Sartono Utamakan Jalin Komunikasi bersama Pemain

Persibo Mencoba Bangkit dengan Pelatih Ketiga

Setelah pelatih Gusnul Yakin mengundurkan diri, prestasi Persibo Bojonegoro sempat terjun bebas. Sanusi Rahman yang ditunjuk menggantikan Gusnul, tak bisa berbuat banyak di tim berkostum kebesaran oranye itu. Namun, harapan baru muncul setelah Sartono Anwar dipilih menggantikan peran Sanusi di Persibo.

Sesosok pria tua bertopi biru berada di tengah lapangan Gelora Delta Sidoarjo. Jaket biru dengan sedikit garis putih melekat di tubuhnya. Bagian belakang jaket itu tertulis Persibo dengan huruf besar.

Beberapa pemain memperhatikan gerakan tangan dia. Mereka lantas mengikuti apa yang diperintahkan pria tua yang tak lain Sartono Anwar, pelatih ketiga Persibo Bojonegoro.

Dia melatih skuad tim berjuluk Laskar Angling Dharma tersebut setelah Sanusi Rahman, pelatih pengganti Gusnul Yakin, dipanggil klub asalnya PS Banyuasin. Hadirnya mantan pelatih Persedikab Kediri sempat menimbulkan keraguan publik. Apalagi, setelah Persibo hanya mampu menang tipis 1-0 atas tim paling buncit di klasemen divisi utama wilayah timur Persis Solo.

Namun, keraguan itu mulai luntur dan menjadi harapan baru ketika kemarin (16/11) Persibo memetik kemenangan 3-1 atas PSS Sleman. Enam poin dari dua pertandingan jelas raihan bagus bagi Sartono. Hasil tersebut melebihi apa yang diraih Persibo saat ditangani Sanusi ketika berlaga di Gelora Delta. Dari tiga kali pertandingan waktu itu, Persibo hanya mengemas empat poin, hasil sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah.

Enam poin dari dua kali pertandingan terakhir itu, menaikkan posisi Persibo dari papan bawah ke papan tengah klasemen sementara. Kini tim kebanggaan warga Kota Ledre itu mengemas lima belas poin.

“Belum ada perubahan berarti yang saya berikan kepada tim,” kata Sartono kepada Radar Bojonegoro tadi malam.

Komunikasi dengan pemain menjadi kunci sukses ayah pemain Persib Bandung Nova Arianto ini. Waktu seminggu dinilai Sartono tak cukup untuk memberikan teknik permainan baru kepada pemain Persibo. Karena itu, dia cukup memberikan motivasi agar semangat bertanding anak asuhnya bangkit kembali. Apalagi, kualitas pemain yang sebenarnya di atas rata-rata pemain divisi utama. “Masalahnya adalah semangat mereka,” ujarnya.

Kunci lain dari sukses pelatih yang pernah mengarsiteki timnas Indonesia adalah penekanan disiplin. Tanpa displin, tak mungkin keberhasilan akan diraih. “Ini (disiplin pemain) juga menjadi prioritas saya,” katanya.

Selama berkomunikasi dengan pemain, Sartono belum pernah mendengar keluhan pemain. Hal itu dinilai mungkin wajar karena semua hak pemain sudah diberikan. “Mereka adalah pemain profesional yang tahu haknya telah dipenuhi semua,” tuturnya.

Namun, suasana baru di Persibo sempat “dirusak” sejumlah orang tak bertanggung jawab. Mereka meneror para pemain melalui SMS. “Mestinya apapun hasil yang diraih tim kita, harus tetap mendukung,” sesal Manajer Persibo Letkol Inf Dadang Hendrayudha.

Dia menjelaskan, kalaupun Persibo kalah, semestinya para pemain diberikan motivasi agar bisa bangkit. “Namanya suporter adalah memberikan dukungan di setiap keadaan. Kalau seperti ini apa mereka yang kirim SMS teror itu disebut suporter?,” tanyanya. (ade)
( Sumber : Radar Bojonegoro )

3 Responses to “Sartono Utamakan Jalin Komunikasi bersama Pemain”

  1. fphoer-BOROMANI@malang
    November 17, 2008 at 1:53 pm #

    Apapun strategi yang diterapkan pak Sartono yang PENTING PERSIBO bisa menang sehingga menjadi tim yang disegani dan di takuti di dalam persepakbolaan Nasional..!!!!
    Pak Sartono Anwar Buktikan bahwa Anda merupkan pelatih yang memiliki pengalaman dan kehebatan dalam menangani sebuah tim, salah satu caranya adalah dengan mengalahkan AREMA pada pertandingan Copa Indonesia sehingga dapat membawa PERSIBO melaju ke babak selanjutnya..!!!!
    BOROMANIA MALANG RAYA gimana apa ada rencana TOUR ke stadion Kanjuruhan,,,?????????

    [Reply]

  2. aan@Boromania MalangRaya
    November 17, 2008 at 4:36 pm #

    Untuk pak sartono anwar pelatih baru persibo, saya ucapkan selamat atas keberhasilan nya. untuk itu tunjukan kerja keras anda selama menangani persibo, kami boromania hanya bisa memberi semangat lewat pinggir lapangan,hanya bisa teriak-teriak,mungkin juga kelewatan dalam memberi dukungan,semua itu adalah bagian dari rasa ikut memiliki dari kami pada Prsibo. untuk mas sweedia terimakasih atas blog ini,dengan blog ini meskipun ada di malang kami tetap bisa memberi dukungan pada Persibo.
    VIVA PERSIBO…………..

    [Reply]

  3. boro
    November 18, 2008 at 9:03 pm #

    Seng semangat Mas….!!!! g usah dire’ken sms g nggenah iku…. U can do this !!!!!! hehehe…..

    [Reply]

Leave a Reply