Taklukkan Cenderawasih Papua

Cendrawasih Papua kehilangan angka di depan pendukungnya sendiri saat menjamu Persibo Bojonegoro dalam lanjutan Liga Primer Indonesia, Sabtu (5/3/2011). Mereka menyerah 1-2.

Pada pertandingan di Stadion Mandala, Jayapura, sejak peluit kick off babak pertama dibunyikan, Persibo memberi tekanan lebih dulu pada tuan rumah, dan bahkan sudah memperoleh gol di menit ketiga.


Berawal dari sepak pojok, mereka mendapat hadiah penalti setelah seorang pemain Cendrawasih menyentuh bola di kotak timnya. Striker Samsul Arif menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti dengan baik. 1-0 untuk Persibo.

Tersengat oleh gol cepat tersebut ana-anak Papua segera tampil agresif. Meski mendapat sejumlah peluang, namun mereka gagal mendapatkan gol karena buruknya penyelesaian akhir. Skor bertahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua Cendrawasih tetap mencoba mengendalikan permainan, dan dua menit dari restart mereka memperoleh kesempatan besar. Penalti mereka dapatkan setelah Joe Aroy dijatuhkan pemain lawan di kotak 16 meter. Sial buat mereka, Patrick Gigani gagal menyarangkan bola dari titik 11 meter.

Bertambah celaka buat tuan rumah, keasyikan menyerang mereka malah kebobolan lagi di menit 69. Memanfaatkan umpan matang Bagus Cahyono, M. Hamzah berhasil menaklukkan kiper Dennis Romanov untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Cendrawasih baru bisa mencetak gol dua menit menjelang bubaran melalui Fred Agius, tapi mereka tetap menyudahi pertandingan sebagai tim yang kalah.