Sang Pembunuh Raksasa Kembali Berjaya

Dikirim oleh : Purnomo, Fphoer (fphoer_ring@yahoo.com)

Persibo bungkam Pelita Jaya Jawa Barat dengan skor tipis 4 – 3.

Copa IndonesiaHari yang sangat menentukan berhasil dilalui Persibo Bojonegoro dengan mulus, tim berjuluk Laskar Angling Dharma itu mampu menumbangkan tamunya Pelita Jawa Barat dengan skor tipis 4 – 3 pada leg kedua babak 16 besar Copa Dji Sam Soe Indonesia di stadion Letjend Soedirman. Dengan hasil ini, maka Persibo berhak melaju ke babak 8 besar piala Indonesia. Dengan mengemas keunggulan agregat gol 5 -3, seperti diketahui pada leg pertama di stadion Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung Iswandi Da’i dkk unggul 1-0 atas Pelita Jawa Barat. Sukses itu mampu mengantar Persibo lolos ke babak perempat final Copa Indonesia

Jalannya Pertandingan
Tampil di depan ribuan pendukung fanatiknya Persibo bermain cukup lamban pada menit-menit awal dimulainya babak pertama, sehingga tim tamu berhasil memanfaatkannya dengan menciptakan gol lewat kaki Jusmadi pada menit ke 21, tertinggal satu gol menjadikan pertandingan semakin menarik dan tidak lama berselang kapten Persibo, Iswandi Da’i berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti, pada menit 25. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua Persibo terlihat lebih mendominasi permainan sehingga banyak peluang tercipta, memasuki menit ke 60 melalui umpan manis Abel Yellow, mantan pemain Persikab, Kabupaten Bandung Nur Hidayat mampu melesakkan gol ke gawang Pelita, sedangkan gol ketiga di lesakkan oleh striker andalan Persibo Samsul Arif, pada menit 70 melalui sundulan kepala. Dengan tambahan satu gol menjadikan pemain tersebut mencatat rekor selalu menciptakan gol disetiap laga copa Indonesia dan menambah koleksi pundi-pundi golnya menjadi yang kedelapan. Gol keempat Persibo di ciptakan oleh striker asing asal Liberia berusia 25 tahun Varney Pas Bokay dimenit 75, gol tersebut merupakan gol penutup bagi tuan rumah.

Merasa diatas angin menjadikan lini pertahanan anak asuh Sartono Anwar lengah sehingga kesebelasan Pelita dapat mencuri gol melalui James Kokolomel melalui titik penalti akibat pelanggaran yang dilakukan oleh pemain belakang Persibo, Novan Setya pada menit 78, memasuki menit-menit akhir babak kedua pemain yang baru dimasukkan pelatih Fandy Ahmad pada babak kedua ini kembali menciptakan gol yang sangat cantik dengan menjantuhkan badannya guna melakukan tendangan salto akhirnya gol ketiga kembali tercipta bagi kubu Pelita Jawa Barat tepatnya menit 91. Gol ketiga pemain tersebut sekaligus sebagai gol penutup bagi pertandingan Persibo melawan Pelita.

Persibo Bojonegoro yang merupakan tim jawara Divisi Satu musim lalu dapat mengukir sejarah untuk kali pertama mampu menembus babak 8 besar pada turnamen Copa Dji Sam Soe ini, selain itu salah satu striker andalannya juga masih berpeluang untuk menyabet gelar top skor karena sudah mengoleksi 8 gol. Sementara di kubu tim tamu kekalahan tersebut menjadi duka yang mendalam karena harus takhluk di tim sekelas Persibo Bojonegoro dengan agreegat 5 -3. Kekalahan tersebut tentunya sangat menyakitkan bagi pelatih Fandy Ahmad yang selama beberapa pertandinga sebelumnya tidak bisa mendampingi anak asuhnya karena harus pulang ke negara asalnya Singapura.

Sedangkan bagi tuan rumah hasil yang diperoleh Persibo tentunya dapat membuat Boromania bangga, bagaimana tidak tim yang notabennya merupakan penghuni kasta divisi utama mampu menjungkalkan tim liga super sekelas Pelita Jawa Barat yang dihuni oleh beberapa punggawa timnas, meski dari kasta yang berbeda tidak terlihat perbedaan yang mencolok ketika pertandingan sedang berlangsung sehingga pertandinganpun berlangsung dengan sangat seru. Malah sebaliknya, pemain Persibo yang didukung oleh ribuan Boromania dapat mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang terutama pada babak kedua. Sehingga tidak salah kalau Persibo mampu memenangkan pertandingan dengan skor akhir 4-3.

Seusai pertandingan striker Persibo, Samsul Arif, mengaku sangat senang dengan lolosnya Persibo ke babak 8 besar, apalagi dia juga mampu menyumbang sebiji gol bagi kemenangan Persibo, pemain yang memiliki kecepatan luar biasa ini juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Boromania yang selalu memberikan dukungan moral ketika Persibo bertanding. Mudah-mudahan kedepan kami dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bojonegoro umumnya dan Boromania khususnya.