Sulit Pakai Stadion Manahan Untuk Homebase

Keinginan Persibo Bojonegoro ber-homebase di Stadion Manahan Solo dalam mengarungi kompetisi ISL musim depan, nampaknya bakal tak terwujud. Sebab Persis enggan berbagi markasnya dengan tim lain, termasuk juara Divisi Utama musim 2009-2010 itu.

“Kami sempat akan meluluskan keinginan Persibo. Namun saat dikaji ulang, FX Hadi “Rudy” Rudyatmo sebagai Ketua Umum Persis nampaknya keberatan dengan alasan demi kepentingan kegiatan olahraga di Solo,” ungkap ketua panpel pertandingan kandang Persis Solo, Paulus Haryoto, Rabu (11/8).

Rudy sendiri, beberapa waktu lalu menyebut intensitas penggunaan Manahan saat ini sudah cukup tinggi. Di samping untuk pertandingan reguler Persis dan latihan skuad yuniornya, beberapa pertandingan sepak bola usia dini juga sering digelar di stadion tersebut. “Apalagi PSSI juga sering memanfaatkan Manahan untuk ajang pertandingan Piala Indonesia atau ISL,” tuturnya.

Tidak tertutup kemungkinan stadion yang diresmikan Presiden Soeharto (waktu itu) pada tahun 1998 tersebut bisa digunakan tim lain. Namun menurut Paulus, sifatnya insidental dan bukan digunakan sebagai home base. “Kalau home base kan sifatnya seakan-akan bermarkas di stadion itu. Tentu pembagian penggunaannya untuk Persis senior, Persis yunior dan kegiatan olahraga lain di Solo, akan lebih menyulitkan,” ujarnya.(smc)