Persiram vs Persibo

Persiram Raja Ampat sore ini (31/12) akan kembali bertanding dalam putaran pertama Kompetisi Divisi Utama PSSI Wilayah III di Stadion Wombik Km 16 Sorong. Lawan yang bakal dihadapi Persiram adalah Persibo Bojonegoro. Menjelang laga penting ini, Persibo kemarin pagi (30/12) sudah melakukan uji coba lapangan di Stadion Wombik sehingga diharapkan Dewa Laut (julukan baru Persiram, red) bisa lebih fokus dengan melakukan aksi sapu bersih poin di kandang.
Soal peluang kembali kedua pelatih angkat bicara. Kepada Radar Sorong, Pelatih kepala Persiram Raja Isa mengatakan tim saat ini semua dalam kondisi siap tempur. Disatu sisi tentunya Persibo datang di Sorong siap untuk mencuri poin dalam laga tandangnya. “Salah satu taktik atau strategi yang dilakukan pelatih Sartono Anwar (pelatih Persibo) tentunya pemain Persibo diminta lebih bersabar main bola dari kaki ke kaki dan melakukan serangan dari sayapmelalui M Irfan dan Habel Cello. Selain itu mereka akan memanfaatkan tendangan bola mati dan kemungkinan ada beberapa pemain spesialis seperti Nur Hidayat dan Piere Sah kolie,”kata Raja Isa kemarin di mess pemain Persiram.
Lebih lanjut Raja Isa mengungkapkan bahwa pelatih Sartono Anwar akan bermain dengan pola menyerang 3-4-3 sedangkan kalaupun bertahan Persibo akan memakai formasi 3-5-2. Namun yang jelas Persibo akan memakai pola 3-4-3. “Saya yakin Sartono Anwar akan menginstruksikan untuk tampil menyerang, kerena pasti dia sudah mengetahui bahwa pemain Persiram minggu kemarin diliburkan selama tiga hari jadi mereka akan memanfaatkan momen itu,”tegasnya.
Namun demikian kata Raja Isa, menghadapi Persibo, Persiram sudah siap 100% dan Persiram akan melakukan manuver untuk dapat melewati pemain belakang Victor Dasilva yang merupakan mantan pemain PKT. “Sartono akan menetapkan Victor Dasilva sebagai targetman untuk bola-bola mati. Sedang Hery Prasetyo merupakan kiper bagus yang mempunyai jangkaun untuk menghadang bola itu sangat bagus. Selain itu kapten kesebelasan Arif Tuansa merupakan motivator untuk tim,”jelasnya.
Ditanya soal target, Raja Isa menyatakan karena bermain di kandang tentunya Persiram harus memberikan yang terbaik buat publik Kota Sorong. “Yang jelas, semua pemain Persiram itu pemain inti. Saya tidak membedakan yang inti dan cadangan yang jelas itu semua inti justru Persibo yang akan berusaha semaksimal mungkin mencuri poin karena sekarang mereka hanya mengemas poin 9 dari 7 kali pertandingan. Untuk itu kami tidak akan lengah sedikitpun dan kami tetap babat habis laga kandang kami ini,”tegasnya.
Sementara itu Pelatih Persibo, Sartono Anwar mengatakan Persibo datang bermain jelas mempunyai target. “Yang jelas kami datang melawan pimpinan klasemen kami sudah memperhitungkannya dan yang pasti minimal kami bisa mencuri poin dalam laga tandang kami ini, ya paling tidak draw (0-0) itu sudah cukup,”kata Sartono Anwar.
Dijelaskan, menghadapi Persiram memang tidaklah mudah karena mereka mempunyai materi pemain yang dibilang cukup bagus ditambah dengan pelatihnya. “Kalau pelatihnya saya sudah mengenal dan yang pasti dia juga sudah akan menginstruksikan anak buahnya untuk tampil menyerang,”jelasnya. Lebih lanjut Sartono Anwar mengemukakan Persibo akan berusaha mencari kelemahan Persiram agar dapat menembus pemain belakangnya Persiram. Kalau dewi fortuna memihak kepada timnya maka Persibo bisa mencuri poin di kandang Persiram tetapi yang pasti lihat di lapangan. Ditanya mengenai lapangan, Sartono mengaku bahwa lapangan cukup bagus dan kemarin pagi sudah uji coba lapangan. “Pokoknya baguslah lapangannya,”ungkapnya.
Prakiraan Pemain
Persiram :
Joice Sorongan (GK), Ahmad Amiruddin, Kubay Kudian, Heri Kambuaya, Bayu Sutha, Mfundo, Mbombom Julian, Gideon Way, Titus Bonay ©, Engelberth Sanny, Moyo Malibela. Pelatih : Raja Isa
Persibo : Hery Prasetyo (GK), Viktor Dasilva, Steven Eko, Aries Tuansyah©, Mediansah, Samsul Huda, Abel Cello, Busari, Peire Secole, M Irfan, M. Hamzah. Pelatih : Sartono Anwar