Siapkan Diri Hadapi Persema

Menjelang pertandingan terakhir putaran pertama Liga Primer Indonesia (LPI), Persibo Bojonegoro jauh-jauh hari telah menyiapkan diri.

Bahkan, jajaran pelatih sudah melemparkan psywar tentang kesiapan para pemain untuk menghadapi tuan rumah Persema Malang. Informasi yang dihimpun beritajatim.com, Senin (16/5/2011) menjelaskan, para pemain sudah disiapkan untuk melawat ke Kota Apel.

Di antaranya, mengasah formasi baru 3-4-2-1 yang pertama diterapkan pada saat menghadapi Solo FC Sabtu (14/6/2011) pagi. “Memang benar, pada saat menggunakan formasi yang baru, para pemain sempat kebingungan,” kata pelatih Laskar Angling Dharma, Luciano Leandro.

Diterangkan, menjelang babak pertama berakhir pada saat menjamu Solo FC dua hari lalu, ternyata para pemain sudah mulai bisa menikmati pertandingan.

“Dengan perubahan formasi dari yang lama 3-5-2 ke 3-4-2-1, maka perlu adanya beberapa perbaikan-perbaikan,” lanjutnya.

Luci, panggilan akrab Luciano Leandro menjelaskan, jika dengan perubahan strategi yang lebih memperkuat jantung lapangan tengah itu, ada beberapa pemain yang digeser.

Salah satunya menempatkan Aang Suparman sebagai gelandang bertahan dan menggeser Akhmad Sumardi lebih ke belakang mendampingi Aris Tuansyah dan M Hamzah.

Sedangkan di tengah ada beberapa nama yang dipasang selain Aang. Seperti Novan Setya Sasongko di sebelah kiri dan Nur Hidayat di kanan. Juga ada Medieros Wallancer dan Kang Hyun Kim yang menjadi jenderal lapangan tengah.

“Di depan, duet Dicky Firasat dan Samsul Arif sudah bagus dan bisa saling mengisi kekosongan permainan,” tambahnya.

Ditanya apakah formasi tersebut tetap akan dipakai saat menghadapi tim kuat Persema Malang ? Luci mengaku belum bisa banyak bicara. “Yang pasti, kita lihat siapa pemain yang siap diturunkan nanti. Karena, strategi menyesuaikan dengan pemain yang ada,” lanjutnya.

Menurutnya, pertandingan terakhir di jeda paruh musim kempetisi tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebab, jika bisa memetik hasil bagus, akan bisa membuat peringkat Persibo di klasmen sementara juga lebih baik lagi.(air/dul/beritajatim.com)