Sama-Sama Buta Kekuatan

Liga Primer Indonesia: Persibo vs Batavia Union
Setelah kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (8/1), giliran Persibo yang akan menjamu Batavia Union, Minggu (9/1) sore.

Kedua tim belum pernah bertemu. Pelatih Persibo Sartono Anwar mengaku buta kekuatan lawan. Begitu juga sebaliknya, pelatih Batavia Union Roberto Bianchi yang membesut tim asal Jakarta itu juga kurang mengenal permainan Aris Tuansyah dan kawan-kawan.

Oleh karena itu, dukungan melimpah dari para suporter akan sangat membantu perjuangan tim asal Kota Ledre saat menjalani laga prestisius di kandang sendiri. Apalagi, laga tersebut rencananya akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi partner LPI.

Harapan itu disampaikan langsung oleh Sartono dan juga presiden Boromania Basar. Sebab, hingga launching kemarin, ada sebagian pendukung fanatik Persibo yang masih menolak bergabungnya Persibo ke LPI.

“Semoga saja semuanya akan bisa ke stadion dan meng-oranye-kan Stadion Letjen H Soedirman,” terang Sartono.

Mengenai formasi yang akan diturunkan, kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Di barisan depan tetap akan diisi oleh Samsul Arif dan diduetkan dengan Dicky Firasat, yang sudah menemukan permainannya kembali. Sedangkan di sektor gelandang terdapat M. Irfan, Iswandi, Jajang Paliama maupun Wallacer yang permainannya luar biasa.

Ditanya mengenai keberadaan Batavia Union, Sartono mengaku kurang mengetahui secara pasti. Tetapi, ada beberapa pemain yang cukup dikenal permainannya, termasuk Javier Rocha.

“Kami yakin, di laga perdana ini poin maksimal bisa didapat,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Wanderly, asisten pelatih Batavia Union. Menurutnya, Bojonegoro mempunyai tradisi sepakbola yang luar biasa.

“Mereka bisa merangkak dari bawah, hingga sampai di puncak,” jelasnya.

Semua itu tidak didapat dengan cuma-cuma, melainkan dengan kerja keras dan semangat tim. Ia sendiri pernah merasakan selama satu kompetisi pada tahun 2006 di Persibo Bojonegoro saat itu.

“Namun, saat ini kami berada di Batavia Union dan ingin memberikan yang terbaik,” tegasnya.

Ia berharap, kolektivitas tim yang dimiliki Persibo bisa diimbangi oleh para pemainnya. Ia cukup bisa mengandalkan beberapa pemain yang dimilikinya sekarang ini.

“Yang kami waspadai adalah striker mungil, Samsul Arif. Sebab, ia cukup lincah dan bisa merepotkan,” sambungnya. (gk-25/goal.com)