Sriwijaya FC vs Persibo : Strategi Istimewa Untuk Lawan Istimewa

Copa IndonesiaPersibo Bojonegoro kembali menjajal kekuatan tim Liga Super di babak 8 Besar Copa Dji Sam Soe Indonesia 2008/2009. Setelah menyingkirkan Arema FC Malang dan Pelita Jaya Jabar, kini Laskar Angling Darmo menantang juara bertahan Sriwijaya FC Palembang.

Laga tersebut tak ubahnya pertemuan raksasa melawan liliput. Persibo yang berstatus tim Divisi Utama mencoba menghentikan laju tim elit Liga Super yang musim lalu meraih double, juara Liga dan Copa Dji Sam Soe Indonesia.

Sriwijaya FC jelas sangat diunggulkan. Apalagi pada leg pertama babak 8 Besar ini, mereka bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Kamis (28/5).

Namun, Persibo siap menjawab tantangan Sriwijaya FC. Posisi nonunggulan membuat mereka bisa bermain lepas. Ini memberi keuntungan psikologis bagi pemain Persibo. Pelatih Sartono Anwar juga sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Laskar Wong Kito.

“Kami menyiapkan strategi istimewa karena menghadapi lawan yang istimewa. Kami tidak akan bertahan tapi juga menyerang. Kami sama sekali tidak minder bertemu mereka. Kami justru senang bisa menghadapi tim Liga Super,” kata Sartono.

Menurutnya, Sriwijaya FC tentu lebih difavoritkan. Namun, Sartono optimistis Persibo bisa memberi perlawanan. Mereka hanya kehilangan gelandang Morris Power Bayour yang sakit.

“Saya berharap permainan terus berkembang sejak menit pertama. Saya yakin segala sesuatu masih bisa terjadi di lapangan,” lanjutnya. Terpisah, pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan memilih untuk berhati-hati. Meski diunggulkan, namun ia tak menganggap remeh lawan. Apalagi, ia tidak bisa menurunkan tim terbaik menyusul absennya Budi Sudarsono, Ngon A Djam dan Ambrizal karena larangan bermain. Sementara Tony Sucipto dipanggil tim nasional.

Namun, Rahmad berharap timnya bisa memanfaatkan peluang di kandang sendiri. Kemenangan 4-2 atas tim kuat Shandong Luneng (China) pada penyisihan terakhir Grup F Liga Champions Asia akan menjadi modal berharga.

“Hasil di LCA sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri pemain. Semoga ini akan terbawa pada laga melawan Persibo karena kami bertekad bisa menang dengan mencetak gol sebanyak mungkin di leg pertama ini,” papar Rahmad.

Mengenai absennya beberapa pemain andalan, Rahmad telah mengantisipasinya. “Kami akan memaksimalkan skuad yang ada dan lagi beberapa pemain dapat diplot untuk menggantikan posisi keempat pemain ini. Kami biasa melakukan rotasi,” ucap Rahmad.(dss)