Saatnya Young Guns Beraksi

Persibo Bojonegoro bakal memberikan kesempatan besar kepada pemain-pemain muda untuk unjuk diri. Dipanggilnya sejumlah pemain ke tim nasional (Timnas) membuat Pelatih Persibo, Paulo Camargo menyiapkan skenario memainkan pemain yang selama ini belum mendapat kesempatan lebih.

Pemain yang mengikuti pemusatan latihan timnas adalah Nur Iskandar, Samsul Arif, Jajang Paliama, Novan Setya serta Sigit Meiko Susanto. Dengan hilangnya pemain-pemain itu, praktis Persibo harus memanfaatkan pemain yang selama ini lebih sering duduk di bangku cadangan.

Lini depan tampaknya lebih membutuhkan perubahan besar karena dua pemain sekaligus harus terlibat di timnas. Kepergian Samsul Arif dan Nur Iskandar di sisi lain menjadi ‘kabar gembira’ bagi pemain muda macam Wahyu Teguh, Bijahil Chalwa, maupun Syahroni.

Paling tidak mereka akan mendapatkan kepercayaan untuk mengganjal posisi yang ditinggalkan Samsul dan Iskandar. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Jajang, Novan serta Sigit lebih mudah mengantisipasinya karena ada beberapa pemain senior yang bisa diposisikan di sana.

“Saya tak bisa menolak ketika pemain dipanggil timnas, karena itu juga sebagian dari kesuksesan tim ini. Kami mengalami kekurangan pemain dan akan menurunkan banyak pemain muda di tim. Namun tak ada keraguan karena saya percaya dengan kemampuan pemain yang ada,” tutur Paulo Camargo.

Kepercayaan diri Paulo Camargo rupanya sudah sangat tinggi terhadap kemampuan timnya. Walau bakal pincang di pertandingan menjamu Persema Malang pekan ini, ia tampak tenang dan tak mengubah target apa pun kecuali kemenangan. Ia yakin timnya masih mampu meneruskan tren kemenangan.

Pelatih asal Brasil ini beranggapan apa yang dialami Persibo Bojonegoro juga dialami banyak tim IPL lainnya yang harus kehilangan pemain untuk kebutuhan timnas. “Persema Malang, Persebaya, banyak tim yang kehilangan pemainnya. Kondisinya sama dan tergantung bagaimana menyiasatinya,” tambah Camargo.

Memang, jelang pertandingan menjamu Persema Malang di Stadion Letjen H Soedirman, kondisi kedua tim nyaris serupa. Walau Persibo lebih banyak kehilangan pemain, namun calon lawan juga bakal pincang karena tak bisa menurunkan dua bintangnya, Irfan Bachdim, Sukasto Efendi, dan Kim Kurniawan.

Walau Persibo lebih banyak kehilangan pemain, tapi tim Oranye lebih beruntung di sisi mental. Itu jika melihat kondisi Persema yang belakangan semakin parah didera krisis finansial sehingga tak mampu menggaji pemain dan manajemen selama berbulan-bulan. Camargo bisa mengambil keuntungan dari faktor non-teknis tersebut.

Pertandingan lawan Persema adalah laga kelima Persibo di putaran dua IPL. Dari empat laga sebelumnya (satu home, tiga away), Laskar Angling Dharma berhasil membajak enam angka dari kandang Persijap Jepara dan Persija Jakarta. Catatan ini yang patut diwaspadai Persema.
(Kukuh Setiawan/Koran SI/fir)

6 Responses to “Saatnya Young Guns Beraksi”

  1. akbar_cgn
    May 3, 2012 at 12:34 pm #

    mantapppp

    [Reply]

  2. Boro Pinggiran
    May 3, 2012 at 1:18 pm #

    Sippptz… Semoga hasil positif tetap terjaga sampai ahir kompetisi.

    [Reply]

  3. aku boromania
    May 3, 2012 at 2:47 pm #

    semoga menang n dapet poin penuh

    [Reply]

  4. yudha
    May 3, 2012 at 3:46 pm #

    main kandang wajib menang !

    [Reply]

  5. vinchent
    May 3, 2012 at 7:43 pm #

    tren kemenangan, hilangkan jago kandang

    [Reply]

  6. fanz
    May 4, 2012 at 10:48 pm #

    lanjutkan matooooooooooooooooh

    [Reply]

Leave a Reply