Preview Persibo vs Persebaya

Dengan status pemuncak klasemen Indonesian Premier League (IPL), Persibo jelas tidak ingin malu di kandang. Apalagi laga melawan Persebaya di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, Sabtu (10/3) sore, merupakan pertandingan terakhir mereka pada putaran pertama IPL.Persibo saat ini mengantongi poin 17, hanya berselisih satu poin dengan Persebaya yang menghuni peringkat tiga.

Artinya, bila Persibo sampai kalah posisi mereka akan diambil alih oleh Persebaya. Karena itu menang menjadi harga mati bagi tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut. “Persebaya tim besar, kita hormat sama mereka. Tapi target kita sebagai tuan rumah tidak pernah berubah, harus menang,” kata asisten pelatih Persibo Wanderley Junior, Jumat (9/3).

Tiga pemain Persibo absen dalam pertandingan nanti, yaitu Novan Setia Sasongko yang terkena akumulasi kartu, serta Hari Syahputra dan Aris Tuansah yang masih dibekap cedera. Tapi Wanderley tak terlalu risau karena punya pemain pengganti dengan kualitas sama. Persibo tetap yakin dengan kekuatan mereka, lebih-lebih trisula kebanggaan Boromania yakni M Nur Iskandar, Samsul Arif dan Jairon Felciano bisa turun sekaligus.

Sebaliknya, Persebaya justru menghadapi situasi yang lebih buruk karena kehilangan empat pemain inti. Dua gelandang impor, Mario Karlovic dan Amaral tidak bisa main karena cedera. Karlovic mengalami dislokasi bahu, sedangkan Amaral cedera lutut. Jenderal lapangan tengah Taufiq tak bisa merumput karena akumulasi kartu kuning, sementara Andik Vermansah masih membela Timnas U-21 di ajang Hassanal Bolkiah Trophy 2012.

Wanderley toh tidak mau menganggap remeh lawan. “Tidak ada pertandingan yang mudah. Persebaya adalah tim besar dan punya stok pemain banyak,” imbuh eks pemain Persid Jember itu. Terpenting bagi pemain Persibo adalah berjuang maksimal di lapangan tanpa melihat siapa saja pemain Persebaya yang absen. Pria asal Brazil itu berharap pertandingan berjalan menarik sehingga pendukung kedua tim mendapatkan hiburan berkualitas. (ligaprima.co.id)