PSMS Waspadai Trisula Persibo

Persibo dan PSMS Medan yang akan bertemu di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, Minggu (29/1), mengemban misi sama. Tuan rumah tak ingin kalah karena sedang berjuang merebut posisi puncak klasemen Indonesian Super League (IPL), sedangkan PSMS tak mau pulang ke Medan dengan tangan kosong.

PSMS kali ini lebih siap. Tidak ingin kekalahan 1-4 dari Persema, Senin (23/1), terulang, Fabio Lopez menyiapkan antisipasi jelang laga keenam tersebut. “Saya masih tidak habis pikir dengan apa yang terjadi di pertandingan sebelumnya. Tapi yang jelas, seperti juga dengan tim tuan rumah, kami juga bertekad meraih angka,” ujar Fabio Lopez, Sabtu (28/1).

Tidak seperti laga sebelumnya yang tanpa adaptasi main malam hari, sore tadi Vagner Luis dan kawan-kawan telah mencoba rumput stadion pada jam yang sama dengan jadwal pertandingan. Tapi Fabio tampaknya tidak terlalu memedulikan kekuatan lawan. Tidak ada persiapan teknis luar biasa jelang pertandingan lawan Persema. “Semua pertandingan kami persiapkan biasa saja, tidak ada yang luar biasa,” beber pelatih 38 tahun tersebut.

Masalah yang dihadapi PSMS adalah kondisi fisik pemain. “Dua belas hari hari di luar kota berpindah-pindah tentu jadi hal yang kurang baik. Mudah-mudahan tim tidak bermain di bawah performa,” beber mantan pemandu bakat tim Liga Serie A Italia, Atalanta dan Fiorentina FC, itu. Kata Fabio, PSMS harus mampu keluar dari tekanan Persibo di menit-menit awal. Pasalnya lawan yang tampil di hadapan pendukung sendiri tentu berambisi mencetak gol lebih cepat.

Benteng PSMS yang dijaga Vagner Luis, Fadli, dan pemain lain harus mampu mengawal kecepatan striker Persibo seperti Samsul Arif, Jairon Feliciano, maupun M Iskandar. Untuk mencuri poin, counter attack bakal jadi senjata PSMS dengan permainan dari ke kaki lewat Julio Cesar Alcorse dan Jecky Pasarela. Jika efektif, hal tersebut akan berhasil baik.

Persibo sendiri bakal memaksimalkan peluang bola-bola mati untuk mencetak gol ke gawang PSMS. “Selain bola mati, kami akan memanfaatkan status tuan rumah untuk menang. PSMS main di kandang lawan, tentu berpengaruh terhadap mental pemain,” katanya asisten pelatih Persibo Wanderley Junior.

Dia berharap saat menjamu PSMS pasukannya lebih fight dan fokus sepanjang pertandingan. Setelah kalah 0-2 dari Bontang FC pada pertandingan sebelumnya, Persibo tak ingin gagal lagi mengamankan tiga poin. Wanderley berharap Samsul Arif dan kawan-kawan bisa kembali ke performa terbaiknya. “Kami berharap anak-anak bisa kembali ke permainan terbaik saat menjamu PSMS Medan nanti,” ujar mantan pemain Persid Jembe itu. (Sumarlin)

Prakiraan Susunan Pemain

PSMS: Decky Ardian (G), Safrudin Tahar, Vagner Luis, Fadly Hariri, Erwinsyah Hasibun, Marwin Hanafi, Ahn Hyo Yeon, Heri Suwondo, Andrea Abu Bakar, Jecky Pasarela, Julio Cesar Alcorse.

Persibo: Fauzi Toldo (G), Aang Suparlan, Lexe Anderson, Hary Syahputra, Novan Setya, Mekan Nasirov, Edi Sibung, Gustavo Ortiz, Samsul Arif, Jairon Feliciano, M Iskandar

(ligaprima.co.id)