Sartono: Wasit Coba Suap Manajer Teknik Persibo

Usai pertandingan antara Persema Malang melawan Persibo Bojonegoro, Sabtu (09/10/2010) malam, di Stadion Gajayana Kota Malang, terlihat suasana sedikit heboh dan menegangkan. Mengapa tidak, lagi-lagi bernada lantang, di depan puluhan wartawan, saat konferensi pers, pelatih Persibo mengungkapkan bahwa ada wasit yang menawarkan uang senilai Rp 10 juta kepada Asisten Manajer Bidang Teknik Persibo, Imam Sarjono.

“(Hasil) pertandingan ini (terjadi) karena wasit kecewa pada kami, yang mana sebelumnya meminta uang sebesar 10 juta, agar kami bisa menang. Tapi kami tolak, karena itu merusak citra sepakbola di tanah air,” ungkap Sartono usai pertandingan.

Mantan pelatih PSIS Semarang ini mengaku, bukan dirinya yang secara langsung dimintai uang ‘pelicin’ oleh wasit. Pemimpin pertandingan mengajukan permintaan tersebut pada pihak managemen klub.

“Silakan tanya managemen saya jika tidak percaya. Saya berani ngomong gini. Biar tahu semua rakyat Indonesia, bahwa wasit-wasit di Indonesia buruk,” seru dia kemudian.

Pelatih tim kesayangan Boromania ini, menyatakan, pihaknya mengungkap upaya tawaran wasit kepada Sarjono itu tak gentar akan dipanggil PSSI. “Saya tidak takut dipanggil PSSI. Silakan PSSI panggil saya. Saya akan sampaikan kejadian itu,” akunya.

Ditanya kapan wasit tersebut menawarkan uang kepada Sarjono? Sartono enggan membeberkan hal tersebut. “Soal waktu kapan menawarkan uang Rp 10 juta itu, silakan ditanya langsung ke pak Sarjono. Nah, upaya demikian itu sudah tidak beres wasitnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Sartono mengatakan, pihaknya tidak mau tawaran wasit itu. “Saya tidak mau tawaran wasit itu, karena saya tetap komitmen akan bermain sportif. Dan kita harus terapkan sportifitas,” katanya.

Kembali ditanya wartawan, untuk apa uang yang ditawarkan wasit ke Sarjono itu? Kembali lagi, Sartono tak mau menjawabnya. “Kamu tahu sendiri untuk apa uang itu. Yang jelas, saya tidak terima keputusan pinalti itu,” terangnya tegas.

Diakhir konferensi pers, Sartono juga mengatakan, anak asuhnya sudah bermain baik dan bagus. Apa yang ia terapkan sudah dilakukan oleh anak didiknya di lapangan. Namun, lagi karena ulah wasit yang tidak adil, kemenangan menjadi milik Persema.

Sartono menambahkan, dari kasus yang menimpa Persibo itu, pihaknya tidak akan melaporkan ke PSSI. “Saya tidak akan melaporkan ke PSSI. Tetapi kalau PSSI mau memanggil saya, saya layani dan saya siapa membongkar semuanya. Saya tidak takut PSSI,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Persema Malang, Timo Scheunemann, sangat bangga dengan penampilan anak didiknya yang sudah maksimal di babak pertama. Namun, masih juga membuahkan gol. “Makanya harus terus berjuang untuk tampil bagus di ISL musim ini,” akunya.

Timo juga memuji kualitas permainan Persibo. “Saya akui permainan Persibo memang tampil bagus kali ini. Bahkan mampu membuat pemain Persema kewalahan di babak kedua,” katanya.

Tak hanya itu, Timo juga memuji perjuangan pelatih Persibo Sartono Anwar. “Beliau bisa dikatakan berhasil mendidik anak asuhnya. Saya menghargai beliau dalam mendidik. Ia pelatih yang sudah banyak makan garam. Ia pelatih yang berpengalaman,” katanya.(ain/but/beritajatim.com)

86 Responses to “Sartono: Wasit Coba Suap Manajer Teknik Persibo”

  1. FANZ
    October 9, 2010 at 11:40 pm #

    Sip mbah saya dukung semoga ìni mjd awal terbongkarnya mafia wasit

    [Reply]

    Moc Nizar Reply:

    oke mbah sar…
    Ojo wedi karo Nurdin sak bala tentarane!!!
    aku nang nggurimu!

    [Reply]

  2. sam
    October 9, 2010 at 11:52 pm #

    ok mbah pssi bosok ora cuma wasite ketuane tambah nemen,ak seneng timnas dijor karo uruguay,nurdin ben isin,nek menang tambah menteng kelek,ojok kuatir persibo pasti jaya,wong temen bakal tinemu,teko boro tawang

    [Reply]

  3. Didik weryo
    October 9, 2010 at 11:54 pm #

    lagi2 ulah wasit au dah muak mendengarnya mau dikemanakan persepak bolakan indonesia klu trus begini sampai kiamat pun tak akan maju, salut untuk sartono anwar maju trus pantang mundur hidup persibo

    [Reply]

  4. Batikmadrem
    October 9, 2010 at 11:55 pm #

    PERSIBO WIS SUGIH….. seng Mlarat Iku Wasite pssi. tibae Elek yo klakohane PSSI…… Layakman wingi timnase di jor karo Timnas URUGUAI… ketok Ligane koyo Gatel…….

    [Reply]

  5. Evan Saap
    October 9, 2010 at 11:55 pm #

    daripada membicarakan hal seperti ini, lebih baik Persibo fokus hadapi Arema.

    [Reply]

  6. mbenk.boro nggalek
    October 10, 2010 at 12:01 am #

    tetap fokus hdapi arema….tp wasite tai asu

    [Reply]

  7. wawan
    October 10, 2010 at 12:01 am #

    wasit indonesia SDM nya rendah, CoWoK GaMPaNgAn MeNeRiMa SuAp…!!

    [Reply]

  8. JMP Pohwates
    October 10, 2010 at 12:19 am #

    o o o wasit doyan duwit…. kirain makananx kemenyan !!!!!!!!
    yg makan kemenyan DEMIT kali,
    masa sama wasit PSSI ma Demit
    ga jauh beda sich kayaknx ha ha ha

    [Reply]

  9. MyQ
    October 10, 2010 at 12:49 am #

    MENYAKITKAN……
    PSSI, Wasit & ANTV ternyata merupakan sindikat untuk meraup uang haram sebanyak-bnyaknya.
    Baru saja ANTV mmberitakan kegarangan PERSEMA, tnp sedikitpun mnyinggung kontroversi WASIT BIADAB.
    Bubarkan saja PSSI, bikin PSSI perjuangan……!!!!

    [Reply]

  10. Boro juventini
    October 10, 2010 at 12:55 am #

    Hancurkan mbah…apapun resikonya didegradasikan pun kmi siap…apakah ini tnda2 persibo ikut IPL..coz jarang ada pelatih dan manajer yg berani ngomong lantang sprti itu didepan wartawan…

    [Reply]

  11. MyQ
    October 10, 2010 at 1:14 am #

    Makanya…..
    Setiap juara bertahan, pasti terdegradasi ato malah bangkrut….
    uangnya habis untuk nyangoni oknum2 biadab…
    Gak juara gak patek’en.
    Krn juara LSI bukan kebanggaan justru jadi aib.
    Ayo mbah…., maju terussss…!!!Harimau mati tinggalkan belang..
    Mbah Sartono mati mampu merevolusi Sepak Bola Indonesia….
    DAN INI SAATnya…
    Akan terlalu banyak orang2 dibelakangmu.
    berani to mbah….!?

    [Reply]

  12. boro sulsel
    October 10, 2010 at 1:17 am #

    daftar juara ISL pasti dah ada,munkin dah ad DP dr club calon juara…indonesia brantakan

    [Reply]

  13. Tro
    October 10, 2010 at 1:21 am #

    Wah wah..
    Menang ato kalah biasa rex,makane toh instrospeksi dri dsek,po apik wsan stadi0n mu,b0nd0 t0 rex,kere k0k d plihara..??

    [Reply]

    ikhwan Reply:

    tro nek ngm0ng ati2..?iso djogo tora mvlvtmu..?

    [Reply]

    el_musthofa Reply:

    tidak malu menjadi kere, daripada kaya dengan uang haram. kami mau persibo besar karena prestasi sportif. bukan karena prestasi yang di rekayasa

    [Reply]

    wayne rony mbontos Reply:

    tro awakmu arek ndi?lamongan yo?raimu koyo asu.iki dudumasalah stadion.iki masalah sportivitas cuk.hidup boro.jaya persibo

    [Reply]

    uong daton etan Reply:

    koyok sampean sugih mas…..ngoco disik yoo…..

    [Reply]

    sam Reply:

    tro genumanmu kok langu opo kowe wis bonsen urep piye,cah endi to kowe?kowe pendukunge guDEL TRASi,opo pendukunge Lambe Apek,

    [Reply]

    miracel Reply:

    tro wi gigolone lamongan

    [Reply]

    miracel Reply:

    tro gigolone lamongan

    [Reply]

  14. Boro Semarang
    October 10, 2010 at 1:43 am #

    Wes Ora Popo…Fokus lawan Karo Arema…Sing Bajingan Beno Kualat….Wasite bakal kelebu Neroko.Persema bakal degradasi Tahun Kieee….Tak dungakno Kualat…Amiiiin

    [Reply]

  15. Boro juventini
    October 10, 2010 at 1:49 am #

    Tro@omonganmu ambu tambak bandeng,amis…mengandung nggilani..

    [Reply]

  16. singget
    October 10, 2010 at 2:15 am #

    bener mbah sar…g uasah Lapor PSSI..wong PSSI kui BAJINGAN kabeh wong2ane..

    [Reply]

  17. frustrasi
    October 10, 2010 at 2:36 am #

    Biarkanlah kalo banyak pihak yg tdk menginginkan persibo bercokol di isl, semua perbuatan adalah simpanan yg nantinya akan ditanggung sendiri sbg hasil simpanannya.

    [Reply]

  18. _RT.23_
    October 10, 2010 at 5:27 am #

    Aq wez ga iso kmentar ngniki,,mrgo wez kesekian ribu kali prsibo d zalimi…
    Mb sar q bngga dngan mu…Dg tgas n lantang mnguak smua kbusukan wsit2 indonesia,,.
    Bravo prsibo,,jgn mnyerah,prjlnaan msih pnjang ku yakin kau bisa…

    [Reply]

  19. Bekep
    October 10, 2010 at 5:41 am #

    WASIT KARO PSSI PODO GOBLOK E

    [Reply]

  20. Hand2Wap
    October 10, 2010 at 5:42 am #

    pancene pssi+wasite kokean kesalahan kaet mbiyen. . .
    sampek2 kalkulator gag isok nyatet. . . .

    [Reply]

  21. mahe
    October 10, 2010 at 5:50 am #

    kan udah ada tanda2nya kalo persibo gak boleh ke isl, babak 8 besar divisi utama di sidoarjo,itu aja sudah jelas skenariony.kita bukan skenario pssi utk masuk isl. coba liat deltras yg brkali2 diuntungkn pssi,skrg jaya.mengingat dl pssi sering membatalkn degradasi utk deltras.jd kalo kita puny mslh dgn pssi y jgn hrap sukses.udahlah jgn harap fairplay ada d isl. lbih baik perhatikn LPI yg puny tawaran yg menjanjikn.

    [Reply]

  22. mahe
    October 10, 2010 at 5:57 am #

    oalah bos2 jo ngomong kere, ngaca dulu. kita memang miskin stadion g bagus. tp kita menjunjung tinggi fair play. drpd kaya tp buat nyuap wasit. apa sih banggany jd juara kalo dg cara suap.

    [Reply]

  23. SUWARNO cah tani lope PERSIBO
    October 10, 2010 at 6:03 am #

    Wasit ki panganane brang haram tok, jek apik wong tani, senajan sego sambel lalap terong tp halal, Jo sampek anak turunku dadi wasit….

    [Reply]

    el_musthofa Reply:

    Mantabs

    [Reply]

  24. Anoman
    October 10, 2010 at 6:17 am #

    Wasit FAKK…!!!

    [Reply]

  25. Arrey
    October 10, 2010 at 6:22 am #

    Kirim surat langsung k istana negara .

    [Reply]

  26. Kajole
    October 10, 2010 at 6:56 am #

    system ku nek sko nduwur wis busuk, msti mrembet mngisor luweh busuk pisan, jo ngarep asile apik.. mkane wis g prcyo pssi, ningkatno prestasi sko ndi?? nek sik ana praktik2 kyo iku, pssi sak mngisore pncen goblok.
    Sing becik bkal menang, dewangi Sing Kuoso.. GO PERSIBO!

    [Reply]

  27. ikhwan
    October 10, 2010 at 6:59 am #

    ojo wedi lan gumeter ditokne ko ISL ngaleh neng IPl wae mbah..?aq mendkungmu RAWE2 RANTAS MLANG2 PUTUNG pssi ra waras nurd*n kyo luthung

    [Reply]

  28. putune angling dharm0
    October 10, 2010 at 7:04 am #

    wasite P.I.*.E.K

    [Reply]

  29. Butter
    October 10, 2010 at 7:18 am #

    Kalah yo kalah di apakno maneh,kita coba berlatih sikap dewasa aja mnerima kekalahan ini dan jgn mengkambinghitamkan pihak2 tertentu.td malam permainan udah bagus,wasite jg bagus saya rasa tdk banyak merugikan persibo.kita brpikir realistis saja seandainya peluang persibo mjd gol maka kitalah yg menang,berapa kali yg membentur tiang gawang,berapa kali peluang dicky firasat dll….makanya harus dievaluasi utk lini depan,samsul oke tp tandemnya gak sepadan.mbah sar juga,ngapain bengak bengok karena g bakalan digubris PSSI ngapain pula masukin dicky kok g rudi widodo,maaf lho mbah….prtandingan td malam siiip utk persibo,menguasai lapangan,offensiv namun penyelesaian….hancur!!!

    [Reply]

    yefhe Reply:

    betul bos, seandainya gol yg natap mistar kita dah menang 2-1

    [Reply]

  30. el_musthofa
    October 10, 2010 at 7:31 am #

    ayo rame-rame lapor KPK ae. nek perlu lapor FIFA, ben PSSI do wedi mangan duit karam

    [Reply]

  31. Butter
    October 10, 2010 at 7:36 am #

    Tro@ koen sugih dewe ta…..kere iku ndek endi2 mesti ono.celek’o matamu lek’e lampune kate dipasang(standard internasional senilai hampir 9 miliar,koen gak ngiler).

    [Reply]

  32. Tono
    October 10, 2010 at 7:37 am #

    Biasa wae. Wong bal2an i enek menang kalah

    [Reply]

  33. Boromania ReVOgeNeSiZ
    October 10, 2010 at 7:46 am #

    Tinggalkan ISL,sambut datangx IPL…….

    [Reply]

    putune angling dharm0 Reply:

    aq stuju bro.?

    [Reply]

  34. Aroel moeloenk raja
    October 10, 2010 at 8:14 am #

    Cg pnting f0kus lwan Arema lupakan kkalahan,diki firasat dbuak ae grai bncana t0k…

    [Reply]

  35. Pakdhe ÖziL
    October 10, 2010 at 8:44 am #

    Aq nang mburimoe!!!

    [Reply]

  36. Densus"88"
    October 10, 2010 at 9:22 am #

    JIKA SELURUH ELEMEN SEPAK BOLA INDONESIA SEPERTI MBAH SAR, AKU YAKIN TIMNAS NGGAK AKAN KALAH 7 – 1 LAWAN URUGUAY….
    NURDIN MUNDUR…NURDIN MUNDUR…

    [Reply]

  37. pavlyuchenko d'boro
    October 10, 2010 at 9:26 am #

    DICKY FIRASAT 2 peluang emas gak iso ngegolno… Njarak po piye.

    [Reply]

  38. Mr-Jemblong boro mania kedung adem
    October 10, 2010 at 9:47 am #

    kami selaku wakil dari boro mania kedung adem sangat sangat kecewa dengan keputusan wasit,rasanya ngak masuk akal kalau dimenit ke 94 wasit memberi hadiah pinalti kepada persema,mohon petinggi PSSI dan kroni kroninya berkaca diri

    [Reply]

  39. Swip_g "njarjo"
    October 10, 2010 at 10:00 am #

    Inilah bukti kemunduran sepakbola Indonesia, cz PSSI dipimpin oleh seorang residivis mata duitan.

    [Reply]

  40. bojesz
    October 10, 2010 at 10:03 am #

    mbah sartono, gue suka gaya loe…. ra usah wedi mbah, WANI !!!!!!!!!!

    [Reply]

  41. "KING"
    October 10, 2010 at 10:20 am #

    Berkali2 didzolimi..alangkah baeknya persibo ikut IPL..putar ulang..pemain inti ISL skrg dimaenkn di IPL aj,pemain cdngn dpke inti ISL aj..ikt IPL g bs champion asia g mslh,asl fairplay bs memajukan spk bla nas..toh Isl bs champion tp di akhrat g bakalan ditnya..bravo persibo

    [Reply]

  42. bongas
    October 10, 2010 at 10:24 am #

    ya allah

    [Reply]

  43. "Tanjung"
    October 10, 2010 at 10:34 am #

    Kesempatan berharga ikut IPL,jgn sia2kn,thn ini IPL g ada degradasi,so psti dikasta tertinggi,drpda thn dpn baru ikut msk kasta kedua..drpd ISL didzolimi,isl tetap brjuang,IPL hrs terdaftar..

    [Reply]

  44. mENDO Boromania Madureh..
    October 10, 2010 at 10:58 am #

    PSSI, WASIT, PERSEMA, AASSUU

    [Reply]

  45. adit wib
    October 10, 2010 at 11:22 am #

    nasibe persibo podo karo persebaya.manajere persebaya jg dgn lantang ng0m0ng leg pssi g beres.dan akire saiki dgradasi.sakjane menang wo ambe persik,dadi kalah wo ambe persik.ojo brhrap duwur2 dsek,isog brthan nang isl wes sangat bgus.
    Daftar ipl jg,buat njagani.leg g dkeki shock terapy,pancet ngene ae pssi.
    Degradasi gak membuat kami mundur mendukungmu!

    [Reply]

  46. yudie_v.o.c
    October 10, 2010 at 11:43 am #

    Mati Urip ttp PERSIBO !!!

    [Reply]

  47. BoroMania INDONESIA
    October 10, 2010 at 11:51 am #

    Ya Allah ampunilah dosa para pentinggi PSSI dan WASIT Indonesia yang slalu ZALIM,
    Mengapa orang2 PSSI dan WASIT tega menhidupi ANAK dan ISTRINYA dari uang2 KOTOR
    padahal hidup ini cuman sementara……. INGATLAH ANDA MENANAM SIFAT SEPERTI ITU KELAK ANDA AKAN MEMANENNYA JUGA.

    [Reply]

  48. Boro karawang
    October 10, 2010 at 11:53 am #

    LUPAKAN KEMARIN… BANGKITLAH DOLOR BOROKU. Sambut laga musoh arema… Satukan semangat tetep dukung PERSIBO.

    [Reply]

  49. madezink
    October 10, 2010 at 12:07 pm #

    udah, sekarang fokus ke pentandingan selanjutnya….??? mo gimana lagi pertandingan udah selesai.. gak mungkin bisa id ulangi….??? semangat Persiboku…????? FINISINGNYA YANG SIIIP>>>

    [Reply]

  50. mustof borocyber
    October 10, 2010 at 1:37 pm #

    lawan arema tetap optimiz..semangattt

    [Reply]

  51. pavlyuchenko d'boro
    October 10, 2010 at 3:09 pm #

    di dipermasalahlkan itu bukan handball nya tapi waktunya…??

    emang itu bener handsball tapi itu di waktu 90 +4..!!

    kan perpanjangan waktunya cuma 90+3…!!!

    [Reply]

  52. Wong
    October 10, 2010 at 3:46 pm #

    Bantai arema

    [Reply]

  53. Boro karawang
    October 10, 2010 at 4:05 pm #

    Percuma lor, pe bengak bengok pe mencak mencak nek wes urusan kr pssi(Persatuan sepakbola suap indonesia) angel..
    Mending, fokus musoh arema. Kudu menang…

    [Reply]

  54. Macan Oranye
    October 10, 2010 at 4:11 pm #

    Bagi Persibo, kalah menang itu biasa. tapi bukan dengan kemenangan ataupun kekalahan yang terekayasa. sebab kalau sepakbola sudah direkayasa, maka jangan lagi bicara kemajuan dan profesionalisme sepakbola….

    [Reply]

  55. PASOEPATI MILITAN
    October 10, 2010 at 4:16 pm #

    sbr dlur boro,emg PSSI pnuh kbsukkan.ktuane aj narapidana jd sportifitas hnylah mimpi.ayo jgn tkut kta ungkap ke bobrokn di spkbola kita,wasit sdh ngk bsa di prcya! sma dgn PSSI.NURDIN anjing,NUGRAHA RA BECUS,ANDI DANGMODAR..salam edan tapi mapan,wong solo

    [Reply]

    Pakdhe ÖziL Reply:

    Matur nuwun dulur sampun mampir mriki…
    Memang PSSI FAKK!!!
    BOrosoLO qta sodara

    [Reply]

  56. SUWARNO cah tani lope PERSIBO
    October 10, 2010 at 4:20 pm #

    Tak akan ada habisnya, pasti besok akan ada lagi, bhkan yg lbh menyakitkan…

    [Reply]

  57. montana
    October 10, 2010 at 5:02 pm #

    Bismillahirohmannirohiim, Ada sesuatu hikmah di balik semua itu…

    [Reply]

  58. Pakdhe ÖziL
    October 10, 2010 at 6:23 pm #

    Selamatt malammm

    [Reply]

  59. telon13+
    October 10, 2010 at 6:40 pm #

    alhamdulillah nyampek bumi telon lagii

    [Reply]

  60. uong daton etan
    October 10, 2010 at 7:18 pm #

    wasiiit gemblung kabeh….

    [Reply]

  61. Boro karawang
    October 10, 2010 at 7:44 pm #

    Bener lek tani… Manajemen Persibo dah terlanjur buka suara kebobrokan wasit/pssi. Maka kita pun kudu siap2 dengan dagelan wasit yang lebih menyakitkan lagi. Dah kepalang tanggung, so… Kita lawannn pssi… Setuju gak bro???

    [Reply]

  62. Swip_g "njarjo"
    October 10, 2010 at 7:53 pm #

    Waduh bo..persibo, mskpun kamu kalah d’malang, tp bagi warga bj0negoro kamu yg mMenangkan pertandingan melawan persema. Persema menang karena wasit, tapi kau menang karena fair playmu. Smua warga indonesia tau kalau kamu yg menang, mskpun sk0r 1-0 untk persema tapi sk0r bukanlah arti kemenangan.. Tapi semangatlah dan sp0rtivitasmulah yang kita bang9akan darimu persibo.. Semangat…semangat.. Untk persibo.

    [Reply]

  63. boro baureno
    October 10, 2010 at 8:09 pm #

    pahit pedih hrus qt rsain b’sama2, klo’ dh begni qt gk bysa pa2 lgi….. qt hnya mampu brusaha,b’main atraktif & menghbur wlau pun klah, yg pnting te2p ju2r & b’do’a .. keju2ran memng ya t’baik wlau pun tu sngat me nyakit kn…….. bravo persibo slmt tinggal kemungkaran.

    [Reply]

  64. SUNDO asli NJARJO
    October 10, 2010 at 8:29 pm #

    Karawang ganti ID

    [Reply]

  65. SUNDO asli NJARJO
    October 10, 2010 at 8:32 pm #

    Kabare stadion pie lorrr

    [Reply]

  66. mbenk.boro nggalek
    October 10, 2010 at 8:35 pm #

    konsentrasi hdapi arema,xlah menang biasa yang pentng fair play

    [Reply]

  67. Weleh2
    October 10, 2010 at 9:12 pm #

    PSSI silahkan panggil pak Sartono agar smua ini tdk terjdi didunia sport

    [Reply]

  68. syzis vrizas
    October 10, 2010 at 10:27 pm #

    haduhh .. Diki firasat bnyk membuang peluang bung ,

    [Reply]

  69. boro kidul stadion
    October 11, 2010 at 7:50 am #

    NO coment ae wesss . . . . .
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI
    LPI

    TAAKKK DUUUKKUUUNNNGGG!!!!!

    [Reply]

  70. bongas
    October 11, 2010 at 9:34 am #

    siji ae

    WASITE MAMBU TE..PIK

    [Reply]

  71. miracel
    October 12, 2010 at 6:43 pm #

    ayo mbah sar…..tuek-tuek tapi trengginas….hancurkan PSSI (Pererikatan Sex & Suap Indonesia), hukum mati Nurdin Halid

    [Reply]

  72. emprit
    October 12, 2010 at 11:12 pm #

    hidup AREMA INDONESIA

    [Reply]

  73. emprit
    October 12, 2010 at 11:14 pm #

    ayo AREMA INDONESIA

    [Reply]

  74. lasiran boromania
    October 18, 2010 at 8:20 am #

    sip……….
    sip………….
    persibo anti suap………..
    hidup lasiran…………
    hidup sartono………….

    [Reply]

Leave a Reply