Promosi Ke ISL, Persibo Rombak 40 Persen Pemain

Promosi ke Liga Super Indonesia (ISL) tidak membuat Persibo Bojonegoro ongkang-ongkang kaki sambil berbangga diri. Tim sepak bola kebanggan warga Bojonegoro itu dituntut kerja keras agar tidak sekedar numpang lewat di kompetisi sepak bola level tertinggi di tanah air ini.

Usai pesta pora merayakan sukses merebut Juara Divisi Utama sekaligus lolos ke Liga Super, Persibo mulai menata skuadnya untuk berkiprah di ISL. Perombakan pemain menjadi fokus utama.

“Di sisi pemain, kita memang memiliki banyak kekurangan. Jadi, untuk berlaga di Liga Super nanti harus ada perombakan besar”, terang Sartono Anwar, pelatih Persibo.

Tak tanggung-tanggung sekitar 40 persen pemain akan dirombak agar Persibo sukses pada musim depan. “40 persen itu terdiri dari semua lini. Mulai lini depan, tengah dan belakang. Semua butuh suntikan tenaga baru agar kekuatan Persibo lebih hebat,” ungkap pelatih yang langsung mencukur gundul rambutnya setelah sukses membawa persibo menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia 2010.

Sayangnya Sartono belum bias menjelaskan secara detail siapa saja nama–nama pemain yang bakal dipinggirkan dan siapa pemain yang akan direkrut untuk memperkuat skuad Persibo. “Untuk detailnya, belum bisa sekarang. Kita masih perlu istirahat, setelah itu harus melakukan pembubaran manajemen. Kemudian, dibentuk lagi yang baru lagi dengan dilanjutkan agenda seleksi untuk menetukan siapa saja pemain Persibo dalam ajang ISL musin depan.” sambungnya.

Guna mematangkan tim untuk bertanding di Liga Super, menurut mantan pelatih PSIS ini, Persibo butuh waktu persiapan satu sampai dua bulan. Tujuannya, setiap pemain benar-benar pas diposisinya masing-masing. Tak lain, tujuan utamanya supaya Persibo bisa melanjutkan karir juaranya sebagai pemenang Liga Super musim depan.

Terkait kebutuhan pemain, manajemen Persibo juga sudah melakukan berbagai persiapan pendanaan. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan manajemen mengenai pembiayaan Persibo. Termasuk dana untuk pemain maupun pembenahan stadion. Selain dari APBD, sejumlah sponsor juga sudah siap memberi suntikan dana.” tegas Bupati Bojonegoro Suyoto.

Dikatakan Suyoto, beberapa perusahaan yang telah menyatakan siap mensponsori Persibo di antaranya PT Mobil Cepu Ltd (MCL), Pabrik Rokok 369, Media Grup dan lain sebagainya. “Banyak perusahaan yang sejak awal terus mendukung Persibo. Termasuk kendaraan operasional kita juga sumbangan dari sponsor.” terang Suyoto.(surya)