Stadion Bojonegoro Disiapkan untuk Liga Profesional

Stadion Letjen Soedirman Bojonegoro direhab dengan biaya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro tahun 2011 sebesar Rp 990 juta. Stadion yang biasanya digunakan laga Persibo Bojonegoro ini sudah dipersiapkan untuk menyambut Liga Profesional yang digagas PSSI.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Bojonegoro, Andi Candra, rehab Stadion Letjen Soedirman ini sudah dijadwalkan pada 2010 lalu. Tapi program ini baru dilaksanakan tahun ini. “Ini murni dari Pemerintah Bojonegoro,” katanya kepada Tempo, Senin 12 September 2011.

Stadion yang berlokasi di Jalan Lettu Suwolo, Bojonegoro, ini mulai ditata areal depannya. Halaman parkir dirapikan dan dibuat blok-blok, berikut akses masuk sepanjang 150 meter juga jalannya dipaving. Selain itu, juga dibangun Mandi Cuci Kakus (MCK), dinding ruangan dicat dan direncanakan akan ada penambahan bangku tribun di dalam areal stadion.

Tak hanya itu, Jalan Lettu Suwolo dengan panjang sekitar 1,3 kilometer juga dibangun. Jalannya ditambal dengan paving blok, berikut di samping kiri-kanan badan jalan dibangun gorong-gorong. Pengerjaan rehab stadion ataupun pembangunan jalan kini sudah selesai sekitar 40 persennya.

Andi mengatakan, rehab fasilitas stadion ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Bojonegoro atas kemajuan olahraga sepak bola. Setidaknya, anggaran yang biasanya digunakan untuk bantuan Persibo kini dialihkan untuk untuk mempercantik stadion kebanggaan masyarakat Bojonegoro ini.

Penasihat Persibo Bojonegoro, Letnan Kolonel Taufik Risnendar, mengatakan rehab stadion ini sebagai suatu yang wajar. Sebab, selama ini Persibo Bojonegoro menggunakan stadion dengan status kontrak tiap main. Artinya, jika stadion dibangun megah dan fasilitas tercukupi, tentu akan senang pihak yang memakainya. ”Jadi, ini suatu yang wajar,” ujarnya, Senin, 12 September 2011.

Dia mengatakan dalam rehab ini akan ada penambahan bangku penonton. Selama ini kapasitas bangku di Stadion Letjen Soedirman sekitar 10 ribu. Dari jumlah itu tersedia sekitar 600 tempat duduk kategori VIP. Jika nanti akan ada bangku tambahan sekitar 2.000 hingga 3.000, tentu menarik. Sebab, bangku penonton sering penuh jika Persibo Bojonegoro bermain di kandang. ”Kita tunggu itu,” ucap Komandan Kodim Bojonegoro ini.(tempointeraktif.com)