Selamat Datang di Liga Paling ’’Bergengsi’’

”WAH, iki wayahe menit-menit penalti (Wah,ini saatnya menit-menit penalti),” seorang penonton di tribune VIP Stadion Gajaya, Malang, berseloroh.


Pertandingan memasuki menit ke-75.Persema Malang meladeni tim promosi Persibo Bojonegoro di Stadion Gajayana,Sabtu (9/10). Celetukan itu mendapat respons dari penonton lain; ’’Durung, paling dilut engkas (Belum, mungkin sebentar lagi)”. Maksud selorohan penonton itu sudah cukup jelas. Biasanya, di Liga Indonesia, tuan rumah mendapatkan kado penalti dari wasit jika gagal mencetak gol.Memang tak semua pertandingan, tapi sudah cukup membuat penonton, wartawan, atau bahkan mungkin rumput lapangan hafal dengan tradisi itu. Saya cuma tersenyum dan kembali konsentrasi ke pertandingan yang membosankan.

Memasuki injury time, saya masih belum percaya dengan ungkapan ’’menit-menit penalti’’.Namun, yang terjadi pada injury timemembuat saya tertegun. Surprise! Wasit Iis Isya Permana benar-benar memberikan tendangan penalti untuk Persema. Penonton pun riuh rendah. Senang dengan penalti itu atau bosan dengan tradisi yang sudah dihafal, saya tak tahu pasti.Yang jelas, itu pemberian penalti yang buruk di pertandingan yang sangat buruk. Selain handball Hamzah masih diragukan, wasit juga memberikan tendangan ketika masa injury time sudah terlewat semenit. Lebih mengejutkan lagi ketika memasuki ruangan pers, Pelatih Sartono Anwar tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Amarahnya meluap.Dia langsung buka kartu soal oknum wasit yang mematok nominal Rp10 juta sebelum pertandingan.

Tujuannya tentu untuk menguntungkan tim Persibo. Sebuah aib besar bagi korps wasit. Kalau ucapan Sartono benar,saya salut dan mendukung keberanian serta keterbukaan Persibo dalam menguak keculasan sang pengadil.Persoalan seperti ini sebenarnya sudah basi di sepak bola dalam negeri. Namun, ternyata kebobrokan seperti ini terus disirami dan tumbuh subur. PSSI juga tidak bereaksi. Untuk sepak bola seperti inikah PSSI meminta anggaran Rp1,3 triliun? Pe r t a n – dingan di Stadion Gajayana malam itu sungguh sebuah jawaban atas kekalahan timnas Indonesia 1-7 saat melawan Uruguay.

Pemain sudah terbiasa memenangkan pertandingan dengan segala cara, terbiasa bertanding di kompetisi yang mempermainkan offside dan pelanggaran untuk menguntungkan satu pihak.Kompetisi dengan tradisi ’’menit-menit penalti’’. Inilah kompetisi paling ’’bergengsi”itu.Sebuah tim merasa gengsi menerima dan mengakui kekalahan. Fenomena itu sekaligus sebagai salah satu alasan munculnya Liga Primer Indonesia (LPI). Namun maaf, saya belum tertarik bicara LPI sebelum ada hasil nyata. Sementara ini, bagi saya, LPI tak lebih dari pengingkaran tanggung jawab dari tim-tim yang mengalami kemerosotan. Ingin selamat secara instan dan menghindari cacian. Itu tak beda dengan meminta sebuah penalti kepada wasit.

Kekecewaan di Stadion Gajayana sekaligus sebagai ucapan selamat datang untuk Persibo yang baru mencicipi Indonesia Super League (ISL) musim ini.Terlepas dari kekalahan menyakitkan, saya memberikan respek pada perjuangan Victor a Silva dkk di lapangan. Mereka yang lebih pantas berpredikat tuan rumah dibanding pemilik kandang. Persema? Saya lebih suka menyebutnya tim tua yang tak pernah dewasa. Selalu ada keputusan-keputusan yang mengganjal.Termasuk musim ini, dengan masuknya Pelatih Timo Scheunemann.

Tanpa mengurangi respek kepada Timo, keputusan mengambil dia sebagai pelatih terbilang sebuah risiko besar untuk tim yang berambisi di papan atas.(*/seputar-indonesia.com)

Kukuh Setyawan
Wartawan SINDO

45 Responses to “Selamat Datang di Liga Paling ’’Bergengsi’’”

  1. rejz
    October 11, 2010 at 10:44 am #

    pertamax

    [Reply]

    rejz Reply:

    iyes, PERTAMAX diamankan.. wayahe nyemak artikel…

    [Reply]

    amnesia Reply:

    wes tak pertamax i dek mau lho

    [Reply]

    Moc Nizar Reply:

    Bung kukuh, penulis artikel, yang handsball viktor bukan hamzah

  2. boro kidul
    October 11, 2010 at 10:46 am #

    ancene wasit n pssi….. BRENGSEKKKKK kabeh

    LAKnAt

    [Reply]

  3. tono
    October 11, 2010 at 10:59 am #

    Setan alasssss

    [Reply]

    dilla Reply:

    huss…

    [Reply]

    fphoer Reply:

    syukur seneni

    [Reply]

    montana Reply:

    kapok d seneni…

  4. fphoer
    October 11, 2010 at 11:11 am #

    ;P

    [Reply]

  5. ojay
    October 11, 2010 at 11:22 am #

    pancen wasit indonesia iku LA.knat kabeh..
    Sak umur delok persibo, iku kekalahan paling menyakitkan, angel nerimo ne..

    Tetep percoyo karo duet syamsul dadi, moga ae striker korea pas lawan arema maine iso manteb..

    Ngasih umpan2 cantik nang dadi.. Soale cuma dadi striker sing tenang + naluri goal tinggi..

    Wingi maene gak kethok.. Menurut ku belum padu wae. Kan lagek gabung..

    Satu kata buat PSSI,

    Jianc*kk….!!!!

    Sa da be..

    [Reply]

  6. ojay
    October 11, 2010 at 11:23 am #

    ayooooo… Dibongkar kabeh kebusukan pssi.. Aq yakin IPL bakal di gelar, dan sedikit demi sedikit ISL bakal tumbang

    [Reply]

  7. amnesia
    October 11, 2010 at 11:36 am #

    gimana mo lolos verivikasi … orang di depan stadion aja terpampang poster orang pake kacamata item trus, pale kaos lengen pendeng ada tulisannya PSSI BANGSAT.. manamungin PSSI mo lolosin.. heheheheheh………..

    [Reply]

    Sastroe (*_*)v Reply:

    hahahahahahahahahahahahahahahahhaha masane wes gaya wi….padahal ngisin2i

    [Reply]

    rejz Reply:

    potone sopo bo?

    [Reply]

    amnesia Reply:

    delok dewe to
    tulisane wakil presiden og

    [Reply]

    montana Reply:

    hahahaha……………………………………hhhhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………………

    [Reply]

  8. Macan Oranye
    October 11, 2010 at 11:41 am #

    Ingin Sepakbola profesional, maka meng-Hentikan APBD untuk Sepakbola Profesional, adalah jawaban pasti……. NB: artikel-mu bagus mas Kukuh Setyawan.

    [Reply]

  9. amnesia
    October 11, 2010 at 11:47 am #

    Kalah Dari Persema, Pemain Persibo Langsung Latihan
    Berbeda dengan kekalahan dari PSM beberapa waktu lalu, kali ini pemain tidak mendapatkan libur setelah bertanding.
    Laporan Muhammad AQ dari Bojonegoro

    Sehari setelah kalah dari Persema Malang, para pemain Persibo Bojonegoro langsung diharapkan untuk turun ke lapangan. Mereka diminta berlatih dan mempersiapkan diri menghadapi Arema Malang pekan depan.

    Kepada GOAL.com Indonesia, asisten manajer bidang teknis Laskar Angling Dharma, Imam Sardjono menceritakan, setelah kalah dari Juku Eja 1-0 di Stadion Brawijaya beberapa waktu lalu, para pemain langsung boleh pulang ke rumah atau ke mess Persibo. Tetapi, kali ini mereka diminta mempersiapkan diri untuk evaluasi dan juga menghadapi Arema FC. Sehingga, tidak ada kata libur atau bersantai.

    “Hanya ada istirahat sehari saja, setelah itu langsung berlatih lagi,” kata Sardjono.

    Sebab, lawan yang akan dihadapi adalah jawara Superliga tahun lalu. Sehingga, para pemain harus sudah siap segalanya.

    “Baik fisik maupun psikis tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” sambungnya.

    Ditanya mengenai evaluasi tim pasca kekalahan dengan tuan rumah Persema Malang 1-0 kemarin, ia mengakui jika banyak hal yang membuat timnya kalah.

    “Semuanya sudah banyak mengetahui, sebab langsung disiarkan televisi. Jadi, tidak perlu dijelaskan lebih detail lagi,” terangnya.

    Pria yang juga pengusaha sukses di Bojonegoro tersebut menegaskan, evaluasi menyeluruh telah dilakukan. Khususnya pembenahan tim, baik pemain maupun official.

    “Kami sangat yakin, jika pertandingan selanjutnya tim kami akan lebih baik,” jelasnya.

    Seperti diketahui, jika saat bertanding di Stadion Gajayana Malang kemarin, Victor Da Silva dkk kalah oleh Laskar Ken Arok dengan satu penalti di penghujung babak kedua. Penalti tersebut mendapat respon negatif dari manajemen Persibo, karena dianggap sudah selesai waktunya. Sehingga, penambahan satu menit lebih sudah menjadi tanda tanya besar bagi tim lawan.

    [Reply]

    amnesia Reply:

    pertamax

    [Reply]

  10. amnesia
    October 11, 2010 at 12:04 pm #

    masih inget pslisi disamping saya kemaren waktu di gajayana
    “wes biasa persema lek maen, mesti entuk penalti”

    [Reply]

    amnesia Reply:

    ralat pslisi>polisi

    [Reply]

  11. telon13+
    October 11, 2010 at 12:54 pm #

    semoga lebih baik

    [Reply]

  12. dhan
    October 11, 2010 at 1:20 pm #

    tak dongakne mg2 wasite ndank tobat…

    nek jek dibaleni maneh tak dongakne anak cucune manduL, soro, mlarat,…lan akhire sakarotul maute megap2 10.000.000 tahun…

    [Reply]

  13. muiz
    October 11, 2010 at 1:30 pm #

    Malang buat sendiri aja liga. pesertanya PERSEMA, PERSIKOBA dan AREMA.

    hari ini GOL kok beli pake uang…
    wasitnya juga mata duwitan

    [Reply]

  14. lumut
    October 11, 2010 at 2:02 pm #

    Fokus Lawan Arema, Sore Ini, Persibo Mulai Latihan
    Reporter : Abdul Qohar

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Kekalahan menyakitkan yang dialami Persibo Bojonegoro langsung menjadi bahan evaluasi menejemen dan seluruh anggota tim.

    Bahkan, Senin (11/10/2010) sore nanti, pelatih Sartono Anwar langsung mengagendakan latihan rutin di Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro. Latihan tersebut dilakukan untuk memantapkan persiapan tim menjelang laga away selanjutnya melawan Arema pekan depan.

    Data yang dihimpun beritajatim.com di lapangan menyebutkan, jika pelatih tengah mengotak-atik formasi ideal saat dijamu jawara Indonesia Super League (ISL) musim kemarin.

    Yang jelas, menejemen sejauh ini masih cukup puas dengan performa tim yang kebanyakan diisi muka-muka baru dan membutuhkan adaptasi yang cukup lama. “Semuanya telah dievaluasi dan kami tengah merancang untuk pertandingan selanjutnya,” kata Menejer Laskar Angling Dharma, Letkol Inf Taufiq Risnendar.

    Diterangkan, jika setelah kalah dari PSM Makasar beberapa waktu lalu, para pemain sempat mendapatkan libur. Namun, kali ini mereka hanya diperbolehkan istirahat di mess dan tempat menginap mereka di Bojonegoro. “Sebab, persiapan kita harus lebih matang dibandingkan dengan sebelumnya,” jelasnya.

    Seperti diketahui, jika sejauh ini Persibo Bojonegoro baru mengumpulkan satu poin. Yakni saat melawan Persiba Balikpapan di Stadion Brawijaya Kota Kediri di laga perdana.

    Sementara itu, di pekan kedua dan ketiga, Victor Da Silva dkk harus takluk dengan lawan-lawannya, yakni 0-1 dari PSM Makasar dan dikalahkan tuan rumah Persema Malang. Bahkan, saat ini Persibo berada di papan bawah ISL 2010/2011 dan memasuki masa-masa yang cukup kritis. [dul/kun]

    [Reply]

  15. syzis vrizas
    October 11, 2010 at 2:03 pm #

    isik awal2 ae gpp , engko nek wis maen ning sls d balez … Sing penting diki firasat ojo dimaeno

    [Reply]

  16. rejz
    October 11, 2010 at 2:34 pm #

    ndeh ndi wajahem muncul d web sebelah 😀 [aku kalah]

    [Reply]

    amnesia Reply:

    ndi to?

    [Reply]

  17. cah godol
    October 11, 2010 at 2:44 pm #

    aku males komentar. mergo wasite asu. mestine wasit asu kuwi yo mimpin asu, dudu menungso

    [Reply]

  18. boroKanor
    October 11, 2010 at 2:50 pm #

    Astagfirulloh………

    [Reply]

  19. azep
    October 11, 2010 at 4:28 pm #

    PSSI & nurdin, BANGSAT,SETAN & BAJINGAN

    [Reply]

  20. frustrasi
    October 11, 2010 at 4:29 pm #

    aku mengelus dada.

    [Reply]

  21. ayen boromania
    October 11, 2010 at 6:31 pm #

    AYO PERSIBO WALAU KALAH TAPI KAMU TELAH MENUNJUKAN BAHWA KAMU PANTAS MENJADI JUARA ISL TAHUN INI? DAN UNTUK PREKDISI MELAWAN AREMA NANTI 2-1 UNTUK PERSIBO.,.,.! HIDUP PERSIBO

    [Reply]

  22. PASERBUMI PERSIBA
    October 11, 2010 at 8:27 pm #

    Ttep smangat dulur.
    Disaat bginilah seluruh elemen,terutama b0r0mania sangat dibutuhkan untuk menaikkan mental dan smangat para pemain.
    Keep spirit..
    Lam damai,lam hangat dr kami Paserbumi tlatah j0gjA

    [Reply]

    rejz Reply:

    suwun derek sedulur PASERBUMI, monggo disekeca’aken :)

    [Reply]

  23. brodhin
    October 12, 2010 at 1:08 am #

    bangkitlah persibo…. jangan terlalu berlarut2 dengan kekalahan atau keputusan wasit… kita akui atau tidak bahwa memang belum ada yang namanya sportifitas di persepak bolaan tanah air… tapi kita ini bukan persatuan pengacara atau pakar hukum kita ini adalah laskar angling dharmo jadi biarkanlah wasit dengan keputusanya yang sudah di jatohkan itu buat kita yang terpenting adalah bagai mana menghadapi pertandingan kedepan agar kita bisa mewujudkan cita cita kita bravo persibo…..

    [Reply]

  24. Abi
    October 12, 2010 at 7:49 am #

    IMHO, aku pernah dapat di milis BOLA, kalau wasit meniup peluit setelah waktu extra time berakhir itu gak apa-apa, yang gak boleh kalau wasit meniup peluit sebelum waktu extra time yang diberikan inspektur pertandingan bener2 habis.

    Contohnya :
    Partai Final UCL 2007, AC Milan lawan Liverpool. Ketika itu Benitez mencak2 karena dari tambahan waktu 3 menit, wasit meniup peluit sebelum 3 menit itu habis (kalo ndak salah di menit ke 2 lebih 15 detik’an/CMIIW).

    [Reply]

  25. Abi
    October 12, 2010 at 7:50 am #

    Jadi kalao wasit meniup peluit lebih dari dari injurytime memang dibolehkan.

    [Reply]

    rejz Reply:

    hehe makasih om masukkannya, masalahnya PERSIBO pernah dirugikan dengan yg namanya “peluit setan”.

    masih ingat memori manahan? extratime masih kurang 4 menit lagi [harusnya 15 menit, eeehh baru 11 menit udah di prriiiittt.. prrriiiitt…] kok sudah ditiup?
    nah kejadian itu terulang lagi [persema vs PERSIBO] tapi dengan skema yg berbeda, kali ini dengan cara menambah waktu extratime [mirip2 chelsea vs barca taon lalu :p]

    [Reply]

    Abi Reply:

    memang dilema sebenarnya. Apalagi kualitas wasit indonesia yang bener2 kualitas tidak banyak. :(

    Chelsea ama Barca memang lebih waktunya, jagoan ane kalah pas itu :(, tapi kalau kita tidak tahu aturan tentang pemberian waktu lebih buat ekstra team akan akan memaki wasit 😀

    Semoga Nurdin cepet lengser uamiiiinnnnnnnnnnnnn

    [Reply]

    rejz Reply:

    sabar ae kang hehehehe…

    iya maklum kadang banyak yg cm mengandalkan fanatik, tapi kurang mengerti arti dari fanatik itu sendiri. 😀
    ngemeng2 soal chelsea vs barca, jagoan ane tu yg menang wkwkwkwkwk..

    SADEBE kang 😀

  26. sudaryawan
    October 12, 2010 at 10:18 am #

    WASITE BANGSAT DIBUNUH SAJA, nek ono seng nyanyi ngono kok di dendo barek PSSI, ranjine ngono PSSI iku opo perkumpulane wong seng koyo ASU2 iku tho mas……? YEN LANANG TENAN KUDUNE PENGURUSE PSSI ORA MBIDEK WAE

    [Reply]

  27. Boro
    October 12, 2010 at 5:51 pm #

    Admin,,,nunut share berita mas,,,

    ancene kebacut,,,

    [Reply]

  28. boro sida
    October 13, 2010 at 12:38 pm #

    Lihat wasit garis sewaktu tendangan pojok akan dimulai dan menghasilkan penalti……. dia sudah menulis angka satu dan tersorot kamera……. gk tau apa mksudnya………. apa mungkin 1-0 untuk Persema ?????????

    [Reply]

Leave a Reply