Sikat Persiku

Persibo vs Persiku 2-0
Persibo Bojonegoro kembali menunjukkan keperkasaannya ketika bermain di kandangnya sendiri, Stadion Letjen H Soedirman.

Dengan kegigihan para pemain Laskar Angling Dharma, hingga dua kali 45 menit, tim asuhan pelatih Sartono Anwar tersebut berhasil mengakhiri perlawanan tim tamu, Persiku Kudus dengan skor 2-0.

Sejak menit pertama Persibo Bojonegoro langsung menekan dan menciptakan banyak peluang, namun kondisi licin karena diguyur hujan akibatnya banyak peluang yang hilang.

Menit 9 Persibo sudah bisa mencetak gol melalui Busari dan dianulir oleh wasit Didik Wahyudi asal Bali. Hingga akhirnya menit 30 gol yang ditunggu datang saat Victor lepas dari jebakan off side menceploskan si kulit bundar.

Menit 36 Persibo juga mendapat hadiah penalti saat pemain belakang Persiku Kudus Hands Ball. Dengan tenang Abel Ciello yang menjadi eksekutor berhasil menjebloskan ke gawang Persiku.

Pada saat babak kedua berlangsung dan wasit Dedik Wahyudi asal Bali meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Persibo tetap mengambil inisiatif serangan. Tetapi, kali ini para gelandang Persibo lebih sabar dan tidak seagresif pada babak pertama. Sehingga, aliran bola kepada striker Busari dan Abel Ciello yang digeser lebih ke depan, lebih minim.

Walaupun begitu, beberapa kali tendangan M Hamzah, Jajang Paliama dan juga M Irfan membuat penjaga gawang Persiku Kudus Ibrahim harus pontang-panting. Beruntung, para pemain Persibo kurang sabar dalam penyelesaian akhir, sehingga skor tetap bertahan 2-0. Karena sering dibombardir pemain Persibo, Persiku Kudus beberapa kali harus menggunakan tekling kasar kepada pemain Bojonegoro.

Akibatnya, sejumlah kartu kuning dikeluarkan oleh wasit, termasuk kepada pemain belakang Kamga Jean nomor punggung 66 pada menit ke 60 dan Owang Abong C.
Terus mendapat serangan, para pemain Persiku juga mulai bisa sedikit keluar tekanan. Sebab, para gelandang Persibo sedikit mengendurkan serangan pada pertengahan babak kedua.

Sehingga, barisana belakang Persibo yang dikoordinasi Victor Da Silva, Steven Kasangke dan Slamet Sampurno harus berjibaku menahan serangan balik tim tamu.
Karena terus tertekan, akhirnya pelatih Sartono Anwar melakukan pergantian pemain dengan menarik Aris Tuansyah yang cidera dan memasukkan Syamsul Huda.

Tidak hanya itu saja, pada menit ke 72 Nur Hidayat ditarik dan digantikan Novan Setya, serta M Irfan digantikan Kukuh Andriono pada menit ke 80. Pergantian tersebut terbukti manjur, karena aliran serangan Persibo yang dimotori Jajang Paliama kembali bergulir cukup apik. Beberapa peluang kembali tercipta, hanya saja dewi fortuna belum memayungi anak-anak Persibo.

Hingga peluit panjang tanda babak kedua berakhir dibunyikan wasit, skor 2-0 masih tetap dan hal itu disambut suka cita oleh seluruh supporter Persibo Bojonegoro, termasuk Bupati Suyoto dan Wakil Bupati (Wabup) Setyo Hartono.

“Pada babak kedua tekanan pemain Persibo memang menurun, yang mengakibatkan sulit menghasilkan gol,” kata pelatih Persibo, Sartono Anwar memberikan alasan.”Kami tetap bersyukur, sebab di babak kedua tidak ada perubahan dan tetap Persibo mampu memenangi pertandingan,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Persiku, Welly Podungge menyatakan anak asuhnya kalah dibandingkan Persibo. “Kami memang kalah dari segi kemampuan pemain dan kami tidak perlu berpanjang lebar memberikan alasan atas kekalahan tadi, semua orang tahu jalannya pertandingan tadi,” katanya.(dul/kun/bjc)