Spirit Menuju ISL

Dikirim oleh : Darto, Fanzboromania (dar_to_82@yahoo.co.id)

Copa IndonesiaPersaingan superketat yang yang menegangkan dipastikan akan tersaji saat pertandinganh Copa Indonesia 2008/09 antara Persibo melwan Pelita. Di mana pertarungan dua tim dari kasta berbeda, Superliga dan divisi utama, bakal memanaskan perseteruan di turnamen sepakbola terbesar di tanah air.

Persibo bojonegoro tidak mau dipermalukan di kandangnya sendiri. Dengan modal kemenangan 1-0 saat melawat kekandang Pelita Jaya tanggal 24 pebruari yang lalu, menjadi modal yang berharga saat menjamu Pelita Jaya kamis besok. Meskipun berasal dari kasta kedua liga indonesia Persibo telah mampu dan membuktikan kepada pencinta bola tanah air kalu persibo bukanlah tim kacangan, mulai dari Persik, Arema dan PPSM semua dibantai serta yang selanjutnya Pelita Jaya demi mengamankan tiket 8 besar menyusul Persipura yang sudah terlebih dahulu melenggang setelah mengkandaskan Persema.

Babak 16 besar memang didominasi tim-tim Superliga. Sementara, divisi utama hanya diwakili enam tim. Meski demikian, kekuatan tim-tim dari kasta kedua ini tak bisa diremehkan. Apalagi, lima dari enam tim tersebut termasuk persibo lolos dengan sebelumnya melibas tim Superliga.

Faktor non-teknis seperti fighting spirit menjadi modal penting untuk menghadapi tim Superliga. Tim-tim divisi utama selalu memiliki motivasi tinggi saat menjajal tim-tim dari level atas. Gengsi dan semangat membuat kejutan, mendorong mereka untuk fight total. Selain itu, mereka ingin menguji kekuatan apakah sudah layak atau belum untuk promosi ke Superliga.

Apabila persibo sukses mengulang kemenangan seperti saat menjamu arema malang, hal tersebut menjadi modal berharga persibo untuk melanjutkan lanjutan pertandingan divisi utama saat bertandang ke gorontalo dan bolaang mongondow agar peluang promosi ke ISL semakin terbuka.