Tahan Imbang Persema

Liga Primer Indonesia: Persema vs Persibo 1-1
Tambahan satu poin diperoleh Persibo Bojonegoro dalam lawatannya ke kandang Persema Malang. Tuan rumah berhasil ditahan imbang dengan skor 1-1 dalam lanjutan kompetisi Liga Primer Indonesia yang berlangsung di Stadion Gajayana tadi sore(22/5).

Pertandingan berjalan cukup menarik. Kedua tim saling serang dengan memeragakan tempo permainan cepat. Sentuhan-sentuhan satu dua tampak di lapangan tengah.

Pada babak pertama sebuah peluang diperoleh Samsul Arif hanya menerpa tiang gawang, serangan balik kilat pada menit ke-21 dari sisi kanan pertahanan Persibo, yang diakhiri dengan sedikit sontekan dari Irafan Bachdim membuat penjaga gawang, Wahyudi mati langkah. Persema unggul 1-0. Namun, para pemain Persema tidak siap dan kurang konsentrasi. Ini terbukti setelah wasit Borka Smokvoski dari Macedonia menunjuk titik putih di tengah sebagai tanda gol Persema, dan dimulainya permainan. Saat itu, para pemain Persema kurang sigap mengatasi serangan balik Laskar Angling Dharmo, sebutan Persibo. Akhirnya, Wallacer berhasil mencetak gol pada menit ke-22. Melalui sebuah tendangan lob yang cukup indah mengelabui penjaga gawang Sukasto Efendi.

Pada babak kedua, permainan kedua tim juga masih berjalan dalam tempo tinggi. Serangan yang digagas dari sayap kiri oleh M. Kamri kerap membahayakan gawang Persibo. Namun, Samsul Arief dan kawan-kawan juga tak kalah dalam menggedor pertahanan yang digalang Bima Sakti dan kawan-kawan. Termasuk sebuah tendangan bebas yang dilakukan oleh Wallacer yang berhasil diblok oleh Sukasto.

Hingga wasit Borka meniup pluit tanda pertandingan usai, skor tidak berubah 1-1. Wasit mengeluarkan tiga kuning dalam laga itu. Dua kartu kuning untuk Persema, yakni bagi Khasan Soleh dan Seme Pattrick. Sedangkan untuk Persibo diberikan pada Sumardi.

Dalam konferensi pers, Luciano Leandro menilai sejauh ini permainan Persema lawan Persibo paling fair play. “Anak-anak mengerti instruksi pelatih dan diterapkan dengan benar di lapangan. Pemain-pemain Persibo luar biasa hari ini,” ungkap asisten pelatih Persibo, yang mantan pemain Persija itu.

Sementara pelatih Persema Timo Scheunemann mengaku secara keseluruhan pada putaran pertama kompetisi LPI ini cukup berat. Apalagi, dia merasakan sebagai pelatih muda yang masih butuh jam terbang tinggi. “Pada pertandingan ini, saya sangat bangga dengan kapten tim Bima Sakti yang mampu memimpin timnya selama 90 menit,” ujarnya. Dia juga melihat laga lawan Persibo cukup bagus dan merasa puas. “Saya puas karena mereka memeragakan permainan teknik yang cepat,” ujar Timo.

Disinggung soal gol balasan Persibo yang begitu cepat, Timo melihat itu karena kegagalan pemainnya yang kurang konsentrasi.

Dengan hasil ini maka dipastikan target Persibo untuk berada di papan atas klasemen paruh musim ni gagal. Karena Persibo harus tergeser posisinya ke urutan 8, dengan nilai 29, hasil dari 8 kali menang 5 kali seri dan 5 kali kalah.(nwo)