PSS Sleman vs Persibo : Tahan Imbang “Elang Jawa”

Liga Indonesia Divisi utama 2008/2009Bermain di hadapan pendukungnya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, “Elang Jawa” hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Persibo Bojonegoro.

Tampil menggunakan fomasi andalan 4-4-2, PSS langsung menyerang dan menyulitkan barisan pertahanan Persibo. Tercatat, Slamet Nurcahyo cs berhasil menciptakan tujuh peluang mencetak gol di babak pertama. Bahkan, Slamet sendiri yang mencetak gol pada menit ke-8.

Gol bermula dari umpan gelandang Anang Hadi yang disambut dengan gerakan cepat Slamet menusuk pertahanan Persibo. Setelah berhasil melewati satu pemain belakang, Slamet langsung berhadapan dengan kiper Heri Prasetyo. Gerakan maju Heri untuk menutup peluang gol tidak membantu banyak ketika kaki Slamet lebih dulu berhasil menyontek bola ke gawang.

Selanjutnya, PSS kembali mendominasi permainan dengan menciptakan beberapa peluang melalui striker Sinangjono, Busari, dan Slamet. Persibo yang mengandalkan serangan balik juga berhasil menciptakan beberapa peluang emas.

Di antaranya melalui striker Samsul Arif dan Abel Cielo. Namun, penyelesaian akhir yang kurang baik ditambah penampilan cemerlang kiper PSS Agung Prasetyo dalam mementahkan peluang, membuat skor tak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, Persibo berbalik sedikit menguasai keadaan setelah memasukkan gelandang Yonas Sineren menggantikan Arif Kurniawan yang tak berkembang pada babak pertama. Hasilnya, permainan Persibo menjadi lebih hidup .

Gol penyeimbang kedudukan pun tercipta pada menit ke-50 melalui sontekan Samsul Arif. Bermula dari tendangan bebas Abel Cielo dari jarak dua meter di luar kotak penalti PSS, tepisan Agung yang tidak sempurna membuat bola jatuh di kaki gelandang Nurhidayat. Bola kemudian diumpan kepada Samsul yang telah berada di bibir gawang. Dengan satu sentuhan, Samsul yang tak terkawal berhasil membobol gawang PSS.

Setelah gol itu, kedua tim menerapkan permainan terbuka dan silih berganti menyerang. Namun, hingga peluit akhir ditiupkan wasit Khusni, skor tidak berubah tetap 1-1.

Usai pertandingan, Manajer PSS Rumadi mengaku sangat kecewa dengan hasil seri ini. Pasalnya, peluang PSS untuk memperbaiki peringkat jadi terbuang setelah dalam dua pertandingan tandang terakhir kalah.

Sementara itu, Pelatih Persibo Sartono Anwar mengatakan bisa menerima hasil imbang ini meski awalnya menargetkan menang. “Terus terang kami terkejut melihat permainan PSS sore ini. Tadinya, kami pikir bisa menang setelah sempat melihat penampilan mereka di Pasuruan,” katanya. (ENG)
(Kompas.Com)

PSS Sleman:
22. Agung Prasetya (PG), 34. Felix Ndukwe (2. Fachrudin Wahyudi 64′), 32. Peter Lipede, 52. Anwarudin Sinangjono, 20. Anang Hadi S. (86. Hasan Basri 70′), 24. Busari Slamet, 11. Slamet Nurcahyo, 6. Abda Ali, 23. Agus Purwoko, 81. Kukuh Andriyono

Persibo :
1. Hery Prasetyo (PG), 6. Muhammad Hamzah, 13. Akhmad Aries Tuansyah, 18. M. Gani Pulhele, 3. Achmad Sumardi, 10. Abel C. Quioh, 15. Iswandi Da’i, 22. Morrys Power Bayour, 88. Nurhidayat, 17. Arif Kurniawan (28. Yonas Sineren 46′), 9. Samsul Arif