Persis vs Persibo : Lawan Dibalut Masalah

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Persibo Bojonegoro kembali menargetkan kemenangan saat dijamu Persis Solo nanti sore pada laga lanjutan kompetisi divisi utama wilayah timur. “Kita targetkan harus menang,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha kemarin (15/2).

Sebelumnya, manajemen tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu juga menargetkan menang saat dijamu PSS beberapa hari lalu. Namun, tim polesan Sartono Anwar itu gagal memenuhi target karena hanya memetik hasil imbang.

Menurut Sartono Anwar, dibandingkan saat bertemu PSS, tim asuhannya saat ini lebih siap. Alasannya, striker andalan Varney Pas Boakay yang sebelumnya absen karena akumulasi kartu kuning, nanti sore bisa ditampilkan. Sementara pemain lainnya juga siap bertanding di Stadion Sriwedari Solo. “Karena itu kami bisa lebih optimistis dengan kekuatan penuh,” tuturnya.

Secara prestasi tim, Persibo lebih baik dibandingkan dengan Persis. Iswandi Da’i dkk saat ini nangkring di papan tengah klasemen sementara. Sedangkan Persis berada di zona degradasi alias juru kunci klasemen sementara.

Selain itu, kondisi internal Persis saat ini terganggu menyusul ditahannya Nova Zaenal akibat perkelahian antarpemain saat bentrok dengan Gresik United beberapa hari lalu. Bahkan, muncul rumor sebagian pemain Persis tak mau bertanding nanti sore apabila Nova tidak dilepaskan polisi.

Meski ada rumor pemain Persis mogok bertanding, Sartono tak ambil pusing. Dia tetap menyiapkan strategi permainan untuk meredam permainan tim tuan rumah. Menurut Sartono, anak asuhnya harus bermain normal dan bisa menjaga emosi, sehingga mereka tidak mengikuti alur permainan lawan. “Saya juga minta agar pemain tidak memandang bahwa lawan lebih lemah,” jelasnya.

Dia menambahkan, jika semua instruksinya dijalankan pemain, maka bukan tidak mungkin Persibo mampu unggul atas tim tuan rumah. “Yang jelas para pemain harus lebih sabar dan tenang untuk penguasaan bola, terutama saat berada di depan gawang lawan,” tuturnya. (ade)
(Radar Bojonegoro)