Persibo vs Persebaya : Sengit

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro pernah mengejutkan Persebaya Surabaya di awal putaran pertama kompetisi divisi utama musim ini. Iswandi Da’i dkk mempecundangi Persebaya dengan skor 2-1 di Gelora 10 Nopember Surabaya.

Nanti sore, kedua tim bakal bentrok kembali. Kali ini, laga berlabel penutup babak penyisihan kompetisi divisi utama itu dilaksanakan di Stadion Letjen H. Soedirman. Laga penuh gengsi ini diprediksi bakal sengit.

Persebaya yang kini menyandang gelar pemimpin klasemen sementara, tak ingin dipermalukan kedua kalinya. Apalagi, skuad tim yang diusung sekarang berbeda dengan materi pemain di putaran pertama lalu. Persebaya sudah menambal kekuatan dengan menghadirkan di antaranya Jairon Feliciano dan Roger Batoum. Arsitek tim juga telah diganti, dari Fredy Mulli ke pelatih asing Arcan Iurie.

“Kami datang ke sini tidak untuk jalan-jalan,” ingat pelatih Persebaya Arcan Iurie di sela-sela memimpin anak asuhnya menjajal lapangan Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro kemarin sore.

Dia menuturkan, dalam pertandingan nanti sore, Persebaya menginginkan hasil maksimal. Tim berjuluk Green Force itu memang sangat membutuhkan tiga poin. Sebab, hanya dengan kemenangan yang bisa menjaga kans Persebaya tetap bertahan di puncak klasemen sementara. Sekaligus, menjaga asa untuk bisa menjadi tuan rumah delapan besar.

Menurut Iurie, saat ini kondisi timnya siap tempur. Persoalan gaji pemain yang sempat menjadi ganjalan, dianggap tak ada masalah lagi. “Semua sudah gak ada masalah kalau strategi,” katanya sambil berjalan menuju anak asuhnya.

Namun, di laga nanti sore, Persebaya tak bisa tampil full team. Wing back Mat Halil diharamkan tampil karena menerima kartu merah tak langsung di laga sebelumnya.

Sementara itu, kubu Persibo juga ingin mengulang sukses seperti awal putaran pertama lalu. Bahkan, laga ini menjadi ajang pembuktian bagi pelatih Sartono Anwar bahwa dirinya juga bisa memberikan kemenangan bagi Persibo saat bentrok dengan Persebaya. Di awal putaran pertama lalu, Persibo masih ditangani Gusnul Yakin.

Menurut Sartono meski tanpa diperkuat striker asing Varney Pas Boakay, secara umum Persibo tak ada masalah. Ada beberapa pemain lagi yang siap menggantikan peran Varney. Pemain yang kemungkinan diturunkan menggantikan peran pemain asal Liberia itu Abel Cellow Quioh. Sementara untuk memperkuat lini tengah, Sartono bisa mendorong Morrys P Bayour agak ke tengah. Sedangkan di lini belakang, Sartono juga bisa memasang Yoseph Amoah yang selama ini jarang diturunkan.

Menurut Sartono, terpenting di laga ini para pemainnya tidak gampang terpancing emosi. Dia juga mengingatkan anak asuhnya untuk tidak silau nama besar Persebaya. “Semua tim sama dan kalau target menang, harus karena main di kandang. Saya optimistis itu,” tuturnya. (rb/ade/wdi)