Persibo vs Persekabpas : Poin Maksimal Harus Didapat

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro nanti sore kembali melakoni pertandingan. Tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu bakal bentrok melawan Persekabpas Pasuruan di laga lanjutan kompetisi divisi utama di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro.

Kemenangan menjadi wajib hukumnya bagi Iswandi Da’i dkk. Sebab, dibandingkan Pelita Jaya, tim superliga yang ditaklukkan Persibo di ajang leg 1 babak 16 besar Copa Indonesia beberapa hari lalu, kekuatan Persekabpas tak terlalu menakutkan.

Bahkan, di klasemen sementara divisi utama, tim berjuluk Laskar Sakera itu hanya berada di zona degradasi. Sementara Persibo bertengger di urutan ke-8 klasemen sementara. “Poin maksimal harus didapat,” tegas pelatih Persibo Sartono Anwar kepada Radar Bojonegoro kemarin (27/2).

Dia menjelaskan, bermain di kandang, Persibo wajib menang mengamankan poin dan posisi di klasemen sementara. Mengenai berapa gol kemenangan Persibo, Sartono menyatakan semua tergantung di lapangan. “Intinya menang dulu,” katanya.

Mantan pelatih PSIS Semarang itu berjanji akan menurunkan pemain yang hampir sama saat timnya mengalahkan Pelita Jaya. Menurut dia, komposisi pemain saat mengalahkan Pelita Jaya itulah skuad tim terbaik yang dimiliki Persibo saat ini. “Karena itu akan kami turunkan kembali,” ujarnya.

Sartono menilai tak ada problem khusus yang dihadapi anak asuhnya. Meski sempat menempuh perjalanan jauh dan bentrok dengan tim superliga, kondisi fisik pemainnya masih bagus. “Semua keputusan (menurunkan komposisi pemain) akan diambil sesaat sebelum pertandingan. Jadi lihat saja nanti,” pintanya.

Terkait kekuatan calon lawan, Sartono menilai tim Persekabpas bagus. “Karena itu kita tidak boleh meremehkan,” ingatnya.

Mantan pelatih timnas era 1990-an itu lantas menyebut nama gelandang I Putu Gede sebagai pemain yang kenyang pengalaman. “Tapi semua pemain tetap kami waspadai,” katanya.

Sementara itu, pelatih Persekabpas Abdul Muntholib menyatakan, timnya tidak memasang target khusus di laga nanti sore. Dia menilai Persibo adalah tim kuat yang sedang mempunyai tren positif. “Tim superliga saja kalah apalagi kami,” katanya merendah.

Dia hanya berharap anak asuhnya mampu mengimbangi tim tuan rumah. “Intinya, untuk pemain belakang, tak boleh lengah. Pemain Persibo punya kecepatan bagus,” katanya. (ade)
(Radar Bojonegoro)