Siap Jadi Tuan Rumah Delapan Besar

Tiket ke putaran delapan besar divisi utama semakin di depan mata. Manajemen Persibo optimistis tiket tersebut tak akan lepas. Bahkan, mereka siap menjadi tuan rumah babak delapan besar kompetisi divisi utama.

“Kita sudah rapat dan sepakat mengajukan diri sebagai tuan rumah,” kata Manajer Persibo Letkol Inf Taufik Risnendar.

Dia menuturkan, setelah dilakukan rapat, manajemen berkesimpulan Persibo bakal memiliki banyak keuntungan apabila menjadi tuan rumah. Meskipun, anggaran yang dikeluarkan untuk menjadi tuan rumah tidak sedikit.

“Intinya kita mencalonkan dulu. Masalah nanti ditunjuk atau tidak, ya tinggal nanti bagaimana, tapi kita siap,” katanya.

Pria yang juga komamdan Kodim 0813 Bojonegoro itu hanya khawatir terkendala dengan kondisi lapangan saat mengajukan diri sebagai tuan rumah delapan besar. Sebab, sesuai aturan yang diterima manajemen tim, stadion yang digunakan untuk delapan besar harus mempunyai lampu penerangan. Tujuannya, pertandingan bisa dihelat hingga malam hari.

Sementara Stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro hingga kini belum ada lampu penerangannya. “Kalau stadion pendamping kita nggak masalah. Kita bisa pakai Stadion Tri Dharma Gresik atau Surajaya Lamongan,” tuturnya.

Untuk kelengkapan syarat lainnya, lanjut dia, relatif tidak ada masalah. Termasuk sarana hotel dan lapangan untuk tempat latihan tim peserta delapan besar.

Taufik menambahkan, untuk bisa menggelar babak delapan besar dibutuhkan dukungan dari pemkab DPRD, dan seluruh masyarakat kota setempat. Sebab, biaya untuk menggelar babak delapan besar hingga kini belum ada anggarannya. “Karena itu kita akan bertemu pemkab dan DPRD terkait hal ini,” katanya.

Sesuai manual pertandingan, putaran delapan besar akan dibagi dua grup. Masing-masig grup berisikan empat tim. Mereka bertanding dengan sistem home turnamen.

Setiap juara grup bakal bertanding silang dengan runner up grup lain. Pemenang dua pertandingan akan bertemu di babak final. Sementara yang kalah berebut juara ketiga. Bagi juara pertama hingga ketiga berhak langsung lolos ke Indonesia Super League (ISL) musim depan. Sementara peringkat empat akan melakukan playoff melawan peringkat ke-15 di klasemen akhir ISL musim ini. (ade/jpnn)