahman pula.

Selain itu, dalam laga resmi kedua tim di ajang lain, yakni pada kompetisi divisi satu, Copa Indonesia, ataupun Liga Jatim, Persibo juga lebih banyak mengoleksi kemenangan. Dalam tiga even itu kedua tim pernah enam kali bertemu. Hasilnya, Persibo mampu memenangi dua pertandingan sedangkan GU hanya sekali menang. Tiga laga lainnya seri.

Karena itu, laga nanti sore bisa dibilang sebagai ajang pembuktian tim senior terhadap juniornya. Namun, bisa juga Persibo justru kian terbebani. Sebab, selama menjalani laga home belum sekalipun Persibo menang. Memang, laga home Persibo terpaksa digelar di luar daerah karena Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro sebagai home base-nya sedang dalam perbaikan.

Beban yang lain, jika dalam laga nanti gagal meraih poin penuh, maka biaya yang harus dibayar cukup mahal. Yakni, pemecatan terhadap sang pelatih, Sanusi Rahman. Karena itu, hanya satu pilihan bagi Iswandi Da’i, yakni, menang.

Siapkah Persibo? “Para pemain dalam kondisi siap tempur,” kata asisten pelatih Persibo Bambang Pramuji.

Namun, lanjut dia, kesiapan itu tidak cukup. Dalam sebuah pertandingan juga dibutuhkan keberuntungan. Dia berharap para pemain bermain lepas dan saat masuk lapangan tuntutan untuk menang dan berbagai tekanan lainnya bisa dilupakan. “Kalau bermain normal saya yakin bisa menang, asal tidak meremehkan,” tuturnya.

Menurut dia, pemain yang diturunkan nanti tak akan jauh beda dengan dalam pertandingan sebelumnya. Kalaupun ada perubahan, lanjut dia, karena memang kebutuhan tim. “Tapi intinya sama dengan sebelumnya,” tandasnya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)