Seleksi Persibo U-21 Diserbu Pemain

Meski hanya mengundang pemain yang direkomendasikan klub internal anggota Pengcab PSSI Bojonegoro, namun seleksi untuk memenuhi kuota tim Persibo U-21 dibanjiri pemain dari luar daerah.

Selama tiga hari seleksi, ada lebih dari seratus pemain yang mengikuti seleksi. Sebagian besar dari klub-klub internal Bojonegoro. Selain itu, ada beberapa pemain dari luar daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Tulungagung. ”Kalau aturan seleksi kan sudah jelas. Hanya untuk pemain lingkup Bojonegoro, bukan dari luar,” kata manajer tim Persibo U-21, Donny Bayu Setiawan.

Donny menjelaskan, pemain yang bisa mengikuti seleksi harus terdaftar sebagai pemain di kompetisi internal dalam setahun terakhir. Selain itu, pemain bersangkutan harus mendapatkan rekomendasi dari klub. ”Semua kan sudah jelas dan nggak perlu dijelaskan lagi,” tegasnya.

Menurut Donny, saat ini seleksi difokuskan untuk melihat kemampuan teknis pemain. Berikutnya dilakukan seleksi administrasi dnegan mencocokan data yang ada. Termasuk database kompetisi internal, rekomendasi klub, serta domisili pemain bersangkutan.

Pelatih Persibo U-21, Hanafi mengatakan, saat ini tinggal 40 pemain yang lolos ke tahap berikutnya. Menurut Hanafi, seleksi yang bersifat teknis menjadi wewenangnya. Dia memastikan proses seleksi dilakukan secara obyektif dan tidak ada titip-titipan. ”Sedang untuk seleksi administrasi semua diserahkan ke manajemen,” kata mantan pelatih Persis Solo itu.(jpnn)