PSIM vs Persibo : Butuh Poin Penuh

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Nanti sore Persibo Bojonegoro akan meladeni tuan rumah PSIM Jogjakarta dalam lanjutan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia. Dalam laga yang akan dilangsungkan di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta ini Persibo ditargetkan meraih hasil maksimal. Jika nanti sore gagal meraih poin penuh, peluang Persibo naik ke papan atas akan sulit.

Sebab, meski menang pun, posisi Persibo masih tergantung pada pertandingan tim lain. Apalagi, kalau kalah. Dipastikan, posisi Persibo terpuruk ke papan bawah klasemen sementara. Karena itu, hasil maksimal menjadi wajib hukumnya dalam pertandingan nanti sore.

Dalam sejarah sepak bola, Persibo baru dua kali bertemu dengan PSIM. Pertemuan itu adalah di babak empat besar Divisi I 2005. Saat itu, Persibo kalah dengan skor telak 4-2 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Bandung.

Sementara pertemuan terakhir adalah saat putaran pertama kompetisi Divisi Utama Agustus tahun lalu. Meski bermain sebagai tuan rumah di Stadion Wilis Madiun, karena Stadion Letjen H. Soedirman dalam perbaikan, tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini ditahan imbang 1-1 oleh PSIM.

Namun, dalam pertemuan nanti sore Persibo bisa dikatakan lebih siap. Sebab, saat ini Persibo telah memiliki pelatih. Sementara, pada pertemuan putaran pertama lalu Persibo

ditinggal Gusnul Yakin ke Arema Malang. Meski demikian, yang menjadi beban berat Persibo adalah selain ditargetkan poin penuh, laga ini berlangsung di kandang PSIM. Sehingga, tentu PSIM tak ingin malu di hadapan pendukungnya sendiri. “Meski di atas kertas unggul kita tidak boleh meremehkan,” kata Pelatih Persibo Sartono Anwar. Dia menjelaskan, saat ini kondisi para pemainnya cukup bagus serta tak ada masalah lagi.

Agusmanto Gantikan A. Gani
Bahkan, pengganti pemain belakang A. Gani Pulhele pun sudah ditentukan. Pilihannya adalah memainkan Agusmanto sebagai pengganti Gani. “Saat melawan Persiba Bantul kita main bagus dan banyak peluang. Tetapi sedikit peluang yang menjadi gol. Itu saja,” katanya.

Sartono menegaskan, kekalahan atas Persiba sudah dilupakan. Dia berharap anak asuhnya bisa bermain maksimal serta memberikan hasil yang maksimal untuk tim. “Kita butuh poin agar bisa menembus papan atas,” tegasnya. (rb/ade).