Persibo vs PSIR : Berburu Poin Lagi

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro ingin melanjutkan tren positifnya. Tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu juga siap berburu poin lagi saat menjamu PSIR Rembang di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro nanti sore.

Bagi Persibo, pertandingan tersebut merupakan laga keduanya bermain di rumah sendiri pada putaran kedua kompetisi divisi utama. Setelah sempat “demam panggung” di laga perdana Minggu lalu saat menjamu Persiku Kudus, penampilan Iswandi Da’i dkk nanti sore diharapkan lebih membaik. Paling tidak, tim polesan Sartono Anwar itu diharapkan tidak kebobolan lebih dulu seperti halnya saat menjamu Persiku. Meski di laga itu Persibo akhirnya menang 4-2, mereka kebobolan dua gol lebih dulu.

Menurut Sartono, dirinya telah meminta anak asuhnya untuk bermain lepas di laga nanti sore. Sehingga, tim berkostum kebesaran oranye tersebut bisa enjoy memainkan si kulit bundar. Berdasarkan catatan mantan pelatih PSIS Semarang tersebut, dalam beberapa laga terakhir Persibo, para pemain kurang tenang dalam menyelesaikan bola di kotak penalti. Akibatnya, sejumlah peluang di depan gawang lawan gagal diselesaikan menjadi gol. “Kalau lebih tenang, tentunya hasilnya akan lebih maksimal,” ujar Sartono.

Dia menyatakan bakal menurunkan komposisi pemain yang tak akan jauh berbeda dengan laga menjamu Persiku. Dari tiga kali pertemuan terakhir di kompetisi resmi, Persibo baru sekali memenangi laga. Yakni, saat keduanya bentrok kompetisi divisi I di kandang Persibo. Sementara PSIR menang dua kali di kandangnya sendiri.

Melihat statistik hasil laga tersebut, kubu PSIR pun memilih realistik. Bermain di kandang lawan, mereka tak memasang target muluk-muluk. “Kalau target kami, bisa imbang sudah bagus,” kata asisten pelatih PSIR Suwandi HS saat dihubungi Radar Bojonegoro.

Dia mengakui sulit bagi timnya mengalahkan Persibo di kandangnya sendiri. Meski demikian, Suwandi menyatakan tak ada persiapan khusus bagi timnya untuk menghadapi jawara divisi I musim lalu tersebut. Dia juga tidak akan menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain defensif. “Saya hanya minta para pemain bermain normal, itu saja,” katanya.

Mengenai susunan pemain, Suwandi menyatakan akan menurunkan komposisi pemain tak jauh berbeda saat PSIR berlaga melawan Grsik United Minggu lalu. Di laga tersebut, PSIR mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 2-2. “Perubahan ada tapi sedikit karena masalah kesiapan dalam laga dan kondisi fisik mereka,” tuturnya. (ade)
(Sumber : Radar Bojonegoro)