Target Menang

Persibo hanya membutuhkan hasil seri saat menghadapai tuan rumah Persik Kediri di laga pamungkas babak penyisihan Grup 3 Liga Jatim Piala Gubernur IX yang akan dilangsungkan di Stadion Brawijaya, Kediri nanti malam.

Sesuai jadwal, laga Persik versus Persibo berlangsung pada jam kedua sekitar pukul 21.30. Sedangkan laga jam pertama mempertemukan PSBI Blitar lawan PS Mojokerto Putra (PSMP).

Saat ini, tim besutan Sartono Anwar itu menduduki runner up klasemen sementara mengemas 4 poin. Sementara, Persik Kediri menjadi pimpinan klasemen sementara dengan 6 poin hasil dua kemenangan beruntun atas PSMP dan PSBI Blitar. Peringkat 3 ditempati PSMP dengan nilai 1. Sedangkan PSBI Blitar di posisi juru kunci belum mengumpulkan poin karena dua kali menderita kekalahan. Nah, dengan posisi tersebut, Persibo hanya butuh seri untuk memastikan satu tiket lolos ke babak berikutnya. Sebab, dengan seri maka Persibo akan meraih nilai 5 yang tak mungkin bisa dikejar PSMP maupun PSBI Blitar.

“Kita sudah menyia-nyiakan peluang lolos saat melawan PSMP. Karena itu, meski melawan tuan rumah kita harus menang,” tegas asisten manajer bidang teknis, Imam Sardjono.

Dia menjelaskan, jika malam nanti kalah maka perjalanan Persibo di Piala Gubernur tahun ini akan selesai.

Namun, ambisi meraih poin absolut tersebut sedikit terkendala dengan absennya dua pemain pilar. Yakni, gelandang M. Irfan dan pemain belakang Sumardi. Kepastian bisa atau tidaknya kedua pemain tersebut diturunkan masih terus dipantau jajaran pelatih. “Kami pantau sampai besok pagi (pagi ini, Red). Tapi, kami tetap optimistis menang,” tegas pelatih Sartono Anwar.

Dia menjelaskan sedikit mengetahui kekuatan Persik karena terus melihat permainan tim tersebut di dua pertandingan sebelumnya. Hanya, saat ditanya mengenai strategi yang bakal diterapkan, mantan arsitek PSIS Semarang itu enggan berkomentar. Kendala yang mungkin dihadapi, kata Sartono, karena Persibo harus main larut malam dan itu diluar kebiasaan anak asuhnya. (ade/wid/jpnn)