Polisi Siap Lucuti Atribut Bonekmania

Persibo BojonegoroLarangan panpel Persibo Bojonegoro bagi Bonekmania untuk datang ke Stadion Letjend H. Soedirman didukung aparat keamanan setempat. Kemarin (8/5), Polres Bojonegoro menyatakan siap “mengusir” Bonekmania yang mau menyaksikan laga Persibo melawan Persebaya besok sore.

“Aparat akan melucuti atribut suporter Bonekmania jika saat pertandingan besok ditemukan,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Agus Saripul Hidayat usai melakukan rapat pengamanan pertandingan Persibo lawan Persebaya.

Dalam rapat itu disepakati bahwa pendukung Persebaya tetap boleh datang ke stadion yang ada di Jalan Lettu Suwolo itu. Syaratnya, mereka tak menggunakan atribut tim berjuluk Green Force itu.

“Boleh menyaksikan pertandingan namun dengan atribut tidak resmi, bukan atribut suporter Bonekmania,” kata Hendy K., ketua panpel pertandingan Persibo.

Selain siap melucuti atribut Persebaya yang dikenakan suporter, Polres juga bakal melakukan sweeping terhadap penonton.

“Sweeping dilakukan disejumlah titik menuju ke area stadion,” imbuh Agus Saripul Hidayat.

Fokus sweeping itu ditujukan bagi Bonekmania. “Kalau ditemukan atribut Bonekmania langsung kami amankan,” ulangnya.

Meski demikian, suporter Persibo juga akan tetap di sweeping. Sebab bukan tidak mungkin diantara mereka ada yang membawa senjata tajam atau benda-benda yang bisa mengakibatkan kericuhan.

Untuk mengamankan pertandingan besok, Agus mengaku telah menyiapkan 900 personel. Mereka berasal dari Polres Bojonegoro, Polwil Bojonegoro, Brimob dan bantuan keamanan dari Polres Tuban.(rb/rij.wdi)