Saatnya Ukir Sejarah

Membawa pulang trofi juara! Itulah yang kini ada dibenak seluruh komponen Persibo Bojonegoro. Nanti malam, tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini akan mencoba mengukir sejarah baru sebagai juara kompetisi divisi I. Tim polesan Gusnul Yakin itu akan menjajal kekuatan Persikad Depok dalam laga pamungkas di Stadion Manahan Solo.

Konfidensi tinggi kini menyelimuti skuad Persibo. Selain semua pemain bisa ditampilkan, tim kebanggaan warga Kota Ledre itu juga akan mendapatkan dukungan sekitar tiga ribu suporter. Abdul Karim, presiden Boromania, salah satu kelompok pendukung Persibo, menjelaskan, sedikitnya 25 bus siap mengangkut suporter menuju ke Solo. “Jumlahnya lebih besar dibandingkan Jumat lalu.” katanya.

Pelatih Gusnul Yakin optimistis anak asuhnya bisa mengatasi perlawanan Persikad dan membawa pulang gelar juara divisi satu. “Asalkan anak-anak fokus, insya Allah gelar juara bisa dibawa pulang,” katanya.

Pelatih asal Malang itu menuturkan, meski Persikad bermain tanpa satu pilar yang dikartu merah saat melawan Mitra Kukar Jumat lain, beberapa pemain lain asal Depok itu tetap harus diwaspadai. “Namun kami tidak menginstruksikan mengawal pemain,” akunya.

Gusnul menambahkan, dirinya telah menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di lapangan nanti. Sebab, bukan tidak mungkin pertandingan nanti harus berakhir dengan perpanjangan waktu. “Termasuk mungkin juga drama adu penalti. Kami sudah siapkan algojo untuk itu,” tuturnya.

Menurut dia, pertandingan nanti malam adalah laga terakhir dari kompetisi yang dijalani. Karena itu, dia berharap para pemainnya tampil habis-habisan. “Sebab kalah menang ini pertandingan terakhir,” ujarnya. Sebagai suntikan semangat, manajemen Persibo juga telah menyiapkan bonus kemenangan Rp 50 juta. Persibo dan Persikad sebenarnya pernah bertemu pada babak penyisihan zona Jawa kompetisi divisi II beberapa tahun lalu. Persibo yang ketika itu diasuh Jamrawi harus mengakui keunggulan Persikad depok dengan skor tipsi 1-0 di Stadion Sriwedari Solo.

Sementara itu, pelatih Persikad Meiyadi Rakasiwi menyatakan bahwa Persibo adalah lawan yang berat. Kondisi anak asuhnya, lanjut dia, saat ini belum fresh sepenuhnya karena tenaga pemain terkuras saat melawan Mitra Kukar. “Meski demikian kami optimistis dengan pertandingan besok (hari ini, Red),” katanya.
Perkiraan Pemain:

Persikad Depok (4-4-2): (seragam biru-biru):
21-Irfan Dodi (g), 16-Herman K., 2-H. Ismail Idris, 13-Guntur Rizal, 99-Nana Onana, 11-A. Manan, 5-Nana Priatna, 10-Yusuke Sasa, 9-Irfan Safari,30-M.Husein, 12-Junior
Cadangan:
1- Dicky Zulkarnaen, 3-Amrico, 31-Fadly Idris, 15-Dede Ariandi, 23-Suheri.
Pelatih Meiyadi Rakasiwi

Persibo : 3-5-2 (oranye dan celana hitam):
20-Saifudin (g), 11-Abdul Kholik, 3-Patrick Nuku, 26-Awono Kristophe, 25-Bambang Sumantri, 8-Reiggi Raidityo, 13-M Budiana, 15-Iswandi Dai, 30-Neba Hysan, 28-Ali Usman, 7-Varney Pas Boakai
Cadangan:
4-Agus Manto, 22-Nugroho Brahmantiko, 2-Novan Setya, 23-M.Zaini, 27-M.Nasrin, 29-Roni Irawan, 19-Samsul Arief
Pelatih : Gusnul Yakin.
Stadion: Manahan, Solo
(sumber: Radar Bojonegoro / Website Pemkab Bojonegoro)