Siapkan Trio Striker

Bagi Paulo Camargo, pelatih Persibo Bojonegoro, tak ada perbedaan antara bermain di kandang sendiri maupun luar kandang. Laskar Angling Dharma akan tetap memainkan sepakbola menyerang dengan pola 3-4-3. Termasuk ketika menghadapi PSM di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Minggu (15/4) nanti.
“Menurut Camargo, sepakbola itu kalau tidak menyerang serasa kurang enak,” kata Manajer Persibo Nur Yahya, Jumat (13/4). Seperti biasa, tim kebanggaan Boromania itu bakal menurunkan Samsul Arif, M Nur Iskandar, serta Jairon Feliciano sebagai trisula lini depan. Nur Yahya memastikan tiga striker itu bisa turun sekaligus, termasuk Iskandar yang sempat mengalami cedera pangkal paha. “Iskandar sudah sembuh. Dia kemarin sengaja tidak dibawa ke Bantul karena harus menjalani terapi,” bebernya.
Persibo dikalahkan Semen Padang FC 4-2 pada pertandingan terakhir di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (8/4) lalu. Kekalahan itu membuat posisi Persibo di puncak klasemen sementara IPL diambil alih Semen Padang. “Kita cari poin maksimal agar bisa kembali ke puncak klasemen. Kalau tidak bisa menang, ya paling tidak seri,” sambung pria yang akrab disapa Yayak itu.
Sayang Persibo tidak bisa tampil full team karena Gustavo Hernan Ortiz terkena akumulasi kartu kuning. Sebagai ganti, Camargo telah menyiapkan Mekan Nasyrov dalam latihan. Sedangkan posisi
bek kiri yang ditinggalkan Mekan bakal diisi Edi Sibung Sukamto. “Skenarionya seperti itu. Tapi bisa saja pelatih melakukan perubahan, tergantung situasi di lapangan,” paparnya.
Yayak mengaku telah menyerahkan rekaman pertandingan PSM kepada Camargo guna dipelajari. Termasuk rekaman pertemuan pertama kedua tim di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, 19 Februari lalu yang berakhir 1-1. “Yang perlu diwaspadai dari PSM adalah kepintaran mereka memancing emosi lawan. Pelatih sudah saya kasih tahu soal ini,” tutup Yayak. (ligaprima)

35 Responses to “Siapkan Trio Striker”

  1. iwan boro lintas barat
    April 14, 2012 at 4:05 pm #

    semoga bisa meraih hasil yang maksimal

    [Reply]

  2. The Janggel
    April 14, 2012 at 6:53 pm #

    Realistis mas brow, seri aja udah lebih dari cukup.

    [Reply]

  3. ELKO
    April 14, 2012 at 6:56 pm #

    (fix): batal live di rcti, laga di tunda jadi pkl 19.30 wita atau pkl 18.30 wib

    [Reply]

  4. ELKO
    April 14, 2012 at 7:05 pm #

    Partai kandang PSM
    Makassar kontra Persibo di
    Stadion Andi Mattalatta,
    Makassar, Minggu (15/4),
    batal ditayangkan langsung
    RCTI. Terkait dengan itu,
    dalam pertemuan manajer
    disepakati jadwal kick off
    pertandingan lanjutan
    Indonesian Premier League
    (IPL) itu diundurkan dari
    pukul 17.00 Wita (16.00 WIB)
    menjadi pukul 19.30 Wita
    (18.30 WIB).
    Perubahan itu sudah
    dilaporkan ke PT Liga Prima
    Indonesia Sportindo (LPIS)
    selaku operator kompetisi.
    “Tim tuan rumah berhak
    mengubah jadwal
    pertandingan, tentu saja
    dengan persetujuan tim
    tamu dan LPIS,” kata Media
    Officer Persibo Imam
    Nurcahyo, Sabtu (14/4).
    Pelatih Persibo Paulo
    Camargo menambahkan,
    main sore atau malam tidak
    masalah bagi timnya.
    Asalkan Persibo diberi jatah
    waktu mencoba lapangan
    sesuai dengan jadwal kick
    off. Atas perubahan ini,
    Samsul Arif dan kawan-
    kawan baru menggelar
    latihan resmi di Stadion Andi
    Mattalatta pada pukul 19.30
    Wita. “Tidak apa-apa, kita
    siap main sore atau malam,”
    cetus Camargo. (*)

    [Reply]

  5. falatehan afel batu
    April 14, 2012 at 10:59 pm #

    MAKASSAR – Pasukan Ramang PSM Makassar kembali akan melakoni laga lumayan berat saat menjamu Persibo Bojonegoro di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (15/4/2012) malam. Meski sang tamu datang dengan kondisi gangguan nonteknis, namun Pasukan Ramang menganggap Laskar Angling Dharma tetaplah sebuah ancaman serius.

    Maka dari itulah, tak ada jalan lain bagi PSM jika ingin mengamankan poin di kandang kecuali dengan terus bermain menekan sepanjang pertandingan. Sedetik pun Persibo tidak boleh mengembangkan permainan, apalagi jika sampai memegang kendali permainan.

    “Persibo adalah tim bagus. Buktinya mereka sempat ke posisi satu dan sampai sekarang tak pernah terlempar dari posisi tiga besar. Meski main di kandang, kami tetap harus bekerja keras menghadapi mereka,” kata Pelatih Kepala PSM Makassar Petar Segrt usai latihan tim kemarin.

    Pengakuan Petar soal Persibo tak ada salahnya. Klub sepakbola asal kota minyak Bojonegoro ini adalah tim yang memang solid dalam kolektivitas bermain. Tim ini sudah bersama sejak menjuarai Divisi Utama dan melangkah ke kompetisi Indonesian Premier League.

    Akan tetapi tetap tak ada yang sempurna. Meski Persibo diakui sebagai tim kuat, namun tetap saja ada celahnya. Lawatan Persibo kali ini diiringi oleh beberapa catatan kurang manis.

    Di laga terakhirnya Persibo dihajar 4-2 saat menjamu Semen Padang. Kekalahan ini tentu menjadi bekal negatif, sebelum dijamu anak-anak Makassar. Apalagi kini kekuatan Pasukan Ramang terbilang dahsyat setelah berhasil menggilas Persijap Jepara di kandangnya dan imbang melawan Madiun Putra.

    Belum lagi konflik internal yang tengah mendera. Dengan alasan kemanan, pihak kepolisian tidak memberi izin kepada Persibo untuk menggelar laga tandang hingga batas waktu yang belum diketahui. Pihak manajemen Laskar Angling Dharmo pun tengah menimbang-nimbang untuk pindah markas, yang sudah barang tentu ditentang oleh pecinta sepakbola Bojonegoro.

    Secara statistik pertemuan pun, keunggulan masih memihak ke kubu PSM. Di IPL musim lalu, Pasukan Ramang sukses menggasak Syamsul Arief dkk. Catatan manis bagi PSM itu kemudian berlanjut di IPL musim ini. PSM berhasil menahan imbang Persibo di kandangnya sendiri.

    Namun Petar bukanlah tipe pelatih yang suka terbuai dengan statistik pertandingan. Baginya, Persibo tetap membawa ancaman. “Kami tak mau terpeleset di kandang. Instruksi saya kepada pemain, tetap terus menekan. Jangan biarkan Persibo unggul permainan sedikit pun,” pungkas mantan pembesut Bali Devata FC ini.

    Ungkapan yang sama juga dilontarkan oleh sang kapten. Il Capitano PSM Makassar Andi Oddang menyebut laga kali ini, kedua tim tetap berpeluang keluar sebagai pemenang. Namun bagi pemain paling senior di PSM ini, seluruh punggawa tim begitu bersemangat untuk membawa tim meraih tiga poin kemenangan.

    “Persiapan kami cukup bagus. Seluruh pemain begitu bersemangat mempersembahkan kemenangan. Kami minta doanya semoga bisa menang lagi,” pungkas sang kapten. (Sulaiman Karim/Koran SI/acf)

    [Reply]

  6. aku boromania
    April 15, 2012 at 6:34 pm #

    semoga bisa mencuri point di kandang PSM.

    [Reply]

  7. terkini
    April 15, 2012 at 7:23 pm #

    PSM-Persibo 1-0 (’19 Andi Oddang), (’42 Hary Syahputra-kartu kuning)

    [Reply]

  8. oranye
    April 15, 2012 at 8:17 pm #

    tlong update skor.ny dulur…deg”an nggu hsil.
    Mgaa mnang!

    [Reply]

  9. falatehan afel batu
    April 15, 2012 at 8:41 pm #

    pSM 2:1 persibo
    (andi oddang, spassojevic) (samsul)

    [Reply]

  10. oranye
    April 15, 2012 at 9:19 pm #

    kendat kendat

    [Reply]

  11. oranye
    April 15, 2012 at 9:26 pm #

    smgat smgat smgat!

    [Reply]

  12. East boys.
    April 15, 2012 at 9:43 pm #

    ajuuuur….

    [Reply]

  13. Tanda tandanya
    April 16, 2012 at 3:55 pm #

    Ndang cpt dilego wae. Pemkab e yo wis ra melu duwe kok. Mumpung sik payu. Ngko selak kudanan mlempem lho. Wkkek. Bok marah kawan yo

    [Reply]

  14. Wong Katrok
    April 16, 2012 at 4:19 pm #

    Menang yo tak dukung,kalah yo tetep tak dukung.PERSIBO go ahead….!

    [Reply]

  15. falatehan afel batu
    April 16, 2012 at 9:36 pm #

    Tenggarong – Mantan pemain Liga Inggris, Marcus Bent, dan pemain asal Kamerun, Pierre Njanka, resmi didepak Mitra Kukar. Keduanya didepak lantaran tampil kurang memuaskan dan dianggap tak profesional.

    “Surat pemberhentian sebagai pemain Mitra Kukar hari ini sudah disampaikan Manajer Operasional (Suwanto) kepada Marcus Bent dan Pierre Njanka yang berada di Samarinda,” kata Ketua Umum Mitra Kukar, Endri Erawan, kepada detikSport, Senin (16/4/2012) malam WITA.

    Penyerang yang disebut-sebut berbanderol lebih dari Rp 3 miliar itu dinilai tidak mampu memenuhi ambisi tim untuk menembus 3 besar klasemen ISL pada putaran pertama lalu.

    “Tidak efisien Marcus Bent dengan harga segitu, harga mahal, dibanding kontribusinya terhadap klub yang menargetkan bisa menembus 3 besar,” ujar Endri.

    Sementara Njanka disebut bersikap tidak profesional lantaran berpergian ke Prancis tanpa izin dari manajemen klub.

    “Memang dia minta izin, mungkin untuk urusan keluarga, tapi tidak kita berikan izin berangkat ke Prancis. Njanka tetap ngotot berangkat ke Prancis,” ketus Endri.

    “Selain itu, manajemen juga melihat Njanka sudah tidak bisa bermain maksimal. Dia terlihat seperti bermain setengah hati bermain di Indonesia.”

    Usai mendepak Bent dan Njanka, Mitra Kukar berniat mendatangkan dua pemain asing sebagai pengganti. Satu pemain bersal dari Belanda, sementara yang lainnya berkewarganegaraan Kamerun. Masing-masing berposisi sebagai striker dan bek

    “Satu hingga dua hari ke depan, pemain Belanda dan Inggris itu akan datang ke Tenggarong, supaya bisa segera berlatih bersama pemain lainnya,” sebut Endri tanpa merinci nama kedua pemain baru tersebut.

    “Di putaran kedua ini, semua tim berpacu meraih hasil terbaik. Manajemen tetap optimistis. Dengan pemain yang ada saat ini, klub akan berada di posisi 3 besar klasemen hingga akhir musim ini,” tutup Endri.

    *wah bisa juga ni si njanka dbungkus k bjn*

    [Reply]

  16. oranye
    April 17, 2012 at 8:40 pm #

    sepine dulur,web.e…

    [Reply]

  17. bocken
    April 19, 2012 at 6:29 am #

    web sepi karna masih dalam masa hari brkabung slma 7 hari..jadi bendera stngah tiang masih brkibar di bojonegoro..akibat persibo menelan dua kekalahan beruntun…

    [Reply]

  18. bocken
    April 19, 2012 at 6:34 am #

    wajar sepi kan jk masa brkabung..wong bendera neng gonku ijek berkibar setengah tiang…

    [Reply]

  19. oranye
    April 19, 2012 at 8:15 am #

    cuaach.brita eo gak diupdate…

    [Reply]

  20. sepi
    April 20, 2012 at 10:41 am #

    sepiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    [Reply]

  21. aku boromania
    April 20, 2012 at 2:56 pm #

    kalah neh gann.. pie persibo kok turun kasta

    [Reply]

  22. oranye
    April 20, 2012 at 3:40 pm #

    wezt mboh..pusing…msuh prsija maen nandi?

    [Reply]

  23. falatehan afel batu
    April 21, 2012 at 5:55 am #

    BOJONEGORO – Persibo Bojonegoro akhirnya bisa bernafas lega karena pemain yang mengikuti seleksi di tim nasional (timas) akhirnya tetap diperbolehkan membela klubnya di kompetisi reguler. Kabar ini membuat Persibo menyongsong laga kontra Persija dengan kepala tegak.

    Empat pemain yang dipanggil timnas adalah Samsul Arif, Nur Iskandar (striker), Jajang Paliama (gelandang) dan Sigit Meiko Susanto (bek). Dengan diperbolehkannya pemain memperkuat tim di Indonesian Premier League (IPL), kini Pelatih Paulo Camargo tak banyak kehilangan pemain.

    Pekerjaan yang harus diselesaikan adalah menambal lini belakang karena dua pemain absen, yakni Lexe Anderson dan Hary Syahputra. Ini untuk pertama kalinya Laskar Angling Dharma mendapat ujian serius di pertahanan dengan hilangnya dua pilar sekaligus.

    Namun Camargo sedikit beruntung, karena ada kabar baik yang menaungi timnya. Bek senior dan berpengalaman Aries Tuansyah dinyatakan fit dan siap bermain lawan Persija Jakarta, Senin (23/4) nanti. Di laga sebelumnya kontra PSM, pemain ini sudah duduk di bangku cadangan walau dimainkan.

    “Kami terus memantau perkembangannya dan dia sudah merasa siap untuk diturunkan. Walau begitu untuk memainkannya penuh juga butuh pertimbangan, karena bagaimana pun juga Aries lama tidak bermain di tim utama. Kami akan pikirkan langkah terbaik,” kata Asisten Pelatih Persibo Wanderley Junior.

    Masuk akal memang, pemain yang sebelumnya mengenakan ban kapten Persibo sebelum diambilalih Samsul Arif itu memang masih membutuhkan adaptasi di tim utama Persibo. Sebab Aries sama sekali belum merasakan nuansa di pertandingan resmi, bahkan ia juga tak optimal di program pra musim.

    Kendati demikian, staf pelatih masih percaya pemain dengan tinggi badan menjulang tersebut bisa secepatnya masuk tim reguler. “Dia (Aries) mempunyai kemampuan dan pengalaman lebih. Melihat kondisinya, dia bisa saja langsung bermain saat menghadapi Persija,” tambah Wanderley.

    Aries Tuansyah adalah pemain yang sangat ditunggu-tunggu penampilannya oleh Boromania, supporter fanatik Persibo. Maklum, sempat sebagai kapten tim saat dilatih Sartono Anwar, pemain asli Bojonegoro ini pernah berjasa mengangkat pamor Persibo ketika mentas dari Divisi Utama dua musim lalu.

    Kala berlaga di Liga Primer Indonesia (LPI), Aries nyaris tak tergantikan posisinya sebagai centre back. Sayang ia harus cedera panjang seusai kompetisi LPI dan harus melupakan tim utama selama separuh musim IPL. Posisinya kemudian ditempati centre back Brasil Lexe Anderson.

    Kesempatan Aries menjadi starter kala menantang Persija tampaknya terbuka sangat lebar. Sebab di lini belakang nyaris tak ada stok pemain berpangalaman. Naman-nama yang sering menempati tim utama hanyalah Aang Suparman dan Sigit Meiko. Dengan memakai tiga bek, maka Aries dirediksi bakal langsung menjadi starter.

    “Aries adalah pemain yang kami tunggu-tunggu penampilannya. Ia menjadi kebanggaan Boromania karena sangat loyal dan berjasa mengangkat prestasi Persibo. Semoga dengan masuknya dia ke tim utama akan menambah kekuatan tersendiri bagi tim,” kata Manajer Tim Persibo Nur Yahya.

    (Kukuh Setiawan/Koran SI/seb)

    [Reply]

  24. oranye
    April 23, 2012 at 6:28 am #

    wes leq gak nek update brita mnding gak sah gae web ae…

    [Reply]

  25. ELKO
    April 23, 2012 at 10:31 am #

    Persija vs Persibo, std. Wilis Madiun, kick of pkl 19.00 WIB Live Global tv.

    [Reply]

  26. falatehan afel batu
    April 24, 2012 at 12:43 am #

    MADIUN – Persibo Bojonegoro akhirnya mengakhiri kutukan tak pernah menang di luar kandang. Menantang Persija Jakarta di Stadion Wilis, Madiun, Senin (23/4) malam, Persibo mencatat kemenangan 2-3 dan menjadi kemenangan pertama musim ini di luar Bojonegoro.

    Nur Iskandar menjadi pahlawan Persibo dengan dua gol indahnya menit 5 dan 62. Gol tim tamu lainnya dikreasi Samsul Arif menit 22. Sedangkan Persija hanya mampu memperkecil skor melalui dwi gol Emmanuel De Porras menit 47 dan 80.

    Hasil ini sangat memuaskan ribuan Boromania yang rela datang ke Madiun demi mendukung tim Persibo. Fakta di Stadion Wilis juga unik, justru Persibo yang pantas disebut tim tuan rumah karena banyaknya supporter yang memadati stadion.

    Sungguh skenario yang sangat cerdas dari Pelatih Persibo Bojonegoro Paulo Camargo. Menyiapkan Samsul Arif dan Nur Iskandar yang mempunyai kecepatan tinggi untuk melakukan strategi counter attack. Skema yang tepat mengingat pertahanan Persij bermain sangat buruk.

    Nur Iskandar layak menjadi penampil terbaik di pertandingan itu. Selain menciptakan dua gol, ia juga mengirimkan satu assist untuk Samsul Arif. Pergerakan pemain asal Papua tersebut juga menjadi problem serius bagi pertahanan Persija.

    “Tim ini mengalami progress yang bagus dalam latihan. Jika melihat permainan lawan Semen Padang, PSM Makassar, dan Persija, secara tim ada kemajuan pesat. Kemenangan ini menjadi bukti kerja keras pemain tidak sia-sian” ungkap Pelatih Persibo Paulo Camargo seusai laga.

    Camargo sedikit gambling ketika memasang Jajang Paliama sebagai centre back karena krisis pemain bertahan. “Saya pikir ia (Jajang) punya pengalaman dan ketenangan, serta bagus dalam bertahan. Karena itulah saya pilih dia di posisi centre back,” tambah Camargo.

    Sedangkan Pelatih Persija Toyo Haryono mengakui timnya mengalami penurunan drastis dibanding dua laga sebelumnya. Absennya Danilo Fernando plus Diego Michiels membuat timnya kehilangan kreatifitas dalam menyerang.

    “Pertahanan juga tidak konsentrasi, apalagi pemain depan Persibo sangat cepat melakukan serangan. Kami memang kalah dalam efektifitas permainan. Kami berupaya bangkit di babak kedua, mencetak gol, namun lini belakang tetap kebobolan,” ucap Toyo.

    Persija Jakarta harus terhukum oleh permainan buruk pertahanan hanya dalam waktu lima menit. Skema serangan balik melalui Nur Iskandar berjalan sempurna kala pemain ini mencetak gol dengan dingin menit 5.

    Persija yang kehilangan Danilo Fernando dan Diego Michiels tampil sangat buruk, baik dalam bertahan maupun menyerang. Sebaliknya, Persibo justru efektif memainkan counter attack lewat Samsul Arif dan Nur Iskandar yang merepotkan barisan pertahanan tuan rumah dengan kecepatannya.

    Gol Samsul Arif menit 22 semakin memperdalam frustrasi Persija yang hanya menyerang secara sporadis sekaligus individual. Persibo yang sebenarnya tampil tanpa tiga pemain bertahan, malah cukup percaya diri dan berhasil menguasai pertandingan di babak pertama.

    Di babak kedua, Persija berupaya mengoreksi permainan di paruh pertama dan membuahkan hasil hanya dua menit setelah kick off babak kedua. Emmanuel De Porras membangkitkan kembali gairah tuan rumah dengan golnya menit 47.

    Persija mengalami peningkatan dalam permainan terutama dalam menyusun serangan yang menjadi terorganisir. Namun problem di pertahanan masih menjadi masalah bagi Persija, karena justru mereka kebobolan lagi dengan proses yang sepele.

    Menit 62, Nur Iskandar yang lolos di bibir kotak pinalti menaklukkan kiper Alev Vterski dengan tendangan lop yang tak begitu keras namun terarah. Alur serangan kembali milik Persibo, dengan melakukan teror ke gawang Persija melalui Jairon Feliciano, Samsul Arif, maupun Gustavo Ortiz.

    Persija kembali memperkecil skor melalui tendangan pinalti De Porras setelah centre back Persibo Jajang Paliama handsball di kotak terlarang. Eksekusi dari titik putih yang dilakukan De Porras tak mampu diantisipasi kiper Fauzi Toldo. Skor pun 2-3 dan menjadi hasil akhir pertandingan.

    (Kukuh Setiawan/Koran SI/win)

    [Reply]

  27. The Janggel
    April 24, 2012 at 11:28 am #

    Yo Alhamdulillah menang…..ayo manajemen sing proaktif dan kreatif, exxon gasak wae isone gelem jadi sponsor utama.

    [Reply]

  28. erfano_boro tbn
    April 24, 2012 at 4:51 pm #

    setuju mas bro,exxon mobile kan wis nyedot minyak e bumi angling darmo,yo semestine exxon kudu dadi sponsor utama persibo,semoga manajemen persibo berusaha nglobi exxon dadi sponsor utama

    [Reply]

    ace Reply:

    bener banget, cek gak sepenake dewe, kudu onok timbal balike(sektor sepak bola-Persibo)

    [Reply]

  29. DIDIK
    April 24, 2012 at 11:39 pm #

    melu urun rembug…
    1.alhamdulillah iso menang laga tandang
    2.maaass…selama persepakbolaan kita ga kondusif jgn hrp ada sponsor yg masuk
    3.spurane mas,bkan mbelani exxon…sak ngertiku smua dana CD/kompensasi sdh masuk ke pemerintah kab,,justru sbnrnya wakil kita di dewanlah yg perlu dikoreksi…..suwun

    [Reply]

    The Janggel Reply:

    Daripada tdk sama sekali lebih baik mencoba, tanamkan sifat optimis. Daripada banyak alasan lebih baik banyak tindakan. Wis mbuh alasane sing penting Petrokimia gresik dgn stadion Tri darmane, mugo2 exxon yo koyo iku.

    [Reply]

  30. oranye
    April 26, 2012 at 10:19 am #

    lanjutkan…..!!!

    [Reply]

  31. S 1 BORO
    April 26, 2012 at 8:58 pm #

    S7 ja mas didik,tp yg perlu diingat peran boromania,managemet akan sia2 klu s 1 nya?????????????????makanya jgn salah pilih,pling tdk peduli olahraga?-sebentar lg bro-INGAT

    [Reply]

  32. The Janggel
    April 27, 2012 at 7:27 am #

    Didik@ : Lhaah dana CD(community development) itu kan di alokasikan ke ring satu area migas dan itupun berwujud barang(material) dan tdk berupa uang, dan juga tdk utk masyarakat bgoro secara kesuluruhan. Mungkin DBH(dana bagi hasil) yg sampean maksudkan tapi bukan CD. Namun percuma brow, dapat DBH ratusan milyar tapi dana perimbangan dikurangi oleh pemerintah pusat dlm hal ini menteri keuangan, coro jowone bgoro kuwi ngeban, ngosel atau jalan di tempat. Bukane mbelani pemkab saiki, aku dewe yo wis eneg. Sing rese jelas2 pemerintah pusat, mbujuk’i wong daerah. Utk exxon, jika bisa membantu persibo sama artinya peduli trhadap seluruh masyarakat bgoro.

    [Reply]

  33. falatehan afel batu
    April 27, 2012 at 8:03 am #

    BOJONEGORO – Pelatih Persibo Bojonegoro Paulo Camargo bakal kembali menyiapkan strategi counter attack jelang lawan Persijap Jepara di lanjutan Indonesian Premier League (IPL). Strategi tersebut dianggap cocok untuk menghadapi agresifitas tuan rumah.

    Persijap masih tertatih-tatih di klasemen IPL dan belum menemukan permainan terbaiknya di putaran kedua ini. Sepanjang April, tim berjuluk Laskar Kalinyamat sama sekali belum memetik kemenangan sekali pun. Di IPL, Persijap dua kali kalah di tangan PSM Makassar, serta Persiba Bantul.

    Ironisnya, Persijap juga keok di kaki tim Divisi Utama Persik Kediri di ajang Piala Indonesia. Kondisi lawan yang demikian membuat semangat Persibo semakin berlipat walau pertandingan digelar di Jepara. Camargo pun berkoar ingin mendapatkan tiga angka.

    Walau tidak begitu peduli dengan catatan Persijap belakangan ini, Camargo siap mengulang kesuksesan saat mengalahkan Persija Jakarta. Ia juga mengklaim sudah menemukan kelemahan calon lawan yang pernah dibantai 5-0 kala bertandang ke Bojonegoro di putaran pertama.

    “Situasinya sama dengan ketika tim ini akan menghadapi Persija Jakarta. Pemain sangat percaya diri bisa mendapatkan kemenangan. Semoga ini mendatangkan efek bagus, apalagi lawan juga tidak dalam permainan terbaiknya,” ungkap Camargo.

    Terkait strategi di lapangan, skema serangan balik bakal kembali menjadi andalan tim kebanggaan Boromania. Pola 3-4-3 yang menekankan pada pertahanan sekaligus menyerang secara tiba-tiba melalui striker yang mempunyai kecepatan seperti Samsul Arif dan Nur Iskandar.

    Strategi itu dianggap paling cocok dengan karakter tim Persibo dan kondisi lawan. Persijap yang selalu tampil agresif di kandang, ternyata sangat rapuh di pertahanan hingga tak heran tim Kota Ukir tersebut selalu bocor di pertandingan kandang.

    Satu yang menjadi catatan Camargo adalah ketenangan dalam menyelesaiakan peluang. Walau memasukkan tiga gol ke gawang Persija, namun secara umum ketenangan dianggap kurang jika melihat banyaknya peluang bersih yang diperoleh timnya.

    “Kami harus lebih tenang, terutama pemain depan saat mendapatkan peluang. Tiga gol lawan persija sudah bagus, tapi kalau melihat banyaknya peluang, kami masih belum sempurna,” ujarnya. Sebuah kemenangan juga sedikit mengamankan posisi Persibo di papan atas.

    Walau kesempatan menggeser Semen Padang masih sulit karena pada saat bersamaan menjamu Bontang FC, paling tidak tambahan angka akan sedikit memperlebar jarak dengan tim-tim di bawahnya. (Kukuh Setiawan/Koran SI/acf)

    [Reply]

Leave a Reply