Sartono Tetap Akan Rotasi Pemain

Pelatih Sartono Anwar mengakui dirinya akan tetap melakukan rotasi pemain saat laga tandang cukup berat mulai awal Januari 2011 mendatang.

Hasil maksimal telah didapatkan saat Laskar Angling Dharma menjamu tamunya Persisam Samarinda pada 14 November yang lalu di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro.

Menurut Sartono, banyaknya pemain yang kelelahan karena selalu diturunkan saat bermain, membuar kebijakan rotasi diterapkan.

“Hasilnya bisa dilihat sendiri, kami bisa merasakannya,” kata Sartono.

Bahkan, rotasi dilakukan hampir di seluruh posisi. Seperti pemain belakang Nur Hidayat yang digantikan Ahmad Sumardi, Victor Da Silva yang diparkir dan tempatnya diisi Iswandi Da’i. Juga, M Irfan digantikan Cucu Hidayat, Slamet Nurcahyono yang tidak dipasang dan tempatnya diisi Kim Kang Hyun, serta striker Samsul Arif yang digantikan Eugene Dadi.

Hasilnya cukup berhasil, karena selama ini pemain belakang lawan berkonsentrasi menjaga Samsul Arif. Tetapi pada saat menjamu Persisam, konsentrasi pemain belakang terganggu oleh banyaknya pemain depan yang harus dijaga.

“Model seperti itu kemungkinan besar tetap akan kami terapkan. Namun, semuanya tergantung taktik yang akan dipakai,” sambungnya.

Sebab, Sartono mengaku akan menurunkan pemain yang siap untuk bertarung di lapangan selama 90 menit. Apalagi, sekarang ini banyak pemain tua yang menghuni skuad asal Kota Ledre Bojonegoro itu.

Contoh saja Victor Da Silva yang kelahiran 1976, Eugene Dadi yang sudah berumur 37 dan beberapa pemain di atas 28 tahun.

“Sehingga, kami harus pandai-pandai merotasi pemain, agar tidak cepat lelah,” terangnya.

Persibo dijadwalkan akan menjalani laga tandang ke markas Persib Bandung (5/1), Sriwijaya FC (8/1), Persela (12/1), dan Deltras (15/1). (gk-25/goal.com)