Samsul Arif Berpeluang Raih Top Skor

Kado Ultah, Cetak Dua Gol ke Gawang PPSM
Samsul ArifSamsul “The Golden Boy” Arif mampu menarik perhatian sepak bola Indonesia dalam dua musim terakhir. Kostum timnas U-23 pernah dia kenakan pada Piala Kemerdekaan 2008.

Selain Mitra Kukar (Kutai Kartanegara), nama Persibo Bojonegoro masuk sebagai tim kejutan di Copa Indonesia IV. Dua tim anggota Divisi Utama itu mampu membuat kontestan Djarum Indonesia Super League (DISL) 2008/2009, level tertinggi kompetisi sepak bola di tanah air, harus tersingkir pada babak pertama atau 48 besar.

Jika Mitra yang diasuh Nus Yadera mengalahkan PSM Makassar, Persibo membuat malu Arema Malang.

Pilar Persibo yang pantas diacungi jempol adalah Samsul Arif. Bahkan, saat ini penyerang berusia 23 tahun asal Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro itu tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sementara dengan koleksi lima gol.

Tiga di antara donasi lima gol tersebut dicetak ke gawang Singo Edan -julukan Arema. Sedangkan satu gol lain dihasilkan di kandang Arema dan dua gol di Stadion Wilis, Madiun, “kandang” Persibo. Dua gol tersebut diceploskan Samsul ke gawang PPSM Magelang Selasa lalu (13/1).

Di urutan kedua menyusul penyerang pujaan Boromania -suporter Persibo- yang juga merupakan duet Samsul Arif dilini depan Persibo, Varney Pas Boakay dengan torehan tiga gol, disusul kemudian pemain Persijap, Pablo Alejandro dan pemain Persela, Jimy Suparno masing-masing juga dengan tiga gol.

“Peluang Samsul Arif bisa meraih top skorer memang ada, karena masih ada sejumlah pertandingan di ajang Copa Indonesia,” kata Asisten Manajer Teknik Persibo, Imam Sardjono, Rabu.

Yang menarik, dua gol itu punya arti tersendiri bagi Samsul. Sebab, dia merayakan ulang tahun ke-23 tanggal 14 Januari kemarin.

“Saya anggap dua gol ke gawang PPSM tersebut sebagai kado ulang tahun. Selasa lalu, saya memang tampil sangat bersemangat untuk bisa mencetak gol,” jelasnya.

Hasilnya, semangat Samsul itu menular kepada rekan-rekannya. Anak asuh Sartono Anwar tersebut pesta gol dengan hasil 6-0 pada first leg babak 24 besar Copa Indonesia IV. Hasil itu sekaligus memperbesar peluang Persibo untuk menembus 16 besar.

“Bagi saya, status pencetak gol terbanyak sementara bukan suatu beban. Yang penting, Persibo bisa menang. Itu sudah jadi kebahagiaan tersendiri,” ucapnya.

Menurut pemain yang sangat mengidolai Lionel Messi ini menyatakan, lima gol yang sekarang berhasil dicetak tersebut sifatnya masih sementara. Tetapi, dia mengaku akan berjuang maksimal untuk kemenangan tim, tanpa harus berambisi untuk menjadi pencetak gol terbanyak.

“Bagi saya, yang penting tim Persibo harus bisa menang dulu dalam laga copa ini,” katanya dengan nada merendah.

Dia juga berharap penampilan gemilangnya bersama Persibo kembali memikat PSSI. Tujuannya, dia kembali dipercaya membela timnas U-23 yang bakal berlaga dalam SEA Games 2009 Laos.

Sebenarnya, penyerang yang sudah tiga musim membela Persibo tersebut pernah dipercaya mengenakan kostum Merah Putih. Itu terjadi saat dia membela timnas U-23 di Piala Kemerdekaan 2008.

Samsul dua kali dipercaya berlaga dalam even yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tersebut. “Semoga saya bisa membela timnas lagi. Tapi, konsentrasi saya tetap ingin membawa Persibo berprestasi,” tegasnya.

Musim lalu, kerja keras Samsul mampu membawa Persibo juara Divisi I Nasional. Raihan tertinggi yang pernah dicapai daerah yang berbatasan dengan Blora, Jawa Tengah (Jateng) tersebut.

Duetnya bersama penyerang asing, Varney Pas Boakay, membuat lawan-lawan Persibo keder. Kini, keduanya kembali dipercaya menjadi tandem tim asal Kota Ledre itu.

“Saya sudah saling memahami dengan Varney,” terang Samsul.

Tapi, dia mengakui, proses masuk sebagai pemain inti di Persibo bukan hal mudah. Dia sempat merasakan rasanya duduk manis di bangku cadangan.

BIODATA
Nama : Samsul Arif
Usia : 23 Tahun
Lahir : 14 Januari 1986
Karir klub :
– 2005 PS Gagak Rimang
– 2006 Porda Blora
– 2006-… Persibo
Karir timnas:
– 2008 Timnas U-23 Piala Kemerdekaan

Pengen berkenalan dan ngobrol dengan Samsul? Kunjungi langsung Friendster Samsul Arif
(diolah dari JP, KL)