Sartono Anwar : Tak Bisa Lepas Dari Sepakbola

“Saya tidak bisa lepas dari sepak bola. Saya siap kecewa”

Lelaki itu telah menyerahkan hidupnya pada lapangan rumput hijau sejak bertahun-tahun lalu. Bahkan dia rela meninggalkan hidup yang mapan: gaji dan bonus yang tertib di Pertamina serta jadwal kerja yang jelas. Semuanya ia tinggalkan demi bola dan lapangan rumput hijau.

Meski dunia sepak bola kerap mendatangkan frustrasi, “Saya tidak bisa lepas dari sepak bola. Saya siap kecewa,” kata Sartono sambil membetulkan topinya.

sartono anwarSartono melakoni dunianya dengan sabar. Baginya, hari-hari sepak bola adalah hari-hari yang menyenangkan. Seperti pagi itu, setelah memberikan sesi latihan, Sartono bercengkerama dengan para pemain. Dia mengobrol santai dengan para pemain di pinggir lapangan dan kamar ganti. Itu adalah cara Sartono menjaga kedekatan dengan timnya.

Bagi publik sepak bola Semarang, Sartono adalah legenda. Selain pernah memperkuat tim itu pada 1970-an, pelatih yang identik dengan topi pet inilah yang pertama kali sukses menghantarkan Mahesa Jenar, julukan PSIS Semarang, menjadi juara divisi utama mengalahkan Persebaya pada 1987. Masyarakat Semarang rindu merayakan pesta kemenangan serupa. Terakhir mereka merayakan kemenangan pada 1999.

Karier sepak bola bapak tujuh anak ini dimulai sejak usia 13 tahun. Saat itu Sartono muda bergabung di klub Sport Supaya Sehat (SSS), sebuah klub lokal di Kota Semarang. Bakat Sartono mengolah si kulit bundar menurun dari M. Anwar, sang bapak yang juga pemain bola di PS POP Semarang.

“Selain sering melihat ayah saya bermain bola, sewaktu kecil saya sering membawakan bola PSIS hanya agar bisa ikut menyaksikan PSIS bertanding,” kenangnya.

Setelah bergabung di PS SSS, bakatnya sebagai pemain gelandang makin terasah setelah bergabung di Pendidikan dan Latihan Salatiga pada 1962-1966. Setelah itu, selama dua tahun, Sartono langsung memperkuat tim PSIS Senior. Dari sekolah itu karier Sartono meroket hingga bergabung dengan PSIS.

Meski telah memperkuat sejumlah klub, Sartono mengaku kariernya sebagai pemain mentok. Dia tidak pernah terpilih memperkuat tim nasional. “Saya sadar, sebagai pemain, prestasi saya mentok. Saya tidak tahu sebabnya,” katanya. Akhirnya, pada 1972, Sartono memutuskan gantung sepatu.

Pada tahun yang sama, dia diterima sebagai pegawai Pertamina Distribusi Pengapon Semarang. Namun, dia merasa jiwanya tidak bisa lepas dari sepak bola. Sembari bekerja di Pertamina, ia menjadi pelatih anak gawang PSIS–sekolah sepak bolanya PSIS saat itu–hingga 1975. Setelah itu, 1975-1976, ia melatih PSIS. Sartono boleh gagal sebagai pemain, tapi, sebagai pelatih, kariernya termasuk sukses.

Pada 1976-1978, Wiel Coerver, pelatih tim nasional, menunjuk Sartono sebagai pelatih Diklat Salatiga. Menjadi pelatih di pemusatan latihan ini cukup bergengsi saat itu. Diklat ini menjadi kawah candradimuka beberapa pemain nasional saat itu.

Seringnya mondar-mandir Semarang-Salatiga ternyata menjadi catatan tersendiri bagi pemimpin Pertamina tempat Sartono bekerja. Ultimatum pun datang. Sartono harus memilih menjadi karyawan Pertamina atau pelatih. Sartono menjawab ultimatum tersebut dengan keluar dari Pertamina saat itu juga. “Saya ingin menunjukkan sepak bola yang saya geluti sejak kecil juga bisa memberi penghidupan layak,” ujarnya.

Ia benar. Gajinya sebagai pelatih Diklat Salatiga saat itu Rp 50 ribu per bulan. Jumlah ini dua kali lipat gajinya sebagai karyawan Pertamina.

Sejak saat itu, ayah pemain tim nasional dan Persib Bandung, Nova Aryanto, ini menjalani karier sebagai pelatih sepak bola sampai sekarang. Selain Diklat Salatiga dan PSIS, beberapa klub yang pernah dia arsiteki adalah tim PON Jawa Tengah, PS UMS Jakarta (Galatama), BPD Jateng (Galatama), Assyabaab Salim Group, Petrokimia Putra, Arseto Solo, Putra Samarinda, Persegi Gianyar, Persibas Banyu Mas, Persidikab (Kabupaten Kediri), Persikab Bandung, PSIS dan Persibo Bojonegoro.

Untuk tim nasional, bapak tujuh anak ini pada 1982 pernah menjadi asisten pelatih Sinyo Aliandoe, yang menangani tim nasional. Pada 1984-1992, Sartono menjadi asisten pelatih tim A PSSI dan menjadi pelatih kepala tim B PSSI dengan Benny Dolo sebagai asisten pelatihnya. Pada 2002, Sartono dipercaya sebagai pelatih tim nasional futsal.

Bagi Sartono, pelatih sepak bola yang bagus tidak harus mantan pemain tim nasional. Dia menyebutkan nama Benny Dolo dan Daniel Rukito adalah beberapa contoh pelatih bagus yang tidak mempunyai latar belakang sebagai pemain tim nasional seperti dirinya. “(Jose) Mourinho saja bukan mantan pemain, kan?” katanya menyebut mantan pelatih Chelsea tersebut.(SOHIRIN/korantempo)

Biodata Sartono Anwar
Nama: Sartono Anwar
Tempat dan tanggal lahir: Semarang, 30 September 1947
Istri: Heny sulistyowati

Karier sebagai pemain:
– PS SSS Semarang
– Diklat Salatiga
– PSIS Semarang
– PS Atomsi Malang
– Persema Malang
– PS Angkasa Bandung
– Persib Bandung

Karier sebagai pelatih:
– PSIS Semarang
– Diklat Salatiga
– Asisten pelatih tim nasional A
– Pelatih tim nasional B
– Assyabaab Salim Group
– Petrokimia Putra
– Arseto Solo
– Putra Samarinda
– Persegi Gianyar
– Persibas Banyu Mas
– Tim nasional futsal
– Persedikab Kediri
– Persikab Bandung
– PSIS
– Persibo Bojonegoro (sampai sekarang)

(foto : Ongisnade.net, Djisamsoe.com)

108 Responses to “Sartono Anwar : Tak Bisa Lepas Dari Sepakbola”

  1. Khamdan
    March 22, 2009 at 7:33 am #

    Pagi…

    [Reply]

  2. Ni_kita
    March 22, 2009 at 7:45 am #

    Pagi jg.Emange forumx khusus para gibol yo mas?

    [Reply]

  3. sweedia
    March 22, 2009 at 7:49 am #

    Pelatih sarat pengalaman, sayang e agak terlambat masuk melatih Persibo ketika d tinggal Gusnul.

    @Ni_kita
    kita terbuka untuk semua pecinta sepakbola pada umumnya dan Persibo khususnya. klo mo gabung silakan aja.

    [Reply]

  4. Ni_kita
    March 22, 2009 at 8:07 am #

    Ok thx. Q ne sbenare bkn gibol mas but sumpah aku cinta mati (kata mahadewi) ama persibo, makax q tertarik nimbrung sapa tahu bisa jadi gibol sjati,,ya ga!!

    [Reply]

  5. Sanun
    March 22, 2009 at 8:11 am #

    Iya aku sebenarnya cuman sekali nonton persibo main langsung, itupun waktu masih di dvs 1, tp kalo latihan di stadion sering lihat, krn rumahku 4km dr stadion tp aku sibuk gawe di sby, tp sejak persibo msk divsi utama aku selalu ikuti forum ini.slm damai.

    [Reply]

  6. Andie
    March 22, 2009 at 8:12 am #

    Pagi..Smangat slalu boromania…Mggu2 isuk…Mskipun leyeh..Leyeh..He2x :-)

    [Reply]

  7. sweedia
    March 22, 2009 at 8:13 am #

    @Ni_kita
    kamu sudah berada d tempat yang tepat :)
    disini banyak Boromania yang siap membimbing kamu menjadi gibol sejati hehe
    ok met datang dan met gabung aja

    [Reply]

  8. [1 komentar]
    March 22, 2009 at 8:15 am #

    Sebuah pengabdian

    Aku yang pernah menjadi bagian dari kota semarang bangga kepadamu

    [Reply]

  9. DIMAS BORO SMAPABO
    March 22, 2009 at 8:16 am #

    Pak sartono top bgd deh..klo dilapangan n tmpt latihan beliau keras bgd..gk jarang kata2 kotor kluar utk anak asuhnya yg bandel n mlakukan ksalahan..tp beliau jg sangat ramah n lucu diluar lapangan..

    figur seorg diktator dilapangan itulah yg mmbuat pemain persibo disiplin.gk ada yg berani membantah..itulah kunci kberhasilan persibo mengalah tim2 raksasa.krn pemain menerapkan strategi yg dibrikan pelatih.kalau memang faktor pemainnya yg pinter,atau pmainnya yg main asal2an,atau faktor kbetulan.gk mungkin kbetulan kog bs berkali2 mempermalukan tim raksasa..
    satu contoh sifat disiplin beliau adalah stiap latihan smua pemain gk boleh bwa kndaraan sndiri2.mreka hrz dlam satu bus.dan trnyata tdk ada yg berani melawan..sifat disiplin beliau sangat brguna bagi pemain2 bengal sperti dan bukti nyata adalah permainan sumardi yg trus menanjak dan menjadi idola baru boromania..

    skarang masih timbul prtanyaan yg mengganjal hati saya..mengapa persibo yg tangguh menghdapi tim raksasa mlah maen sulit menang lawan tim kecil?
    mengapa lawan persekabpas n persis bisa kalah?pdhal mreka itu jarang skarang..

    ini tugas anda pak sartono..kami menunggu kemenangan di tujuh laga sisa..
    bravo pak sartono

    [Reply]

  10. Andie
    March 22, 2009 at 8:19 am #

    @ni kita n sanun
    met bergabung di comunity boromania cyber??Salam dr kami boromania cyber…

    [Reply]

  11. BoRovers
    March 22, 2009 at 8:21 am #

    YA,.,pilihan emang bisa datang kapan saja….kt hrs trm ksh kang Saran mau di PERSIBO….
    Tp kita kok sulit menang di away…padal kita masih 5x away dr 7 games…usaha yg superberat bwt PERSIBO walau bukan mustahil!

    [Reply]

  12. athur [inzaghi]
    March 22, 2009 at 8:32 am #

    pagi.

    @ni_kita salam kenal .
    @sanun met kenal juga

    bagi yg punya ym add aq di ducks_muks@yahoo.com

    om sartono aq tunggu racikan strategi mu untuk membawa kemenangan.

    samin satu jiwa.

    [Reply]

  13. Sanun
    March 22, 2009 at 8:36 am #

    @andie
    Oke friend.
    Meskipun aku snang di kota orang, tp aku sanggat mncintai dan bangga pada bojonegoro, dg persibo dan semua boromania tntunya. Aku selalu ikuti forum ini krna di sini aku temukan kbhagiaan dan berita terkini tentang persibo love persibo.

    [Reply]

  14. elninu
    March 22, 2009 at 8:42 am #

    wah coach sartono emang figur pelatih yang menarik bagi saya,keras disiplin tapi ramah dan sense humor yang tinggi di luar lapangan

    [Reply]

  15. fphoer
    March 22, 2009 at 8:44 am #

    Namanya juga SARTONO ANWAR kan singkatan dari:
    Sangat
    Amat
    Respek
    Terhadap
    Olahraga
    Number
    One “Sepak Bola”

    Antara
    Nasib
    Warisan
    Atau
    Rezeki…..??? hehehe

    @ni kita n sanun
    WeLcome to Boromania Cyber Community,!!!!
    sLm knaL dari aq BOROMAINA CYBER COMMUNITY Regional Malang Raya

    [Reply]

  16. Sanun
    March 22, 2009 at 8:53 am #

    @athur (inzaghi)

    Salam kenal jg.
    Dilihat dr namanya pasti milanisti. Kita rival bro aku internisti. Apapun label kita yang pasti kita semua satu jiwa boromania.

    [Reply]

  17. rAddA
    March 22, 2009 at 9:03 am #

    ass. boleh gabung..? rame juga forumnya…hehe
    buat Om Sartono… keep fight,boss…hehe
    Viva BOROMANIA.. Viva PERSIBO… (PERSIBO slalu di hatiku :->)

    [Reply]

  18. DIMAS BORO SMAPABO
    March 22, 2009 at 9:14 am #

    kpan yuw anak2 bs kumpul2 breng lg?
    jok fudsal truz to..bar fudsal kringet’en trz suker kbeh..
    aq punya bejibun lagu bwd dinyanyi’in BOMBER.aq jg punya mars bwd BOMBER..

    trus bwd athur sory beribu sory.aq blm bs krmhmu..aq sibuk bgd mas akir2 ni.mulai slasa aq disurabya smpek ckrg aq msh dijogja.nyari tmpt kul boz..hbiz ni langsung blik bjn bsok langsung disambut try out kabupaten sorenya try out skolah..capek deh

    [Reply]

  19. gaallaziale
    March 22, 2009 at 9:21 am #

    Dim we wez verifikasi UM-UGM g0ng?

    [Reply]

  20. DIMAS BORO SMAPABO
    March 22, 2009 at 9:28 am #

    lha iyo aq ning jogja verifikasi..go mu go ktrima..amin

    [Reply]

  21. CanCer
    March 22, 2009 at 9:42 am #

    ^_^

    Beli ragi buat tape,

    Met pagi semuanye,

    Jika km frustasi janganlah bunuh diri,

    Mending nimbrung dimari capa tau kamu heppy,

    Mulai dari berdirinya PERSIBO hingga sekarang napa za lo PERSIBO dapet pelatih top tyus ditengah jalan mereka pada hengkang. Apa mereka mementingkan materi daripada prestasi klo mo prestasi contoh aja pelatih MU Sir Alex Ferguson atau ARSENAl dengan sang profesornya Arsene Wengger mengapa mereka begitu kental di masing-masing clup yang mereka tangani hingga sekarang karena mereka mementingkan prestasi daripada materi. Semoga aja Sartono Anwar betah melatih PERSIBO sehingga bisa mempersembahkan prestasi buat PERSIBO (amin).

    buah kurma rasanya manis,

    sampe jumpa dan salam manis,

    [Reply]

  22. CanCer
    March 22, 2009 at 9:44 am #

    @ DIMAS BORO SMAPABO

    Semoga kamu diterima di perguruan tinggi yang kamu inginkn (amin).
    GOOD LOCK.

    [Reply]

  23. FANZ
    March 22, 2009 at 9:47 am #

    SEMAKIN HARI SEMAKIN BYK FAN PERSIBO
    WELCOME: SANUN, NIKITA, RADDA
    BOMBER PASURUAN GITU LHO…

    [Reply]

  24. Ni_kita
    March 22, 2009 at 10:00 am #

    Met pagi boro, asyik ne makin ramai aja. To: cancer =>materi ntu very important bro, q py ide ne spy pak dhe coach ga hengkang dr persibo…Sapa yg mo tahu angkat tangan!!!

    [Reply]

  25. dilla
    March 22, 2009 at 10:11 am #

    @dimas n gaal
    moga trcapai sgala cita2mu.ingat stlh ujian bs ntn persibo vs persebaya.slm bwt anak2 imago yach

    [Reply]

  26. CanCer
    March 22, 2009 at 10:16 am #

    ^_^

    @NI_kita
    Lam knal………………

    [Reply]

  27. [1 komentar]
    March 22, 2009 at 10:17 am #

    Aku
    Angkat tangan nich
    Apa coba idenya ?

    [Reply]

  28. Ni_kita
    March 22, 2009 at 10:19 am #

    Perhatian !!! Yang baru bangun & lom mandi dilarang gabung cz baux nyampe sini oknum boro,he2

    [Reply]

  29. Ni_kita
    March 22, 2009 at 10:28 am #

    Slm knal jg cancer sang gibol sejati. Idex tanyakan ma dilla & j_blang cz mereka tu pawangx persibo,,,

    [Reply]

  30. [1 komentar]
    March 22, 2009 at 10:37 am #

    @ni_kita+sanun+radda

    Kalian sekarang posisi dimana?

    Samin satu jiwa
    Itu salam kita

    [Reply]

  31. sweedia
    March 22, 2009 at 10:40 am #

    Aku kok durung ketokan kyai teraniaya, J_blank yo *mencurigakan*

    @Nikita Willy
    Lha kalo admine baru bangun & blom mandi juga mosok g boleh gabung

    @Andhie
    piye wis oleh kader anyar durung 😀

    @sanun
    tos dulu mas, sesama interisti, SKF iku opo mas?

    @Cancer
    Masa’ sih Wenger dan Fergie gak mentingin materi, padahal mereka urutan ketiga dan keempat manajer bergaji tertinggi di Liga Premier, cuman kalah sama Hiddink dan Benitez

    [Reply]

  32. DIMAS BORO SMAPABO
    March 22, 2009 at 10:41 am #

    @dilla
    oke dil,t’salam’o ayik breng..tp cah’e jek metu.
    aq ki ape balik bjn..

    [Reply]

  33. Nurdianzah
    March 22, 2009 at 10:42 am #

    @ Ni_kita

    Salam kenal,,,,

    aq kelihatanx punya fs mu,,,

    Ni_kita juga fans Persibo ya..????

    [Reply]

  34. Ni_kita
    March 22, 2009 at 11:04 am #

    Q “no” samin satu jiwa
    just kidding “Boms” sweedia, q py ide ne bgmna klo qt manggil tmn cyber nama depanx pake boms (boromania samin satu jiwa),jd ga pake mas,kang,om or neng biar lebih spesifik menandakan 1 & utk 1 boromania fansclub.
    Ya iya lah q boromania,masa ya iya dunk.

    [Reply]

  35. CanCer
    March 22, 2009 at 11:09 am #

    ^_^

    @ sweedia
    Za iyalah mas cz mrk pan ampe at ni lom tr gantikan dr clupnya msng2 to, liat za statistik kiprah k2 platih trsebt ampe krg walaupun buanyak zang mo merekrut mrk ber2 dgn gaji zang lbih tinggi te2p za mrk tyu sbrthn. Klo mrk menginginkn materi dah jak doeloe X merk hengkang.

    @ FANZ
    Mas Pasuruannya sbelah mn mas? cz bude gua jg da yg Pasuruan mas tepatnya blakang pasar Sukorejo.

    Wah2…..
    yg Interisti kayaknya makin banyak ni dimari.

    [Reply]

  36. BoRovers
    March 22, 2009 at 11:33 am #

    Saatnya BAYER MUENCHEN juara!!
    Maju trus PERSIBO…

    [Reply]

  37. Sanun
    March 22, 2009 at 11:37 am #

    @ (1 komentar) aku posisi lg gawe di sby tp aku asli simo(ngelendeng)
    @mas swedia tos.knp pakai no4 gak ganti 8 aja, oke mas aku jg sangat menyukai il kapiteno j.z. Krn loyalitasnya pd klub. Apa mungkin nanti samsul bs spt j.z ya? Skf itu tempat kerjaku.

    [Reply]

  38. Nurdianzah
    March 22, 2009 at 11:37 am #

    @ All Juventini

    aq tadi malam melihat zebra lagi memangsa Srigala sebanyak 4 ekor,,,

    “”BRAVO JUVENTUS””

    [Reply]

  39. dilla
    March 22, 2009 at 11:44 am #

    @ni_kita
    anggota baru atau lama nich….koq kayaknya dah lama nimbrung….

    [Reply]

  40. dilla
    March 22, 2009 at 11:48 am #

    Persema telah memutus kontrak pelatih kiper Hendri Subagyo. Keputusan manajemen tersebut menyusul dijatuhkannya sanksi skors enam bulan oleh Komdis PSSI terhadap Hendri.

    Dia divonis skors karena berbuat tidak sportif dengan melempar tanah kepada wasit saat laga Persema dijamu Persibo di Stadion Letjen H. Soedirman pada Rabu (18/3). “Mulai pagi ini (kemarin pagi, Red), Hendri sudah tidak menjadi pelatih kiper Persema,” jelas Subangkit kemarin (21/3).
    sumber:jawapos

    [Reply]

  41. Sanun
    March 22, 2009 at 11:48 am #

    @ mas swedia
    Aq sangat respek ngomongin bola, apalagi yg berhubunggan ama inter aq tahu semuanya. Mulai dari sejarah klub legendanya poko’e kabeh tentang inter. Hanya ada 2 clüb d ht q, inter & persibo pastiñya.
    Skf itu perusahaan asing (food)

    [Reply]

  42. FANZ
    March 22, 2009 at 11:55 am #

    @CANCER
    WARUNGDOWO DKT KOTA MAS, KALO SUKOREJO YO JAUH
    @MAS WID
    ANDI NANG DI UBER KON GOLEK PESERTA HE HE
    @MID
    SIK NGIMAMI TO …KOK GA MUNCUL

    [Reply]

  43. athur [inzaghi]
    March 22, 2009 at 12:02 pm #

    siang semua.

    [Reply]

  44. Khamdan
    March 22, 2009 at 12:10 pm #

    @ni_kita
    salam kenal
    @sanun
    suka inter tow mas

    [Reply]

  45. J_blank[teraniaya]
    March 22, 2009 at 12:19 pm #

    @ni_kita
    Km siapa boz…kok kayak e dh knal q??
    @all yg lum knal q.
    Lam knal mua dari j_blank_regnarox_kediri

    @kang dar+mas wid
    Mau ono masalh sitik mbek BEM-i .dadi lg iso mbukak.

    [Reply]

  46. sweedia
    March 22, 2009 at 12:34 pm #

    @Nikita
    lha kok jadi BOMS, emang e mBOM julien :) emoh ayas dipanggil BOMS

    [Reply]

  47. Sanun
    March 22, 2009 at 12:37 pm #

    @khamdan

    Yo’i boms,
    Kt ni-kita pakai kt itu untuk nyapa sesama boromania, bagi yang istrinya lg hml anak putri aku bantu buatin nama. DEVINA PUTRI NERAZZURI. Pasti top abiz

    [Reply]

  48. J_blank[teraniaya]
    March 22, 2009 at 12:40 pm #

    Kang sartono jan mathoh..

    [Reply]

  49. J_blank[teraniaya]
    March 22, 2009 at 12:45 pm #

    Nek “bams” gelem q..
    Koyo pukalise samsons..

    [Reply]

  50. athur [inzaghi]
    March 22, 2009 at 12:50 pm #

    milanisti n persibo forever.

    [Reply]

  51. [boboholic]
    March 22, 2009 at 12:57 pm #

    Redam emosimu mid…
    Tapi klo ada sesuatu ma kmu
    Kami ada di belakang kamu

    Samin satu jiwa

    [Reply]

  52. rizqi
    March 22, 2009 at 1:08 pm #

    siang boro-cyber

    [Reply]

  53. FANZ
    March 22, 2009 at 1:31 pm #

    HORE…JUVE MENG
    @BO
    BINGUNG AKU GONTA GNTI
    @J-BLANK
    BIASA CKRE METU
    @ATHUR
    KIPER KOK INZHAGI, INZANA KALI…
    ATHUR ABBAS YO

    [Reply]

  54. dilla
    March 22, 2009 at 1:37 pm #

    siannngggg

    [Reply]

  55. dilla
    March 22, 2009 at 1:43 pm #

    @ mas phoer
    ga bikin artikel lg mas…..

    [Reply]

  56. FANZ
    March 22, 2009 at 1:44 pm #

    SAMIN SATU JIWA…
    BOMBER (boromania Cyber)
    i am proud persibo, we all proud persibo too

    [Reply]

  57. rizqi
    March 22, 2009 at 1:47 pm #

    salam knal dilla…
    bwt smuanya salam kanal

    [Reply]

  58. CYBERPAS
    March 22, 2009 at 1:50 pm #

    @TONO
    MANA SUARANYA NGEDATE YO…HIKS
    MUGO BETAH NEK PERSIBO, TP MANAJEMENE KODU YO MEMPERHATIKANNY…TP JGN DI PANDENG TOK HE…

    [Reply]

  59. dilla
    March 22, 2009 at 1:56 pm #

    tes,,,,tes…

    [Reply]

  60. athur [inzaghi]
    March 22, 2009 at 1:56 pm #

    @fanz
    mang napa penjaga gawang mengidolakan striker mang g boleh.

    aq lebih suka jorge campos.

    [Reply]

  61. dilla
    March 22, 2009 at 1:58 pm #

    lam knl jg………….

    [Reply]

  62. sweedia
    March 22, 2009 at 2:04 pm #

    @athur
    kok gak Dida thur, d senggol sithik tepar wekeke opo Kalac thur
    btw wis ketemu tanggale to, mau bengi iku golek tanggal to?

    [Reply]

  63. rizqi
    March 22, 2009 at 2:09 pm #

    @ athur
    kpn maen futsal lagi

    [Reply]

  64. athur [inzaghi]
    March 22, 2009 at 2:23 pm #

    @swedia.
    gak cos aq dari dulu suka ama jorge campos.
    tgl opo ra ono tgl2 lan.
    piye ayo dugem karo aq karo bobo.
    @rizqi
    tgl 10 futsal lagi jam 9-11 pagi di bsc.

    samin satu jiwa.

    [Reply]

  65. [boboholic]
    March 22, 2009 at 2:28 pm #

    @suwediya

    Tuk malam ini aku dukung 100% the reds

    Hancurkan aston villa

    Villa ga pantas di big 4

    [Reply]

  66. Doel_M
    March 22, 2009 at 2:31 pm #

    Sartono Anwar,.mngkn yg br/blm kenal dy adalah pelatih yg biaza??pelath yg menangani tim2 gurem,tim2 kelas 2,tp taukah anda prestasi yg ia persembhkan akhir2 ini..tatkala dy menunggangi persibo,karierny diPIALA INDONESIA melesat bgaikan Meteor?!?tak gentar melawan tim yg kastany 1tngkat diatasny?!?AREMA,PELITA JAYA Dbuat malu,dilumat,dan dbumi hanguskan,
    PERSIBO KAULAH JIWAku
    PERSIBO KAULAH HARAPANku
    PERSIBO KAMI SLALU MENDUKUNGMU
    MAJU TERUS PERSIBOKU,AYO BOROMANIAku
    lanjutkan…..!?

    [Reply]

  67. sweedia
    March 22, 2009 at 2:34 pm #

    @rizqi
    sorry bro, disini kami menjaga agar web ini dalam posisi netral dalam Pemilu. Bukan untuk tempat berkampanye.
    Boleh lah kalian berkampanye berdasarkan idealisme kalian, tapi tidak d web ini serta tidak membawa embel-embel Boromania dan Persibo.

    [Reply]

  68. Nurdianzah
    March 22, 2009 at 2:38 pm #

    Bravo Persibo Bravo Juventus

    Kapan ya Persibo, bisa seperti JUVENTUS yang GO PUBLIK….????

    [Reply]

  69. DIMAS BORO SMAPABO
    March 22, 2009 at 2:46 pm #

    INTERMILAN,ARSENAL,N PERSIBO ADALAH BAGIAN DARI HIDUPKU..

    [Reply]

  70. Nurdianzah
    March 22, 2009 at 2:56 pm #

    @ Dimas

    Lagi upu Dim…???

    [Reply]

  71. guztav_cisc
    March 22, 2009 at 3:19 pm #

    Betul bgt,
    syange SA telat gbung ma persibo.

    Malah plih SR iko! G muTu blas!

    [Reply]

  72. gaallazialeliverpudlian
    March 22, 2009 at 3:33 pm #

    Nek aq laziale kaet SD liverpudlian kaet SMP Bor0mania kaet g0ng laer..

    [Reply]

  73. arisTelon
    March 22, 2009 at 3:45 pm #

    Boromania
    Milanisti

    [Reply]

  74. doel_M
    March 22, 2009 at 3:48 pm #

    wes to ra kyok barca pko’e????bayer munich tak tunggu gelagatmu…tp atiq ra kyok nek persibo maen…..hikzzz.hikz///

    [Reply]

  75. tono
    March 22, 2009 at 4:50 pm #

    Aim Kaming…………..

    @dilla
    Dek bengi ak kro lek zein smpe jam 1.30, mataku rodo kelet isuke….

    @ngip
    dateng pundi paklek, ampun nate ketingal???

    [Reply]

  76. dilla
    March 22, 2009 at 5:01 pm #

    @tono
    walah jagongan opo?wes disampekno gung salam e

    [Reply]

  77. tono
    March 22, 2009 at 5:09 pm #

    @dilla
    Nah cah-cah ra buyar-buyar e, crito ngalor-ngidul ra karuan. Jare nek ktemu persija ngko arep budal maneh. SIP, goro-goro boromania cyber lo mari ngene boromania di patenkan. Nah urung due akta notaris tibake, bentar lagi di patenkan nama/logo/apapun berhubungan dgn boromania
    Udah mandi neng??

    [Reply]

  78. sweedia
    March 22, 2009 at 5:37 pm #

    @tono
    mari ngerapatno sponsor to nang? sip mugo2 gol ae, lek gol sukuran ojo lali aku d undang makan-makan hahaha

    [Reply]

  79. tono
    March 22, 2009 at 5:46 pm #

    Ura mari ngrapake sual dilla, nah ak kudu jaluk ijin dhisik nuh???
    Wied, sopo sing gae artikel, kwe dhewe??

    [Reply]

  80. sweedia
    March 22, 2009 at 5:53 pm #

    wasyem, ra tak duduh i kowe lek aku ra d jak makan2

    [Reply]

  81. Ni_kita
    March 22, 2009 at 6:28 pm #

    Malem smua.

    [Reply]

  82. dias bonero
    March 22, 2009 at 6:39 pm #

    Saya angkat topi(bukan topinya pak Sartono lho) buat pak Sartono dengan totalitas dan loyalitasnya sbg pelatih sepakbola walau masih di tingkat nasional tapi yang jelas pak Sartono adalah salah satu asset bangsa.

    [Reply]

  83. fphoer
    March 22, 2009 at 6:48 pm #

    @ diLLa
    Mungkin mulai bsk insyaallah sdah bs tulisan lagi..!!!!!

    [Reply]

  84. Arie_siNAGA
    March 22, 2009 at 7:11 pm #

    @doel
    trauma opo bro,ngpn trauma,lg sibuk m pacar bro g smpt OL…Niy ae br smpt bka web !!!Semangatmu dapet bro…
    @ni_kita&sanun
    wah anggota br niy,Knalin yua aq Arie from Boromania Militan X-23 community..

    [Reply]

  85. CYBERPAS
    March 22, 2009 at 7:42 pm #

    @TONO
    walah2 kok ga pernah muncul jan2 e lg sibuk opo to ngrapetke yo wkwkwk…
    SAMIN SATU JIWA
    BOMBER

    [Reply]

  86. apri BORO KALTIM
    March 22, 2009 at 8:27 pm #

    @all
    Mualem smua. . . . Wahh Q ko’ telat ol cah
    Salut kanggo kang SARAN
    Jempol 4 Q bwt beliau

    [Reply]

  87. apri BORO KALTIM
    March 22, 2009 at 8:32 pm #

    @all
    Ko’ sepi yo
    Podo neng ndi ki

    [Reply]

  88. tono
    March 22, 2009 at 8:33 pm #

    Persibo…..
    Persibo…..
    Kita Disini Persibo……………

    [Reply]

  89. [boboholic]
    March 22, 2009 at 9:02 pm #

    Jempol sikil barang kang apri ?

    [Reply]

  90. FANZ
    March 22, 2009 at 9:52 pm #

    MALEM…

    [Reply]

  91. Aa Gimin
    March 22, 2009 at 9:55 pm #

    Mboh-mboh…….
    aku bingung pe koment opo…

    @ nikita & Sanun

    salam kenal dari saya AA’ GIMIN pemilik PT. MBAH ALAN DUKUN CITET (mas wied dudu promosi lho)

    [Reply]

  92. aanzp
    March 22, 2009 at 9:59 pm #

    Pak Sartono memang ok. Q pernah meragukan kedatangan Pak sartono berlabuh ke Persibo,coz Q melihat dari prestasi Tim yang pernah ditanganinya dulu ketika masih di Persedikab & PSIS. Ternyata sekarang Matoh juga..He…….3x

    [Reply]

  93. Sanun
    March 22, 2009 at 10:11 pm #

    @aa gimin

    Salam kenal jg, mas sweed inter maine jan matoh tenan bengi iki, koyok maine persibo ha ha haaaa…

    [Reply]

  94. dilla
    March 22, 2009 at 10:21 pm #

    @ aa gimin
    bingung knp mas….???

    [Reply]

  95. Cah-Baguezzz
    March 22, 2009 at 10:39 pm #

    Sugeng ndalu derek”

    [Reply]

  96. Khamdan
    March 22, 2009 at 10:41 pm #

    @sanun
    mas gak nonton inter

    [Reply]

  97. sweedia
    March 22, 2009 at 11:01 pm #

    @sanun
    nonton streaming mas pedot-pedot, nang malang ra ono trans7
    pas gol e sing ke-3 bal e kari mlebu e,, malah pedot siyal tenan
    main e enak soal e regina kebobolan cepet dadine maine terbuka
    santon makin hari makin manteb ae cah iki
    eh sorry salah komen iki web e persibo yoh hahaha

    ben gak OOT, moga-moga Novan Setya bisa niru D Santon, CR7 ae sampe pindah ke kiri menghindari Santon :)

    [Reply]

  98. J_blank[teraniaya]
    March 23, 2009 at 12:17 am #

    Bengi….

    [Reply]

  99. dias bonero
    March 23, 2009 at 5:29 am #

    absen pagi,,

    [Reply]

  100. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 5:55 am #

    @ sanun
    aq boromania dr tuban juga mas, tepatnya desa nguruan – kecamatan soko.
    jadi aq dan kamu sama2 dari wilayah yg sama tapi tetap satu hati dukung persibo dalam wadah boromania.
    salam damai bersaudara.
    BOROMANIA TIDAK KE MANA-MANA TAPI ADA DI MANA-MANA.

    [Reply]

  101. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 6:02 am #

    @ SARTONO ANWAR
    maju terus bung, pantang mundur.
    semoga betah mengais rezeki di bumi angling dharmo.
    kutunggu loyalitasmu dan prestasimu membawa PERSIBO menuju tangga juara.
    BUNG SARAN YES, PERSIBO JAYA, BOROMANIA DAMAI BERSAUDARA.

    [Reply]

  102. dias bonero
    March 23, 2009 at 6:06 am #

    Syarief : slmt pagi, isuk2 wis komen..wis sarapan durung mas..?

    [Reply]

  103. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 6:08 am #

    PERSIBO yang kuat, ANGLING DHARMO yang hebat, BUMI MALWAPATI yang cinta damai, BOROMANIA yang baik hati.

    [Reply]

  104. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 6:13 am #

    @ DIAS
    belum mas,,,
    sorry jarang OL because sibuk.

    [Reply]

  105. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 6:16 am #

    Persibo..Persibo..
    Kita di sini Persibo
    Kita dukung Persibo berlaga
    Sekarang dan selamanya
    Persibo tunjukkan aksimu
    The Boro slalu bersamamu

    [Reply]

  106. syarief87@yahoo.co.id
    March 23, 2009 at 6:19 am #

    @ AnOmAn a/ AriE PaTjOeL
    ke mana aja sob, kok gak pernah OL?
    masih sibuk PP Bojonegoro-Mojokerto ta?

    [Reply]

  107. dias bonero
    March 23, 2009 at 6:20 am #

    @syarief: saking cintane karo persibo durung sarapan wis komen dhisik .

    [Reply]

  108. Aa Gimin
    March 23, 2009 at 6:57 am #

    @ de2k dilla

    bingung kentean kata2 dill….lawong marai hurufe cuma A smpek Z tok e, la sek komen sak mene kae, dadi aku ra uman.

    wkekekekekekek

    [Reply]

Leave a Reply