Persibo vs Persiku : Gairah Laga Kandang

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro benar-benar bakal menjadi tuan rumah dalam laga perdana putaran kedua kompetisi divisi utama Liga Indonesia nanti sore (25/1). Tim asal Kota Ledre itu akan menjamu Persiku Kudus di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro.

Dalam sejarah, dua tim tersebut pernah bertemu dua kali. Pertama saat uji coba menjelang kompetisi divisi utama Mei lalu di Stadion Wilis, Madiun. Saat itu, pertandingan berakhir imbang 1-1. Pertemuan kedua berlangsung pada putaran pertama divisi utama Liga Indonesia di Stadion Wergu Wetan, Kudus. Pertandingan tersebut juga berakhir imbang, 1-1.

Namun, dua pertandingan itu tidak bisa dijadikan acuan. Sebab, sudah banyak perubahan yang terjadi dalam dua tim tersebut, termasuk sama-sama berganti pelatih. Saat putaran pertama, Persibo masih ditangani Sanusi Rahman, sedangkan sekarang diarsiteki Sartono Anwar.

Kubu Persiku sedang ditinggalkan pelatihnya Lukas dan digantikan asisten pelatih Kasiyadi. Selain itu, dua tim tersebut bermasalah dalam hal pemain. Namun, Persiku lebih parah. Sebab, pengesahan dua pemain asing yang baru didaftarkannya, Owang Abing dan Peri Sah Kole, masih terganjal di Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI). Di pihak tuan rumah, hanya Moahamdou Alhadjie Adamou yang belum disahkan BLI.

Problem Persiku juga bertambah karena pemain andalannya, Bambang Harsoyo, belum bisa diturunkan akibat dibelit cedera. Tak hanya itu. Persiku kini juga tengah menglami kendala finansial. Masalah tersebut pernah dihadapi Persibo dan telah dilalui.

Karena itu, Persibo menyambut laga nanti sore dengan penuh harap. Apalagi, mereka akan bertanding di kandang. Itu membuat dukungan dari warga Kota Ledre kian tinggi.

Meski dituntut menang, pelatih Sartono Anwar menyatakan tidak akan terlalu menginstruksikan pemain untuk menjaga pemain lawan. Dia hanya minta agar anak asuhnya bermain normal. “Kalau pemain ya sama seperti yang kita mainkan sebelumnya,” tegasnya.

Yang jelas, lanjut Sartono, semua pemain berada dalam kondisi fit. Dia optimistis anak asuhnya bisa memberikan hasil maksimal di laga nanti sore. “Intinya adalah menang dulu. Soal selisih gol nanti dulu,” katanya. Karena itu, dia berharap anak asuhnya tak meremehkan lawan.

Persiku juga tak mau menyerah. “Kami hanya ingin mencuri poin,” ujar Kasiyadi, pelatih Persiku.(ade/jpnn/ko)
(Sumber : Jawapos)