Senayan, Kami Datang…

Persibo Bojonegoro tak perlu menunggu hingga laga terakhir untuk menyandang gelar juara penyisihan grup III kompetisi divisi I. Kemarin, tanpa memeras keringat tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini menahbiskan diri sebagai juara grup.

Gelar itu dalam genggaman setelah PSIR Rembang yang menjadi rival terdekat Persibo, terjungkal di kandang Persepar Palangkaraya. PSIR menyerah dengan skor 2-1. Dengan kekalahan tersebut, Beny Hartanto dkk tak mungkin lagi mampu mengejar Persibo. Menyisakan satu pertandingan tersisa, PSIR baru mengumpulkan 33 poin atau selisih empat poin dibandingkan Persibo yang sudah mengoleksi 37 poin. Persiba Bantul dan Gresik United, dua tim lain di grup III ini juga tak mungkin mampu mengejar perolehan poin Persibo. Gresik United misalnya. Meski kemarin mampu mengempaskan tamunya Persid Jember dengan skor telak 4-0, tim polesan Sanusi Rahman itu kini hanya memiliki 32 poin. Kalau pun mereka menang di laga terakhir, poin yang dikemas Lexe Anderson dkk hanya 35.

Dengan perhitungan tersebut, pertandingan terakhir Persibo melawan tuan rumah Mojokerto Putra tak lagi menentukan. Kalah berapa pun Persibo tetap berhak menyandang gelar juara grup dan lolos ke Senayan, Jakarta. Mereka akan bersaing dengan tiga juara grup lainnya untuk memperebutkan mahkota juara kompetisi divisi I.

Manajer Persibo Lekol (Inf) Kup Yanto Setyono mengaku sangat gembira sekali mendengar kabar kekalahan PSIR. “Paling tidak kami tak usah menunggu pertandingan terakhir untuk menjadi juara grup,” katanya.

Meski sudah memastikan lolos ke divisi utama tahun depan dan menyandang juara grup, Kup Yanto tetap berharap saat bertanding melawan Mojokerto Putra nanti para pemainnya bermain normal.

“Intinya, kalau menang malah bagus, meski kalah pun tak apaapa,” ujaraya.

Kup Yanto mengaku pihaknya tidak melakukan persiapan khusus menjelang pertandingan babak empat besar di Senayan. Dia hanya akan memaksimalkan kekuatan yang ada untuk menghadapai babak empat besar. “Sebab kami juga belum tahu kekuatan calon lawan,” katanya.
(Sumber : Radar Bojonegoro / Website Pemkab Bojonegoro)