PSS Sleman vs Persibo : Menang Peringkat

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Nanti sore Persibo Bojonegoro kembali melakoni laga lanjutan kompetisi divisi utama wilayah timur. Tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu akan meladeni tuan rumah PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Manajemen tim Persibo menargetkan menang di laga ini. Sebab, secara peringkat di klasemen sementara, Persibo lebih berprestasi dibandingkan calon lawannya. Tim polesan Sartono Anwar itu menempati posisi enam di klasemen sementara dengan 21 poin hasil 6 kali menang, 3 kali seri, dan 6 kali kalah. Sementara PSS Sleman berada di peringkat kesepuluh klasemen sementara dengan 17 poin, hasil 4 kali memang, 5 kali seri, dan 7 kali kalah.

Selain itu, performa PSS saat ini juga menurun. Dia dua laga terakhir, mereka gagal mengemas poin. PSS ditekuk tuan rumah Persema Malang dengan skor 3-1 dan Persekabpas Pasuruan dua gol tanpa balas. “Kami harus menang untuk bisa tetap jaga peluang lolos ke superliga,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha.

Sementara pelatih Persibo Sartono Anwar meminta Iswandi Da’i dkk tak terbebani dengan target tersebut. “Saya hanya minta anak-anak bermain normal dan lepas,” katanya kepada Radar Bojonegoro.

Arif Kurniawan Gantikan Posisi Varney
Pelatih suka bertopi itu juga sudah menyiapkan pengganti striker Varney Pas Boakai yang absen karena menjalani hukuman akumulasi kartu. Menurut dia, duet Samsul Arif dan Arief K akan menjadi tumpuan Persibo untuk menggedor jala gawang lawan. Keduanya bakal ditopang Abel Cellow Quioh sebagai second striker.

“Saya harap dia (Arif Kurniawan, Red) bisa menggantikan peran Varney dengan baik,” harap Sartono dalam sesi latihan pagi kemarin.

Diungkapkan, setajam Syamsul, Arif juga memiliki naluri mencetak gol tinggi. Beberapa gol sudah disumbangkan pemain bernomor punggung 31 ini.

“Saat Persibo mengalahkan PPSM Magelang, dia juga menyumbangkan gol,” ungkapnya.

Hanya, lanjut Sartono, absennya Varney memang cukup mengurangi kekuatan timnya. Alasannya, selama ini Varney selalu menjadi tumpuan lini depan Persibo bersama Syamsul.

“Keduanya bisa saling mengisi,” urainya.

“Kalau untuk Yoseph Amoah (pemain baru Persibo) masih akan saya lihat sampai detik terakhir sebelum pertandingan guna memastikan kondisinya,” kata Sartono.

Dia berpesan kepada anak asuhnya agar bermain lebih sabar supaya bisa mencetak gol. Selain itu, dia juga berharap tim polesannya tidak terpancing emosi saat berlaga di hadapan pendukung tuan rumah. Apalagi, beberapa pemain Persibo saat ini sudah mengantongi satu kartu kuning. “Juga jangan terpengaruh dengan ritme permainan lawan. Kita masih punya laga tandang di Solo setelah ini,” ingatnya. (ade).
(Radar Bojonegoro)