Polres Sterilkan Stadion

Polres Bojonegoro tidak mau kecolongan dalam pengamanan laga lanjutan Divisi Utama Liga Indonesia antara Persibo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Letjen H. Soedirman, nanti sore (10/5). Terbukti kemarin (9/5), polres setempat melakukan sterilisasi stadion.

Sterilisasi dilakukan dengan cara mengambil dan membersihkan berbagai batu, kayu, dan benda tumpul lainnya yang berada di dalam stadion. Sterilisasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Agus Saripul Hidayat itu memakan waktu satu jam. Dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 11.00.

Dalam sterilisasi, polres menerjunkan sekitar dua pleton (satu pleton berisi 32 personel) aparat gabungan dan satu pleton dari kesatuan Brimob. Selain itu, sterilisasi juga dibantu

oleh satpol PP dan sejumlah anggota Boromania, sebutan untuk pendukung Persibo.

“Sterilisasi ini untuk pengamanan sejak dini,” kata Kapolres di sela melakukan sterilisasi di stadion kemarin.

Agus menjelaskan, sterilisasi dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya aksi kekerasan. Sebab, batu, kayu dan benda tumpul lainnya bisa digunakan oleh suporter untuk melakukan tindak kekerasan. Benda-benda tersebut bisa mencederai orang lain, termasuk aparat.

Dalam sterilisasi stadion kemarin, aparat dan simpatisan berhasil mengamankan satu truk yang terdiri dari berbagai batu dengan ukuran beragam. Mereka juga mengumpulkan kayu dan benda tumpul lainnya.

Selain melakukan sterilisasi stadion, mulai tadi malam hingga laga usai nanti malam, polres akan melakukan sweeping dan pengamanan khusus di sejumlah titik yang dapat memicu kericuhan. Di antaranya, stasiun, terminal dan beberapa ruas jalan menuju stadion.

Sebab, bisa jadi tempat-tempat itu adalah titik kedatangan Bonekmania, sebutan untuk pendukung Persebaya, ke Bojonegoro. “Malam ini (tadi malam, Red) polres sudah melakukan sweeping. Sebab, biasanya satu hari sebelum pertandingan dimulai, bonek sudah berkeliaran,” ujar Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Suhariyono yang ditemui secara terpisah.

Tidakkah itu berlebihan? Dia menampiknya. Menurut dia, pasca insiden kericuhan yang dilakukan Bonekmania dalam laga Persebaya melawan Gresik United Kamis (7/5) lalu di Gresik, menjadi perhatian polres. “Ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Hariyono.

Sementara itu, dalam laga nanti sore, sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bonekmania dilarang menonton jika menggunakan atributnya. Panpel laga membolehkan Bonekmania melihat laga, asal menggunakan atribut tidak resmi atau pakaian yang tidak menandakan Bonekmania. Bahkan, aparat polres tak segan-segan akan melucutinya jika mereka tetap masuk dan mengenakan atribut Bonekmania dalam stadion. (rb/rij/wdi)

6 Responses to “Polres Sterilkan Stadion”

  1. prashommer
    May 10, 2009 at 7:34 am #

    Stuju pak…
    #1

    [Reply]

  2. bobo_harshavin
    May 10, 2009 at 8:14 am #

    Watu nggo spanduk piye?

    [Reply]

  3. BoRovers
    May 10, 2009 at 8:52 am #

    Apapun hasil pertandingan…yakin aman..damai ….kita bukan dan lain dng ultras ….pengamanan polres ok.

    [Reply]

  4. gaal Smasab0
    May 10, 2009 at 8:55 am #

    Apane seng dsweping…w0ng b0nek saiki wez ngebeki ngarep stadi0n k0k..

    [Reply]

  5. apri BORO KALTIM
    May 10, 2009 at 9:38 am #

    Jenenge ae Bonek. . .
    Yo ttp nekat budal

    [Reply]

  6. Doellah
    May 10, 2009 at 10:39 am #

    Damai damai!!keamanan zipp!

    [Reply]

Leave a Reply